Comscore Tracker

Tahun 2019, Solo Targetkan 5 Juta Wisatawan Domestik dan Mancanegara

23 September buka penerbangan langsung dari Kuala Lumpur 

Solo, IDN Times-  Pemerintah Kota Solo menggelar City Travel Writer Farm Trip 2019, program ini untuk mengenal lebih dekat destinasi budaya di Surakarta. 

"Kegiatan ini menjadi harapan kami untuk lebih memperkenalkan wisata Solo dan budaya yang ada di kota ini kepada masyarakat luas," ungkap Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Solo, Wahyu Kristiani, Kamis (5/9).

Kegiatan yang dilakukan pada 3-6 September diikuti sejumlah peserta berasal dari travel blogger, media massa nasional, cetak, online dan televisi. Bahkan, beberapa media dari Singapura dan Malaysia.

1. Jelajahi destinasi budaya Mataram

Tahun 2019, Solo Targetkan 5 Juta Wisatawan Domestik dan MancanegaraIDNTimes/Holy Kartika

Kegiatan ini mengajak peserta mengunjungi destinasi budaya di Kota Surakarta. Antara lain, Pura Mangkunegaran, kawasan kuliner tradisional dan legendaris di Pasar Gedhe serta Museum Keris, De Tjolomadu dan menikmati beragam atraksi budaya di Solo International Performance Art (SIPA). 

Ina memaparkan daya tarik budaya dan sejarah serta tradisi dua kerajaan dari Dinasti Mataram Islam masih menjadi magnet bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Kebanyakan wisatawan asal negara-negara Eropa, seperti Belanda, Swedia, Inggris dan sejumlah negara lain.

"Sebagian besar wisatawan Eropa ini, bukan hanya sekali saja datang, tetapi banyak dari mereka ini repeaters," jelas Ina.

Baca Juga: Tambah Daya Tarik, Objek Wisata Alam Dlingo Tampilkan Atraksi Budaya

2. Targetkan 5 juta wisatawan

Tahun 2019, Solo Targetkan 5 Juta Wisatawan Domestik dan MancanegaraIDNTimes/Holy Kartika

Daya tarik Solo sebagai kota budaya dan kuliner, menarik wisatawan domestik dari berbagai daerah untuk datang. Keanekaragaman kuliner yang ditawarkan kota ini menjadi tujuan utama wisatawan untuk datang mencicipi langsung cita rasa kuliner tradisionalnya.

Ina mengungkapkan tahun lalu  jumlah kunjungan wisatawan ke Solo mencapai lebih dari 4,7 juta wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Tahun ini, kami menargetkan 5 juta kunjungan wisatawan," papar Ina.

3. Penerbangan langsung dibuka 23 September

Tahun 2019, Solo Targetkan 5 Juta Wisatawan Domestik dan Mancanegaranbcwashington.com

Solo bakal membuka penerbangan langsung internasional dari Kuala Lumpur. Dibukanya akses penerbangan di Bandara Adi Sumarmo ini diharapkan bisa mendongkrak wisatawan mancanegara ke kota kelahiran Presiden Joko Widodo itu.

Ina mengatakan penerbangan internasional akan membuka akses wisatawan mancanegara untuk datang mengunjungi Surakarta. Rute baru ini akan mengakomodir wisatawan dari Malaysia ke Solo. Ina mengatakan penerbangan perdana internasional akan dibuka pada 23 September mendatang.

"Perluasan bandara sudah dilakukan, sehingga diharapkan dengan adanya penerbangan langsung ini bisa semakin membuka akses wisatawan asing ke Solo," ungkap Ina.

Baca Juga: Kedatangan Artis Korea Selatan Pengaruhi Pariwisata Yogyakarta

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You