Comscore Tracker

Minimarket di Yogyakarta Ini Sediakan Produk-produk Asli dari Korea

Sampai air mineral juga berasal dari Korea Selatan

Sleman, IDN Times - Tak hanya budaya Korea Selatan yang menarik, makanan dan produk-produknya juga membuat penasaran orang-orang Indonesia.

Kini, tak perlu jauh-jauh pergi ke Korea untuk membeli produk-produk yang biasa dilihat di drama Korea. Sebab, minimarket di Sleman ini menjual produk-produk yang diimpor langsung dari Korea Selatan.

Baca Juga: Selain Mal, Pemkab Sleman Juga Atur Jam Operasional Salon dan Gamenet

1. Jogja Korean Mart merupakan minimarket khusus produk Korea Selatan

Minimarket di Yogyakarta Ini Sediakan Produk-produk Asli dari KoreaDok. Jogja Korean Mart

Jogja Korean Mart terletak di Jl. Ringroad Utara No. 81, Mlati Sleman. Meskipun belum banyak yang tahu, minimarket ini ternyata sudah ada sejak awal tahun 2020. 

Di dalamnya ada berbagai produk khas minimarket, namun uniknya produk-produknya didatangkan langsung dari Korea Selatan.

"Kami menjual berbagai jenis makanan seperti saus, mie, minuman, jus, bahkan kami juga menjual air mineral yang kami datangkan langsung dari Korea dan juga beras dari Korea," ungkap Andri Bagaskoro, Strategic Marketing & Business Development PT Food Korea Indonesia, saat dihubungi IDN Times pada Jumat (5/6).

Selain itu, di dalam Jogja Korean Mart juga terdapat mini cafe yang bernama Bunsik Juseyo yang menyediakan berbagai makanan khas Korea Selatan.  

Andri menjelaskan bahwa Bunsik Juseyo dibuat karena semakin diminatinya Jogja Korean Mart oleh warga Yogyakarta sekaligus ingin memperkenalkan makanan Korea dengan harga yang terjangkau dengan rasa persis seperti di Korea.

2. Awalnya dibuat khusus untuk warga Korea di Yogyakarta

Minimarket di Yogyakarta Ini Sediakan Produk-produk Asli dari KoreaInstagram.com/jogjakoreanmart

Meskipun mulai ramai dikunjungi masyarakat Yogyakarta, Jogja Korean Mart awalnya hadir untuk ekspatriat Korea Selatan yang berada di Yogyakarta. Dengan begitu, mereka bisa menjangkau produk-produk yang biasa didapatkan di Korea Selatan. 

"Awalnya owner kami ingin memenuhi kebutuhan ekspatriat warga Korea yang tinggal di Yogyakarta atas produk Korea yang susah didapatkan di Yogyakarta khususnya. Seiring berjalannya waktu, pelanggan kami berkembang dan mayoritas pelanggan kami saat ini sudah warga Yogyakarta dan sekitarnya," ungkap Andri.

Selama pandemik corona, Jogja Korean Mart buka mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

3. Mencantumkan kandungan bahan yang jelas

Minimarket di Yogyakarta Ini Sediakan Produk-produk Asli dari KoreaDok. pribadi Jogja Korean Mart

Sedangkan untuk kehalalannya, Andri menjelaskan bahwa produk-produk yang dijual di Jogja Korean Mart memenuhi standar makanan dan minuman dari luar negeri yang sudah ditetapkan oleh BPOM Indonesia.

Selain itu Andri juga menuturkan bahwa produk-produk yang terdapat di Jogja Korean Mart sudah terdapat label informasi yang jelas tentang kandungan bahan di dalamnya. Karyawan di sana juga akan menginformasikan pembeli tentang kandungan produknya.

"Semua produk yang kami jual sudah tertera label informasi yang cukup jelas tentang kandungan dalam produk yang kami jual. Kami juga sudah mengedukasi semua karyawan-karyawan kami mengenai produk-produk yang kami jual, jadi karyawan kami yang bertugas di Jogja Korean Mart akan memberi informasi mengenai produk tersebut," tutur Andri.

4. Selain minimarket, juga ada brand Korea lain untuk warga Yogyakarta

Minimarket di Yogyakarta Ini Sediakan Produk-produk Asli dari KoreaInstagram.com/borngajogja

Selain Jogja Korean Mart dan Bunsik Juseyo, PT. Food Korea Indonesia yang menaunginya juga membuka dua brand berbau Korea Selatan di Yogyakarta yaitu Bornga dan Chimac.

"Bornga Yogyakarta merupakan brand franchisee milik Chef Korea yang sangat terkenal, Chef Baek Jong-won. Kami membawa brand ini ke Yogyakarta karena Bornga sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Korea akan kualitas dan rasa autentiknya," ungkap Andri.

Andri juga mengatakan bahwa Bornga memiliki standar pelayanan yang tinggi sehingga masyarakat bisa menikmati makan di Bornga Yogyakarta sama persis seperti makan di Bornga yang ada di Korea Selatan.

Sedangkan Chimac merupakan brand yang dibuat oleh mereka sendiri berupa Korean bar khusus menyediakan soju yang didatangkan langsung dari Korea dengan suasana yang dibuat sedemikian rupa seperti di soju bar Korea.

Baik Bornga dan Chimac sama-sama terletak di Jl. Lempongsari Raya No. 117A, Ngaglik, Sleman. 

Selama pandemik corona, Bornga buka jam setengah 12 siang sampai jam 8 malam, sedangkan Chimac buka dari jam 3 sore sampai jam 9 malam.

Baca Juga: Ini Aturan Baru Operasional Mal dari Disperindag Sleman

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya