Comscore Tracker

7 Aktivitas Seru di Alun-alun Kidul Jogja, Jangan Dilewatkan!

Aktivitas di Alun-alun Kidul Jogja tak pernah sepi

Alun-alun Kidul Jogja merupakan salah satu tujuan wisata yang tak boleh dilewatkan. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota, Malioboro da berada di kawasan Keraton Yogyakarta, menjadikannya tak pernah sepi aktivitas.

Dari pagi, siang hingga malam hari, tempat yang luas ini menjadi magnet untuk menarik banyak warga Jogja dan wisatawan untuk singgah. Tak hanya olahraga, banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan Alun-alun Kidul Jogja.  

1. Laku masangin

7 Aktivitas Seru di Alun-alun Kidul Jogja, Jangan Dilewatkan!Aktivitas alkid (instagram.com/anangjohansyah)

Masangin adalah kegiatan berjalan menuju ke celah dua pohon beringin kembar yang berada di tengah Alun-alun Kidul, namun kedua maya harus ditutup alias tidak bisa melihat. Walau terlihat mudah, tak banyak orang yang bisa melakukannya. Konon katanya yang melewati jalan di antara kedua pohon beringin ini adalah orang yang memiliki hati teguh dan bersih serta keinginannya dapat terwujud.

2. Bermain egrang

7 Aktivitas Seru di Alun-alun Kidul Jogja, Jangan Dilewatkan!Aktivitas alkid (Instagram.com/rajaegrang_eyanghanangcokrobung)

Di lokasi alun-alun banyak permainan yang ditawarkan warga. Salah satunya adalah menyediakan persewaan permainan egrang. Mainan tradisional ini tentu akan memberikan nostalgia bagi siapa saja yang mencobanya.

Baca Juga: 5 Mitos Alun Alun Kidul Jogja yang Melegenda, Salah Satunya Masangin

3. Naik odong-odong warna-warni

7 Aktivitas Seru di Alun-alun Kidul Jogja, Jangan Dilewatkan!Aktivitas alkid (instagram.com/arimasfiras)

Gak ada salahnya mencoba menyewa odong-odong warna-warni yang banyak disediakan di waktu sore hingga malam hari.  Tarif sewanya sekitar Rp70 ribuan untuk sekali putar, tapi di musim liburan tarif bisa naik. Jadi kamu harus pinter untuk menawar ya. 

Pengunjung dapat menikmati sensasi berbeda dan seru berkeliling alun-alun dengan mengayuh sepeda bermesin ini, apalagi ditambah alunan musik yang biasanya dimainkan dengan suara nyaring. 

4. Olahraga

7 Aktivitas Seru di Alun-alun Kidul Jogja, Jangan Dilewatkan!Aktivitas alkid (Instagram.com/renanda_yunisa)

Di pagi dan sore hari, banyak warga yang memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat berolahraga. Misalnya jogging, bersepeda, badminton hingga latihan bela diri. 

Baca Juga: 5 Tempat Makan Enak Dekat Alun-alun Kidul, Cocok buat Keluarga!

5. Nongkrong dan menikmati aneka kuliner

7 Aktivitas Seru di Alun-alun Kidul Jogja, Jangan Dilewatkan!Aktivitas alkid (instagram.com/jogjaimages)

Sejak pagi hingga malam hari, banyak pedagang makanan yang berada di pinggir jalan. Mulai dari bubur ayam, lontong sayur hingga nasi uduk saat pagi, hingga wedang ronde, jagung dan roti bakar saat sore dan malam hari.

Di tempat ini tersedia banyak tikar yang digunakan sebagai tempat duduk pengunjung. Meski banyak yang berdatangan, jangan khawatir tidak mendapatkan tempat duduk.

6. Momong buah hati

7 Aktivitas Seru di Alun-alun Kidul Jogja, Jangan Dilewatkan!Alun - alun Kidul Yogyakarta. IDN TImes/Febriana Sinta

Alun-alun Kidul merupakan ruang terbuka yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Bagi kamu yang sudah berkeluarga, tempat ini cocok untuk mengajak buah hati bermain sepuasnya. Anak-anak dapat bermain sepuasnya berlari-lari di rumput.

Di tempat ini juga terdapat pedagang yang menjajakan aneka permainan anak-anak seperti gelembung sabun, pesawat terbang plastik dan masih banyak lagi. 

7. Hunting foto

7 Aktivitas Seru di Alun-alun Kidul Jogja, Jangan Dilewatkan!pixabay.com/Shutterbug75

Bagi kalian yang baru belajar fotografi, Alun -alun Kidul merupakan salah satu tempat yang pas untuk mempelajari banyak angle. Selain potret human interes, ada banyak karya yang bisa dihasilkan saat berada di tempat ini.   

Itulah sederet aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Alun-alun Kidul Jogja. Tak hanya bikin ketagihan, tempat ini juga menawarkan suasana yang berbeda di setiap waktu.  

Baca Juga: Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja 

Rama Dhanila Photo Community Writer Rama Dhanila

Hiiii~~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya