Comscore Tracker

5 Aktivitas Seru di Bukit Pengilon Gunungkidul, Coba Sendiri!

Hamparan rerumputan dengan latar birunya laut  

Jika kamu hobi berkeliling di alam, wajib kunjungi Bukit Pengilon yang ada di Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ini. Butuh waktu berjalan kaki menanjak ke atas. Namun, begitu merasakan pemandangannya, lelahmu akan terbayarkan!

Bukit ini berupa hamparan rerumputan hijau dan pemandangan lautan di sampingnya. Sekilas suasananya bak di Eropa! Lantas, apa saja aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Bukit Pengilon?

1. Refreshing dengan satwa

5 Aktivitas Seru di Bukit Pengilon Gunungkidul, Coba Sendiri!Potret Bukit Pengilon (instagram.com/beautyoftravel_)

Yups, karena dipenuhi dengan hamparan rerumputan yang sangat luas, akan ada beberapa domba yang singgah mencari makan di suatu tempat. Tentu jadi kepuasan sendiri buat wisatawan yang jarang menikmati situasi semacam ini

Kamu juga bisa mengajak hewan peliharaanmu, lho! Tempat ini pasti cocok untuk refreshing bareng anabul. Tapi tetap awasi mereka supaya perjalananmu tetap nyaman, ya.

2. Menikmati sunrise dan sunset

5 Aktivitas Seru di Bukit Pengilon Gunungkidul, Coba Sendiri!Potret Bukit Pengilon Jogja (instagram.com/herdiansyah002)

Lokasi bukit ini membuatmu bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam. Eksotismenya melebihi keindahan Bali, deh. Terlebih disaksikan dari Puncak Bukit Pengilon, cahaya senja yang terpantul di hamparan lautan bikin wisatawan tambah jatuh hati.

Jika pengin menyaksikan sunrise atau sunset, pastikan berangkat lebih awal, ya. Perkirakan jarak tempuh dengan kecepatan berjalanmu untuk menuju puncak Bukit Pengilon. Jangan lupa, bawa pasangan biar suasana tambah syahdu.

Baca Juga: Staycation di Villa Sunset, Menepi Sejenak dari Kesibukan

3. Hiking sambil menikmati pemandangan sekitar

5 Aktivitas Seru di Bukit Pengilon Gunungkidul, Coba Sendiri!Potret Bukit Pengilon Jogja (instagram.com/trissacahyani)

Untuk menuju puncak bukit, pasti semua wisatawan harus merasakan aktivitas yang satu ini. Gak sia-sia berjalan lama dengan rute menajak begini, toh itu bermanfaat juga buat fisikmu. Iseng-iseng buat simulasi mendaki gunung, terlebih buat kalian yang belum pernah mendaki.

Aktivitas satu ini cocok dinikmati saat pagi hari di mana udara masih segar. Atau hiking di sore hari buat mengejar momen sunset, bakalan berkesan! Karena tenagamu akan terkuras saat menuju ke atas, sediakan bekal buat kebutuhan di perjalanan nanti ya.

4. Camping atau berkemah

5 Aktivitas Seru di Bukit Pengilon Gunungkidul, Coba Sendiri!Potret Bukit Pengilon Jogja (instagram.com/lianasofiani)

Ini nih yang jadi aktivitas seru buat mengakrabkan diri dengan kawan-kawanmu. Karena area ini mendukung banget buat kegiatan kemah, tanah yang lapang dan view yang indah. Biasanya pengunjung yang berencana menginap selalu membawa peralatan kemah sendiri dari bawah.

Sebelum merencanakan kemahmu, perhatikan cuaca dulu, ya. Jangan lupa bawa pakaian yang hangat, karena angin di tepi pantai bakalan lebih kencang. Dan yang paling penting, jangan membuang sampah sembarangan di Bukit Pengilon ya.

5. Berburu spot foto eksotis 

5 Aktivitas Seru di Bukit Pengilon Gunungkidul, Coba Sendiri!Potret Bukit Pengilon Jogja (instagram.com/valitaclaudya)

Ini sudah jadi kewajiban buat semua orang, sih. Pemandangan yang menakjubkan, sayang untuk dilewatkan. Apalagi panorama saat sunset dan sunrise, pesonanya manjakan mata.

Manfaatkan hamparan laut sebagai latar fotomu, pastikan suasana alam sedang cerah dan bersahabat. Saat berburu tempat foto di puncak, perhatikan sekitarmu supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Siapkan memori handphone kamu sebanyak mungkin deh, karena nuansa di sana bikin hobi foto menggila.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Bukit Pengilon. Selalu jadi objek favorit buat melepaskan rasa penat bekerja. Langsung agendakan aja, yuk!

Baca Juga: Wisata Bukit Pule Payung: Lokasi, Rute, Fasilitas dan Tips  

senja sandera Photo Community Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya