Comscore Tracker

6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

Cocok buat anak-anak juga, loh!

Stasiun Tugu Yogyakarta selalu menjadi tempat dengan mobilitas tinggi. Termasuk aktivitas wisatawan yang ingin liburan di Jogja. Aktivitas naik turun kereta dari stasiun ini pun selalu tampak ramai.

Sekalian kamu turun dari kereta, kamu juga bisa langsung ke beberapa destinasi di sekitarnya, lho. Berikut 5 tempat wisata di dekat Stasiun Tugu Jogja. Langsung mampir saja, yuk!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dekat Bandara YIA Kulon Progo yang Hits, Yuk Mampir!

1. Museum Benteng Vredeburg 

6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu YogyakartaPotret Museum Benteng Vredeburg (instagram.com/mumuslbs)

Gak jauh dari Stasiun Tugu Jogja, hanya sekitar 1,6 kilometer saja. Kamu bisa berjalan kaki sambil menikmati nuansa teduhnya Jogja, hanya sekitar 20 menit saja. Hitung-hitung sambil olahraga, ya.

Museum Benteng Vredeburg menjadi destinasi bersejarah, di mana dulu dijadikan sebagai penjaga bagi para pejuang. Banyak barang bersejarah dan spot klasik yang ada di dalam museum. Kamu bisa ajak anak juga buat belajar sejarah Jogja!

2. Museum Sonobudoyo 

6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu YogyakartaPotret Museum Sonobudoyo (instagram.com/nrwijaya)

Museum Sonobudoyo juga gak terlalu jauh. Kamu bisa menjangkaunya dengan jalan kaki sekitar 20 menit saja. Kamu bisa melewati Malioboro dan Jalan Jendral Ahmad Yani sembari menikmati lalu lalang wisatawan.

Museum yang berdiri sejak tahun 1935 ini terdapat dua kompleks museum, yaitu Unit I dan Unit II. Di sini kamu bisa menyaksikan benda benda purbakala yang jadi koleksi utama. Ada koleksi lainnya juga seperti karya seni rupa, cocok buat belajar juga deh.

3. Taman Pintar Yogyakarta 

6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu YogyakartaTaman Pintar (instagram/@tamanpintar_yogyakarta)

Merupakan destinasi edukatif yang sudah populer bagi wisatawan maupun warga lokal. Banyak koleksi media pembelajaran yang bisa dinikmati anak-anak hingga dewasa. Jalan kaki dari Stasiun Tugu hanya sekitar 25 menitan saja kok.

Destinasi ini berada di wilayah sisi timur Benteng Verdeburg, jadi bisa sekalian mampir berkunjung juga. Di Taman Pintar sendiri sekarang sudah memiliki Gedung Planetarium, Gedung PAUD, Theater 3D, hingga Kampung Kerajinan. Bakal hilangkan rasa lelahmu, deh.

Baca Juga: Museum Benteng Vredeburg, Saksi Sejarah Perjuangan Kemerdekaan

4. Keraton Yogyakarta 

6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu YogyakartaPotret Keraton Yogyakarta (instagram.com/sangardaa)

Ini yang jadi favorit bagi wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara saat di Jogja. Disajikan beberapa diorama mengenai kebudayaan Kota Yogyakarta. Bisa jadi tambahan wawasan sejarah, kan.

Kamu hanya perlu jalan kaki sekitar 25 menitan melalui jalur Malioboro. Di sana juga masih terdapat berbagai pojok bangunan dahulu yang masih dirawat sangat baik terkesan vintage! Langsung kunjungi saja, yuk.

5. Malioboro 

6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu YogyakartaPotret Malioboro (instagram.com/malioboro_insta)

Siapa sih yang gak suka nongkrong di sekitar Malioboro. Belum disebut berkunjung di Jogja, jika belum pernah merasakan syahdunya nongkrong di Malioboro.

Ruang untuk pejalan kaki terasa lapang. Selain itu, ada banyak sekali tempat duduk yang tersedia jika kamu ingin melepas lelah. Meski begitu, pedagang kaki lima yang biasa menjajakan cendera mata kini sudah pindah ke Teras Malioboro 1 dan 2. Jadi, jangan lupa mampir ke sana juga, ya! 

6. Tugu Pal Putih

6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu YogyakartaIlustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Jangan terlewatkan juga untuk mengunjungi landmark ikonik Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Tugu Pal Putih bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki sekitar 13 menit dari pintu timur stasiun.

Tempat ini paling bagus dikunjungi pada pada sore dan malam hari karena pemandangannya istimewa. Namun, hati-hati jika hendak berfoto, ya!

Itulah beberapa destinasi di sekitar Stasiun Tugu yang bisa nikmatin. Langsung serbu bersama keluarga, yuk. 

Baca Juga: 5 Kafe Dekat Malioboro yang Buka Sampai Malam, Syahdu Buat Nongkrong

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya