Comscore Tracker

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah Bergoyang

Sudah pernah mencicipi makanan khas Kulon Progo ini?

Kabupaten Kulon Progo tak hanya dikenal dengan tempat wisata alamnya yang beragam. Makanan khasnya pun bikin lidah bergoyang.

Buat kamu yang ingin berwisata kuliner di Bumi Handayani, ini dia rekomendasi makanan khas Kulon Progo yang gak boleh kamu lewatkan!

1. Tempe benguk

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangIlustrasi tempe benguk. tawangsari-pengasih.desa.id

Tempe benguk atau besengek dibuat dari kacang kara benguk. Cara pengolahannya pun agak berbeda dengan tempe biasa, di mana tempe benguk ini diolah dengan santan kental.

Tidak sulit menemukan makanan ini di Kulon Progo. Tempe berwarna hitam ini bisa kamu temukan dijual di pinggir jalan dengan harga yang juga sangat murah. Biasanya, makanan ini disajikan bersama geblek.

2. Geblek

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah Bergoyanggeblek (Instagram.com/less_tari)

Makanan khas Kulon Progo selanjutnya adalah geblek. Berwarna putih, bertekstur kenyal, serta bercita rasa gurih, geblek menjadi salah satu ikon kuliner dari Kabupaten Kulon Progo.

Cara memakannya bisa dipadukan dengan saus kacang khusus atau dimakan dengan tempe benguk tadi. Kamu juga akan masih mudah menemukan kuliner ini di Kulon Progo.

3. Enting-Enting Jahe

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangEnting-enting jahe (Instagram.com/dea_sy1315)

Enting-enting memiliki cita rasa yang pedas dan manis dari paduan antara jahe dan gula. Selain itu rasanya juga diperkaya dengan penambahan kacang, vanili, kelapa, dan juga wijen yang memberi aroma yang khas juga. Harganya pun cukup terjangkau, cocok banget untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

4. Cenil

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangCenil (Instagram.com/eddysoenarnos)

Cenil dan Cetot merupakan camilan khas yang berbahan dasar pati singkong yang direbus. Pada penyajiannya, camilan ini dilengkapi dengan kelapa parut yang menghasilkan perpaduan rasa manis dan juga gurih.

Selain itu cenil juga dibuat dengan ditambah pewarna makanan seperti hijau, merah, dan warna-warna lainnya supaya lebih menarik. Harganya pun terjangkau, cocok untuk kamu yang suka mencari camilan khas suatu daerah.

5. Dawet Sambel

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangDawet sambel (instagram.com/blusukanmakan)

Jika pertama kali mendengar nama makanan ini, kamu mungkin akan kebingungan. Bagaimana rasanya dawet sambel? Makanan khas Kulon Progo ini memang sebuah dawet khusus dengan dilengkapi dengan bawang goreng, kecambah, dan tentunya sambal!

Kamu bisa mendapatkan pengalaman baru makan dawet dengan rasa yang unik dibandingkan biasanya dan dengan harga yang terjangkau juga.

Baca Juga: Unik dan Murah, 6 Oleh-oleh Khas Kulon Progo Ini Wajib Kamu Coba

6. Growol

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangGrowol (instagram.com/fructosa_hmtpuad)

Growol memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Kulon Progo. Dahulu, masyarakat Kulon Progo kesulitan mendapatkan beras, lalu mereka berinovasi menghasilkan growol ini menjadi makanan utama mereka.

Berbahan dasar singkong, makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang renyah karena ada campuran kelapa parut. Walau dengan aroma yang sedikit menyengat, namun rasanya tetaplah nikmat.

7. Soto Bathok

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangSoto bathok (instagram.com/jogjaku)

Soto bathok bisa jadi makanan yang kamu coba selanjutnya sedang ada di Kulon Progo. Keunikannya sendiri terletak pada cara penyajiannya, yaitu menggunakan batok kelapa.

Dengan harga yang terjangkau, kamu juga akan mendapatkan makanan pelengkap sotonya seperti nasi hangat, sate usus, sambal, dan juga telur puyuh.

8. Peyek undur-undur

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangPeyek undur-undur laut (Instagram.com/harry_dado)

Camilan unik ini selanjutnya bisa kamu coba saat ke Kulon Progo, yaitu peyek undur-undur. Peyek ini menggunakan undur-undur laut, jadi rasanya seperti udang dengan kulit yang renyah dan daging yang empuk. Dipadukan dengan santan, tepung kanji, menghasilkan tekstur yang renyah dan nikmat.

9. Gula Semut

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangGula semut (gesuri.id)

Berikutnya ada gula semut. Terbuat dari kelapa, gula ini bertekstur halus seperti gula pasir namun berwarna kecokelatan. Kamu bisa menjadikan gula semut sebagai pengganti gula pasir dalam membuat kopi, teh, maupun minuman lainnya.

10. Kopi Menoreh

10 Makanan Khas Kulon Progo, Bikin Lidah BergoyangKopi menoreh khas Kulon Progo (IDN Times/Paulus Risang)

Kulon Progo juga memiliki kopi khasnya sendiri, yaitu kopi menoreh yang bijinya berasal dari Perbukitan Menoreh yang membentang di wilayah ini. Jenisnya pun beragam, ada robusta, arabika, hingga jenis kopi luwak yang disajikan secara tradisional.

Itu dia beberapa makanan khas Kulon Progo yang layak kamu cicipi ketika ke sana. Jadi, kamu tertarik mencoba yang mana dulu, nih?

Penulis: Agung Pratama Satria

Baca Juga: Kangen Main Air, Berikut 7 Pantai di Kulon Progo yang Indah Banget

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya