Comscore Tracker

Sleman Dorong Koperasi Optimalkan Aktivitas ke Sektor Riil

Mendirikan koperasi kini lebih mudah

Sleman, IDN Times - Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman (Dinkop UKM) Sleman mendorong koperasi untuk mengoptimalkan aktivitas ke sektor riil. Teguh Budiyanta, Kepala Bidang Koperasi, Dinkop UKM Sleman mengatakan dengan didorongnya koperasi ke sektor riil, diharapkan di dalamnya mengakomodasi keterlibatan usaha kecil menengah (UKM).

"Kalau masyarakat tahunya koperasi simpan pinjam, sekarang ke sektor riil dan produktif. Karena UKM mengelola usaha produktif," ungkapnya pada Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: DLH Sleman Teruskan Penataan Jogging Track dan Pedestrian

1. Bisa untungkan UKM

Sleman Dorong Koperasi Optimalkan Aktivitas ke Sektor RiilIlustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Menurut Teguh, dengan mengakomodasi UKM di dalamnya, maka bahan baku pembuatan UKM jauh lebih murah lantaran dibeli dalam jumlah banyak melalui koperasi. Selain itu, UKM juga memiliki tempat pemasaran di koperasi.

"UKM juga membutuhkan pemasaran, bisa melalui koperasi ini," katanya.

2. Saat ini mendirikan koperasi jauh lebih mudah

Sleman Dorong Koperasi Optimalkan Aktivitas ke Sektor RiilTeguh Budiyanta, Kepala Bidang Koperasi, Dinkop UKM Sleman. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Menurut Teguh, dibandingkan sebelumnya, pendirian koperasi saat ini jauh lebih mudah. Di mana dulunya memerlukan anggota sebanyak 20 orang, maka saat ini hanya perlu sembilan orang. Di Sleman sendiri, saat ini ada 415 koperasi yang sudah berbadan hukum.

"Untuk itu, kita juga dorong keterlibatan milenial di dalamnya, karena saat ini pendirian koperasi cukup mudah," katanya.

3. Selenggarakan koperasi dan UMKM expo

Sleman Dorong Koperasi Optimalkan Aktivitas ke Sektor RiilFoto hanya ilustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Dalam rangka penguatan dan pemberdayaan koperasi dan UMKM, Dinkop UKM Sleman akan menyelenggarakan Koperasi dan UMKM Expo 2021 pada 28-31 Oktober 2021 di Atrium Hartono Mall Yogyakarta. Menurut Teguh, dalam kegiatan ini pihaknya akan menampilkan berbagai produk dari pelaku usaha koperasi dan UMKM di wilayah Kabupaten Sleman beserta potensi dan peluang bisnisnya.

"Kegiatan ini merupakan wahana strategis guna memfasilitasi interaksi bisnis secara langsung khususnya antara pelaku usaha koperasi dan UMKM dengan masyarakat. Di samping itu, diharapkan dapat memperluas
jaringan pemasaran serta meningkatkan daya saing produk koperasi dan UMKM
untuk mendorong pengembangan kemandirian dan modernisasi koperasi dan
UMKM di Sleman," paparnya.

Di dalam kegiatan ini, akan dipamerkan produk koperasi dan UMKM dengan menyediakan 54 stand, yang diisi oleh 19 koperasi, 57 UMKM, dan 3 BUMD. Produk
yang dipamerkan antara lain kerajinan, fashion, kuliner, flora, dan aneka jasa. Selain itu juga akan ada pameran online berbasis website di kukmslemanexpo.com.

Baca Juga: 24 Atlet Sleman Wakili DIY di Pekan Paralimpik Nasional Ke-XVI Papua

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya