Comscore Tracker

Menikmati Keindahan Laut, 5 Pantai di Jogja Ini Cocok untuk Snorkeling

Arusnya tenang meski di pantai selatan

Keindahan di kedalaman laut memang sangat menarik untuk dilihat. Berbagai batu karang dan ikan-ikan yang berenang di dalam laut membuat kita takjub. Untuk melihat keindahan laut ini bisa dengan cara menyelam (diving). Namun menyelam membutuhkan kemampuan khusus dan peralatan yang cukup mahal, sehingga lebih banyak orang melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut tanpa perlu memiliki keahlian khusus dan peralatannya juga jauh lebih sederhana.

Snorkeling atau berenang di permukaan ini dapat dilakukan dengan menggunakan snorkel yaitu alat untuk menutup mulut dan hidung yang sekalian bisa digunakan untuk bernapas di kedalaman laut yang dangkal. 

Menariknya, di Jogja, khususnya kawasan Gunungkidul, terdapat pantai-pantai yang arusnya tidak kuat sehingga sangat cocok untuk melakukan snorkeling. Kamu pun tak perlu repot-repot membeli snorkel karena di setiap pantai sudah ada penyewaan snorkel ini. Di mana saja pantai Jogja yang cocok untuk snorkeling? Berikut 5 rekomendasinya.

1. Pantai Sadranan

Menikmati Keindahan Laut, 5 Pantai di Jogja Ini Cocok untuk SnorkelingInstagram.com/pantaisadranan

Pantai yang berada di kawasan Tepus ini bersebelahan langsung dengan Pantai Sundak. Pantai ini menyajikan keindahan bawah laut yang belum banyak tercemar dan mudah untuk dilihat dari permukaan sehingga sangat cocok untuk dilakukan snorkeling. Di bawah permukaan lautnya, kamu bisa melihat aneka terumbu karang dan ikan-ikan kecil beraneka warna. 

Di pantai ini juga sudah disediakan persewaan alat snorkeling dan pemandu yang siap memberikan arahan bagaimana cara melakukan snorkeling dan di mana spot yang paling seru untuk melakukan snorkeling. Kamu tidak perlu takut jika belum pernah snorkeling sebelumnya karena pemandu akan memilihkan tempat yang cocok bagi pemula.

Tarif menyewa peralatan snorkeling hanya Rp25 ribu saja untuk waktu 2 jam. Jika kamu berniat mengabadikan kegiatan snorkelingmu, kamu bisa menambahkan Rp10 ribu untuk mendapatkan foto kamu saat snorkeling yang akan dibantu oleh petugas setempat untuk mengambil gambar.

2. Pantai Slili

Menikmati Keindahan Laut, 5 Pantai di Jogja Ini Cocok untuk SnorkelingInstagram.com/fahrul_rozi25

Pantai Slili berada di tengah-tengah antara pantai Krakal dan pantai Sadranan yang masih dalam area Tepus, Gunungkidul. Tak kalah dengan Pantai Sadranan, di Pantai Slili pemandangan bawah lautnya juga menarik untuk dilihat sambil snorkeling.

Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dan akan dipandu oleh pemandu. Selain itu pemandu juga bisa mengambilkan foto kegiatan snorkeling kamu di bawah air. 

Ukuran pantainya yang terbilang kecil justru membuat kamu lebih nyaman untuk snorkeling karena tak banyak orang yang datang. Kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling di pagi hari, karena di waktu itu ombak belum besar dan ikan-ikan sedang merapat ke bibir pantai untuk mencari makan. Tarif untuk snorkeling adalah Rp50 ribu sudah termasuk dengan foto.

Baca Juga: Saatnya Main Air! Ini 5 Rekomendasi Waterpark Seru di Jogja

3. Pantai Nglambor

Menikmati Keindahan Laut, 5 Pantai di Jogja Ini Cocok untuk SnorkelingInstagram.com/aafputra

Pantai Nglambor yang masih terletak di kawasan Gunungkidul menjadi pilihan selanjutnya untuk melakukan aktivitas liburan di pantai ini. Pantai ini memang khusus digunakan untuk snorkeling selain bersantai sambil menikmati keindahannya.

Ombaknya cenderung kecil dan lautnya tenang sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk snorkeling. Ombak yang sampai ke bibir pantai sudah terpecah dahulu oleh karang besar yang ada di tengah laut sehingga saat sampai ke permukaan pantai, ombak yang datang sudah mengecil.

Kamu bisa melakukan snorkeling di sini saat pagi hari, di mana waktu pagi hari laut sedang pasang sehingga ikan berkumpul dan terumbu karang bisa dilihat dari atas air laut. Kamu juga bisa konfirmasi dulu ke pihak pengelola di sosial media mereka sebelum berencana bersnorkeling di sini untuk memastikan kondisi ombaknya.

Tarif snorkeling di sini adalah Rp50 ribu sudah termasuk foto dan dipandu oleh pemandu.

4. Pantai Wediombo

Menikmati Keindahan Laut, 5 Pantai di Jogja Ini Cocok untuk SnorkelingInstagram.com/wediombo

Di pantai ini menyediakan dua lokasi snorkeling yang bisa kamu pilih. Di bibir pantai atau di tengah laut yang mengharuskan kamu naik perahu dulu untuk sampai ke tengah laut. Wediombo dikenal sebagai penyedia paket snorkeling lepas laut pertama di Jogja, sehingga buat kamu yang ingin lebih menantang adrenalin, tempat ini cocok kamu tuju.

Di tengah laut selain bisa snorkeling melihat kedalaman laut, kamu juga bisa bersantai dan berenang karena lautnya cenderung tenang untuk menikmati liburanmu di sini. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk snorkeling di laut Wediombo karena untuk sewa perahu butuh minimal 6 orang.

Jika kamu lebih nyaman snorkeling di bibir pantai, tak ada salahnya juga untuk menikmatinya karena pemandangan bawah di bibir pantainya juga menarik. Terlebih lagi terdapat sebuah laguna di dekat pantai yang pemandangannya juga menarik untuk snorkeling di sana sekaligus bersantai. Tarif snorkeling di pantai Rp30 ribu saja, sedangkan di laut Rp80 ribu.

5. Pantai Drini

Menikmati Keindahan Laut, 5 Pantai di Jogja Ini Cocok untuk SnorkelingInstagram.com/pantai_drini

Pantai Drini juga masih termasuk dalam pantai yang berada di kawasan Gunungkidul. Pantai ini terbagi menjadi dua bagian di mana salah satu bagiannya terdapat sebuah laguna yang menyenangkan untuk melalukan snorkeling. Di dalamnya terdapat ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang menarik untuk disimak.

Snorkeling di sini sebaiknya saat pantai sedang surut agar tidak ada ombak besar yang menyeretmu ke tengah lautan. Saat pantai sedang surut, kamu bisa bersnorkeling ke bagian agak tengah laut tempat berkumpulnya ikan-ikan dan terumbu karang. Tak perlu khawatir karena ada petugas yang akan membantumu melakukan snorkeling.

Tarif untuk snorkeling di sini sama dengan di pantai-pantai lain, yaitu Rp50 ribu saja sudah termasuk peralatan snorkeling dan kamera untuk berfoto di bawah laut.

Duh, jadi gak sabar buat mengagendakan liburan ke pantai untuk snorkeling, bukan? Yuk, ajak teman atau keluarga buat menghabiskan waktu bersnorkeling di pantai-pantai yang ada di Jogja!

Baca Juga: Berburu Oleh-oleh Murah di Yogyakarta, 10 Tempat Ini Surganya 

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya