4 Spot Unik di Plaza Ngasem Jogja, Bonus Tempat Bersejarah

Plaza tempat belanja yang unik dan bersejarah

Intinya Sih...

  • Pasar Ngasem, destinasi belanja unik dan bersejarah di Yogyakarta
  • Daya tarik utama adalah pasar tradisional dengan bahan dapur autentik dan harga terjangkau
  • Plaza Ngasem juga menawarkan surga kuliner tradisional dengan warung makan legendaris dan panggung seni budaya

Pasar Ngasem, terletak di pusat Kota Yogyakarta, adalah destinasi yang menggabungkan pesona sejarah dengan keunikan modern. Dekat dengan Keraton Yogyakarta, kawasan ini menawarkan berbagai spot menarik yang memadukan arsitektur tradisional dan nuansa kontemporer. Sebagai tujuan wisata populer, Plaza Ngasem mencerminkan perkembangan kota dengan nilai budaya dan sejarah yang kuat.

Dahulu dikenal sebagai pasar burung, Plaza Ngasem kini telah direvitalisasi menjadi lebih modern tanpa menghilangkan jejak sejarahnya. Tempat ini berhasil menjaga harmoni antara masa lalu dan masa kini, menjadikannya menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Dari seni rupa kontemporer hingga kuliner khas Jogja, pengunjung dapat menikmati berbagai atraksi sambil merasakan atmosfer sejarah yang kental.

Melalui artikel ini, penulis akan membahas lebih lanjut empat spot unik yang wajib dikunjungi di Plaza Ngasem. Penasaran? Yuk simak bagian selanjutnya dari tulisan ini.

1. Tempat belanja bahan dapur

4 Spot Unik di Plaza Ngasem Jogja, Bonus Tempat BersejarahJajanan Pasar (instagram.com/nur.hanifah.ahmad)

Salah satu daya tarik utama dari plaza ini adalah pasar tradisional yang menyediakan berbagai bahan dapur, yang kerap menjadi tujuan bagi para ibu rumah tangga, koki, dan pecinta kuliner. Berbelanja di sini menawarkan pengalaman khas dan autentik dengan suasana tradisional yang kental.

Keunggulan Plaza Ngasem termasuk produk lokal dan organik serta harga yang terjangkau. Tempat ini menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang mencari bahan berkualitas sambil merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat Yogyakarta.

2. Deretan jajanan wingko dan makanan tradisional

4 Spot Unik di Plaza Ngasem Jogja, Bonus Tempat BersejarahJajanan Pasar (instagram.com/nur.hanifah.ahmad)

Plaza Ngasem di Yogyakarta tidak hanya terkenal sebagai pusat belanja bahan dapur dan tempat bersejarah, tetapi juga surga kuliner tradisional. Pengunjung bisa menemukan berbagai jajanan tradisional yang menggugah selera, seperti wingko, yang menambah kekayaan kuliner di Plaza Ngasem.

Selain itu, cerminan kekayaan kuliner Plaza Ngasem terlihat dari aneka kue basah, jajan pasar beragam, dan makanan tradisional dengan sentuhan modern. Keberagaman ini tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mengenal dan menghargai budaya kuliner lokal.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Traveling Low Budget di Jogja, Liburan Hemat

3. Warung makan legendaris yang enak

4 Spot Unik di Plaza Ngasem Jogja, Bonus Tempat BersejarahWarung Bu Sirep (instagram.com/nur.hanifah.ahmad)

Plaza Ngasem Yogyakarta terkenal dengan warung makan legendaris yang disukai warga lokal dan wisatawan. Ada warung Bu Sirep terkenal dengan masakan tradisional Jawa seperti gudeg, ayam kampung goreng, dan sambal krecek. Ada pula warung soto Pak Marto yang legendaris dengan soto ayam dan soto dagingnya, serta warung Sate Klatak Pak Bari yang menyajikan sate kambing khas dengan bumbu sederhana dan kuah gulai gurih.

Warung-warung makan legendaris di Plaza Ngasem menawarkan pengalaman kuliner yang autentik dan tak terlupakan. Dengan cita rasa khas dan suasana ramah, setiap warung mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner Yogyakarta. Bagi pecinta kuliner, mengunjungi warung-warung ini adalah cara terbaik menikmati kelezatan masakan Jawa yang sesungguhnya.

4. Panggung dan tempat menonton pertunjukan

4 Spot Unik di Plaza Ngasem Jogja, Bonus Tempat BersejarahPanggung Plaza Ngasem Jogja (instagram.com/nur.hanifah.ahmad)

Panggung di Plaza Ngasem menjadi ruang bagi seniman lokal dan pengunjung untuk menikmati acara-acara kaya budaya. Dari pertunjukan seni, seminar, workshop, hingga kegiatan relawan, semuanya didukung dengan tempat duduk nyaman yang melingkari panggung.

Panggung dan tempat menonton di Plaza Ngasem menawarkan pengalaman budaya yang mendalam dengan suasana yang hangat dan menyenangkan. Pengunjung bisa merasakan atmosfer pasar tradisional yang hidup dengan sentuhan seni dan budaya Yogyakarta. Plaza Ngasem menjadi destinasi wajib bagi siapa saja yang ingin menikmati kekayaan budaya Yogyakarta.

 

Nah, begitulah pembahasan tentang empat spot menarik yang ada di Plaza Ngasem Jogja. Sebuah tempat perbelanjaan tradisional dengan didukung oleh panggung pertunjukan. Sehingga pengunjung dapat menikmati Pasar tradisional dengan ciri khas unik antara makanan, seni dan budaya. Tempat bersejarah yang menjadi salah satu destinasi wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Jogja.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kuliner di Pasar Ngasem Jogja, Surga Jajanan

Nur Hanifah Ahmad Photo Community Writer Nur Hanifah Ahmad

Penulis Freelance dari Jogja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya