Comscore Tracker

Pacu Adrenalin, Ini 5 Tempat Wisata River Tubing Paling Seru di Jogja!

Gak takut basah-basahan!

Menikmati keindahan alam sekaligus memacu adrenalin di sungai tidak hanya bisa dilakukan dengan arung jeram saja, namun juga river tubing. River tubing adalah kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban karet sehingga kamu bisa terhanyut dalam aliran sungai menuju tempat tertentu. Dengan memanfaatkan aliran sungai yang aman, wisata ini bisa dinikmati oleh siapa saja tanpa membutuhkan kemampuan tertentu.

Selain itu dengan adanya pelampung dan pemandu, akan menjamin wisata susur sungai ini aman. Jogja memiliki wisata tubing yang seru untuk menyusuri sungai-sungai sambil menyatu dengan alam. Berikut rekomendasinya.

1. River tubing sungai Oyo

Pacu Adrenalin, Ini 5 Tempat Wisata River Tubing Paling Seru di Jogja!Instagram.com/raftingsungaioyo

River tubing di sungai Oyo tidak hanya menawarkan keseruan terhanyut dalam aliran sungai, namun juga pemandangan bebatuan yang ada di sekitar sungai Oyo. Aliran sungai Oyo cenderung tenang, namun bagi kamu yang ingin menambah adrenalin, aliran sungai akan bertambah deras saat musim hujan tiba, lho. 

Pengunjung river tubing di sungai Oyo dibekali dengan ban karet, pelampung karet, dan sepatu khusus agar tidak licin saat berpijak di bebatuan dan tahan air.

Menariknya lagi, di tengah-tengah perjalanan susur sungai Oyo ini kamu akan menemukan air terjun sehingga rasanya seperti benar-benar menyatu dengan alam. Tak jarang pula pemandu mengarahkanmu ke air terjun agar merasakan aliran air terjun yang menambah keseruan.

Selain itu kamu juga diperbolehkan memacu adrenalin dengan melompat dari atas tebing dan lanjut berenang ke sungai, tentunya khusus bagi kamu yang sudah mahir berenang, ya.

Tarif wisata di sungai Oyo yang beralamatkan di kawasan Gelaran II RT 03/RW 16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah Rp45 ribu per orang.

2. River tubing di Jogja Exotarium

Pacu Adrenalin, Ini 5 Tempat Wisata River Tubing Paling Seru di Jogja!Instagram.com/jogjaexotarium

Tak hanya untuk orang dewasa, wisata river tubing di Jogja Exotarium ini juga ramah untuk anak-anak lho. Karena debit air yang dibutuhkan untuk melakukan tubing harus cukup, maka wisata river tubing di sini hanya dibuka saat musim hujan saja, sehingga kamu bisa konfirmasi dulu ya jika ingin melakukan aktivitas tubing di sini.

Meskipun saat musim hujan, namun arus di sini tidak begitu deras sehingga aman untuk kamu dan keluarga.

Selain tubing, Jogja Exotarium juga memberikan beragam wisata yang bersifat edukasi lho, seperti outbond, kolam renang, kebun binatang mini, hingga spot selfie.

Lokasi Jogja Exotarium terletak di  Jl. Magelang km 8, RW 12, Mulungan Kulon, Sendangadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tarif masuk di sini untuk weekday adalah Rp15 ribu sedangkan weekend Rp20 ribu saja.

Baca Juga: Gak Perlu Pergi Jauh, Ini 5 Tempat Bernuansa Korea di Yogyakarta

3. River tubing Sedayu

Pacu Adrenalin, Ini 5 Tempat Wisata River Tubing Paling Seru di Jogja!Instagram.com/karst_tubing

River tubing Sedayu menawarkan dua track susur sungai yang bisa dipilih, yaitu berjarak 900 m dan 1,2 km. Tak perlu takut saat melakukan susur sungai di sini karena ada petugas ramah yang akan memandu. Selain itu pengunjung juga diberikan pengaman berupa helm, pelampung, dan sepatu karet.

Bermain air di Sedayu ini lebih menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai dengan rombongan teman atau keluarga. Petugas juga akan memastikan bahwa rombongan tak akan saling bertabrakan dengan rombongan lainnya.

Tarif untuk menikmati tubing di sini adalah Rp50 ribu/orang dan kamu juga bisa mendapatkan foto-foto dokumentasi saat tubing dengan membayar Rp50 ribu lagi.

River tubing Sedayu ini terletak di Jl. Raya Wates km 9,5, Surobayan, Argomulyo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. River tubing gua Pindul

Pacu Adrenalin, Ini 5 Tempat Wisata River Tubing Paling Seru di Jogja!Instagram.com/goapindul.id

Tak hanya di sungai saja, namun aktivitas tubing juga bisa dilakukan di dalam gua, salah satunya gua Pindul. Sungai yang ada di dalam gua Pindul bisa digunakan untuk tubing sekaligus menikmati indahnya gua.

Tak perlu khawatir gelap di dalam gua, karena petugas juga meminjamkan pengunjung dengan head lamp selain berbagai fasilitas keamanan lainnya seperti ban karet dan pelampung.

Di dalam kegiatan tubing ini kamu juga bisa melihat cahaya yang menerobos masuk ke dalam celah-celah gua di saat pagi sekitar pukul 9 hingga 10 yang terlihat sangat indah. Petugas juga akan menceritakan bagaimana legenda yang ada di gua Pindul ini.

Jika masih kurang, kamu bisa sekaligus menjelajah sungai Oyo yang jaraknya bersebelahan dengan gua Pindul ini.

Tarif masuk di wisata alam yang terletak di Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah Rp45 ribu/orang.

5. River tubing gua Kalisuci

Pacu Adrenalin, Ini 5 Tempat Wisata River Tubing Paling Seru di Jogja!Instagram.com/kalisucicavetubing

Tak hanya di gua Pindul, kamu juga bisa melakukan kegiatan susur sungai di gua Kalisuci yang terletak di kawasan Jetis, Jonge, Pacarejo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemandangan indah stalaktit di dalam gua dan tebing-tebing yang dilalui oleh pengunjung saat melakukan tubing akan kamu temui di sini. Air sungai yang mengalir di dalam gua juga cenderung tenang dan tidak terlalu dalam sehingga bisa menurunkan rasa was-was buat kamu yang pertama kali melakukan tubing. Pemandunya pun ramah dan selalu siap memandu setiap pengunjung yang berwisata.

Tarif tubing di gua Kalisuci ini adalah Rp80 ribu per orangnya dengan minimal 5 orang yang ikut melakukan tubing. Kamu bisa melakukan susur sungai selama 1,5 jam hingga 2 jam di sini.

Itulah 5 wisata river tubing yang ada di Jogja. Wisata river tubing cenderung aman karena dilengkapi dengan beragam perlengkapan pengaman seperti pelampung dan helm, selain itu juga ada pemandu yang sudah berpengalaman memandu pengunjung untuk susur sungai. Hal yang paling penting adalah selalu mengikuti apa saja arahan dari pemandu, ya. Ingat, keselamatan adalah hal yang utama.

Baca Juga: 7 Wisata Kebun Bunga Populer di Yogyakarta, Segar dan Cantik  

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya