Comscore Tracker

5 Kampung Wisata Terbaik Kota Yogyakarta 2022 versi Dispar

Miliki keunggulan pada fesyen, budaya, wisata, dan kuliner

Baru-baru ini, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memberikan penghargaan pada lima kampung wisata terbaik di tingkat kota. Kelimanya mendapatkan nilai terbaik karena unggul di berbagai bidang, seperti wisata, kuliner, budaya, dan fesyen.

Nantinya, kelima kampung wisata tersebut akan diusulkan maju dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Untuk lebih jelasnya, inilah lima kampung wisata terbaik di Kota Yogyakarta 2022 versi Dinas Pariwisata.

1. Kampung wisata Warungboto 

5 Kampung Wisata Terbaik Kota Yogyakarta 2022 versi Disparfoto kamwis Warungboto (instagram.com/kaampung_wisata_warbo)

Kampung wisata Warungboto memiliki luas sekitar 86,6 hektar dan berada di wilayah Kepanewon Umbulharjo. Karena letaknya juga berdekatan dengan aliran Sungai Gajah Wong, kampung ini menggarap wisata air seperti gethekan susur sungai Gajah Wong dan River Walk yang memanfaatkan bantaran sungai.

Bukan hanya berdekatan dengan sungai, lokasi Warungboto juga berdekatan dengan Kebun Raya Gembira Loka dan XT Square, ketiganya lantas bekerja sama dengan membuat paket wisata gabungan. Itulah mengapa, kampung wisata ini juga menggerakkan potensi lain, seperti adat tradisi, kerajinan, kuliner, dan seni budaya untuk meningkatkan daya pikat wisata. Beberapa di antaranya seni karawitan, kethoprak, guyon maton, jathilan, tari klasik, reog, begodo, dan masih banyak lagi.

Belum lagi adanya situs kerajaan seperti Situs Bangunan Cagar Budaya Tuk Umbul yang membuat pecinta sejarah akan suka datang mengunjunginya. Oya, masih ada Pabrik Wojo yang dahulu menjadi pabrik untuk membuat berbagai produk baja, lho.  

Alamat: Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164

2. Kampung wisata Cokrodiningratan 

5 Kampung Wisata Terbaik Kota Yogyakarta 2022 versi Disparfoto kamwis Cokrodiningratan (instagram.com/jogjawisatajogja

Dikenal dengan nama Kampung wisata Code Cokrodiningratan, kampung wisata ini memiliki banyak keunikan. Salah satunya wisata eco heritage dengan bangunan bersejarah yang menarik seperti Klenteng Poncowinatan, Pasar Kranggan, Hotel Mustokoweni, Omah Soeratin, Monumen Tugu Pal Putih, dan berbagai bangunan berarsitektur Belanda.

Ada juga wisata eco turism yang mengajak wisatawan menyusuri Code River Walk yang menyusuri kampung Nggirli, atraksi edukasi sekolah sungai, dan tata kelola lingkungan bantaran DAS Code untuk mengajarkan masyarakat sekitar memberdayakan sumber mata air secara swadaya demi memenuhi kebutuhan air bersih. Wah, wisata ilmu yang menarik, ya.

Belum lagi, masyarakat yang tinggal di Cokrodiningratan juga banyak yang memiliki keahlian di bidang batik, korsase, sulam benang, dan jumputan yang hasil karyanya bisa dibeli oleh para wisatawan. Jangan salah, ketika malam hari, berbagai penjaja makanan membuka lapaknya di pinggiran sungai Code yang membuat mereka yang datang bisa berwisata kuliner sambil menikmati keindahan sungai di malam hari.

Alamat: Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

 

https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/23228/kampung-wisata-cokrodiningratan/#1580710347018-6bc5cbd4-9e18

Baca Juga: Yuk, Jalan-jalan di Kampung Wisata di Kawasan Keraton Yogyakarta   

3. Kampung wisata Prenggan 

5 Kampung Wisata Terbaik Kota Yogyakarta 2022 versi Disparfoto museum Kotagede (instagram.com/kampungwisataprenggan)

Keunikan kampung wisata Prenggan adalah potensi situs cagar budaya dan sejarah serta kuliner tradisional yang menjadi ciri khas Kotagede seperti sate klatak dan kipo. Selain itu, terdapat juga wisata yang menonjolkan kerajinan Kotagede, yakni perak dan batik.

Untuk potensi seni, wisatawan bisa melihat kelompok musik gejog lesung, karawitan, dan jathilan. Meski tidak setiap saat, pertunjukan seni di kampung wisata Prenggan bisa dinikmati ketika acara tahunan, seperti kirab budaya dan gelaran pentas seni.

Alamat: Kawasan Prenggan, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172

4. Kampung wisata Tahunan 

5 Kampung Wisata Terbaik Kota Yogyakarta 2022 versi Disparilustrasi kain jumputan(instagram.com/kampungwisata_tahunan)

Seperti kampung wisata lainnya, kampung wisata Tahunan juga menampilkan potensi sejarah yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya Makam Pahlawan Kusumanegara dan Makam Kyai Ndara Purba.

Jangan remehkan kemampuan seni masyarakat Tahunan, lho. Karawitan klasik gaya Yogyakarta yang ada di Tahunan sudah dikenal secara internasional melalui karya Ki Wasitodiningrat yang merupakan empu seni karawitan. Keren, ya!

Kampung wisata Tahunan juga dikenal memiliki masyarakat yang ahli di bidang batik jumputan. Jadi tak mengherankan kalau banyak sekali toko dan pelatihan membuat jumputan ada di kampung ini.  Belum lagi adanya kuliner khas Tahunan seperti ampyang dan gendong tenong yang disukai banyak orang.

Alamat: Tahunan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

5. Kampung wisata Purbayan   

5 Kampung Wisata Terbaik Kota Yogyakarta 2022 versi Disparfoto kamwis Purbayan (instagram.com/kamwispurbayan)

Sarat dengan nilai sejarah dari Kerajaan Mataram membuat kampung wisata Purbayan banyak disinggahi oleh pecinta sejarah. Berbagai situs, bangunan sejarah, dan budaya khas Yogyakarta membuat pengunjung kampung ini serasa kembali ke masa lalu.

Apalagi, rumah-rumah warga kampung ini pun mayoritas bergaya Yogyakarta yang unik membuat tak sedikit wisatawan mengabadikannya dalam bentuk foto atau video. Terlebih lagi, kemampuan bercerita para pemandu wisata ditambah keramahan masyarakatnya mampu membuat wisatawan ingin selalu berkunjung di Purbayan ketika datang ke Yogyakarta.

Oya, kampung wisata Purbayan mempunyai beberapa kampung kecil yang tersebar di Kalurahan Purbayan, Kotagede, seperti Kampung nDalem, Kampung Alun-alun, Kampung Cokroyudan, dan Kampung Bumen. Semua kampung tersebut menawarkan wisata histori, kuliner, budaya, arsitektur, dan seni yang membuat wisatawan tak cukup sehari menikmatinya.

Alamat: Kotagede, Purbayan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173

Wah, kelima kampung wisata terbaik di Kota Yogyakarta versi Dinas Pariwisata Yogyakarta ini memang mempunyai keunikan tersendiri. Jadi tak mengherankan kalau banyak wisatawan mengunjungi kelimanya. Nah, apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya?

Baca Juga: Ayo Piknik, 5 Kampung Wisata Ini Ada di Sekitar Kotagede 

IamLathiva Photo Community Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya