Comscore Tracker

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!

Gampang dipahami, kok

Jika baru pertama datang ke Jogja, kamu mungkin dibuat bingung mendengar nama-nama jalan atau tempat di Jogja yang disingkat menjadi akronim. Warga Jogja memang kerap menggunakan singkatan untuk menyebut nama jalan atau landmark tertentu.

Karena sudah menjadi kebiasaan, warga lokal tidak akan mengalami kesulitan. Nah, agar tidak bingung dan kesasar, ini dia singkatan nama jalan dan lokasi di Jogja yang wajib kamu tahu!

1. Jakal: Jalan Kaliurang

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Wisata Kaliurang. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Jakal adalah sebutan untuk merujuk Jalan Kaliurang, yakni ruas jalan yang mengantar ke jalan menuju lereng Gunung Merapi. Jalan ini menghubungkan kota Yogyakarta mulai dari kawasan UGM dengan kawasan wisata Kaliurang. 

2. Jamal: Jalan Magelang

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Ilustrasi kendaraan diputar balik di perbatasan Sleman. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Berikutnya ada Jamal yang merupakan akronim dari Jalan Magelang, jadi jangan salah mengira sebagai nama orang, ya! Jamal adalah jalan arteri di sisi barat Jogja yang menghubungkan  Kabupaten Sleman dengan Kabupaten Magelang di Jawa Tengah.

3. Altar: Alun-alun Utara

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Jogja memiliki dua alun-alun, akronim Altar merujuk pada salah satunya yakni Alun-Alun Utara. Tempat ini cukup favorit sebagai tempat bersantai baik para wisatawan maupun warga sekitar.

Baca Juga: 8 Rumah Sakit di Bantul, Bisa Dikunjungi Kapan Saja

4. Alkid: Alun-alun Kidul

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Alun-alun kidul Yogyakarta (IDN Times/Nindias Khalika)

Jika sebelumnya ada Altar, alun-alun lainnya disebut Alkid atau Alun-Alun Kidul. Kidul dalam bahasa Jawa berarti selatan. Kedua alun-alun tersebut memang berada di sisi utara dan selatan, mengapit bangunan Keraton Yogyakarta.

5. Jokteng: Pojok Beteng

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Pojok Beteng (Jokteng) Lor Wetan (Wikimedia Commons/RaFaDa20631)

Jokteng adalah akronim dari pojok benteng yakni bangunan yang ada sejak zaman dulu. Benteng dibangun mengelilingi keraton yang merupakan simbol identitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Situs bersejarah ini terdiri dari empat bagian, yaitu Jokteng Wetan (Timur), Jokteng Kulon (Barat), Jokteng Lor (Utara), dan Jokteng Lor Wetan (Timur Laut).

6. Tamsis: Taman Siswa

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Pendopo Tamansiswa (ustjogja.ac.id)

Pernah mendengar Tamansiswa? Tentu saja karena berkaitan dengan sejarah pendidikan di Indonesia sebagai sekolah yang didirikan Ki Hadjar Dewantara. Sekolah tersebut ada di Jogja dan namanya diabadikan untuk nama jalan di sekitar kompleks sekolah yang diakronimkan menjadi Tamsis merujuk ke Tamansiswa.

Baca Juga: 8 Tips Wisata Murah ke Jogja, Liburan Jadi Hemat!

7. Sarkem: Pasar Kembang

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Parkir liar di Jalan Pasar Kembang Yogyakarta. (Dok. Dishub Kota Yogyakarta)

Nama jalan satu ini ada di dekat stasiun Tugu, di mana terdapat banyak hotel, losmen dan aneka penginapan di sisi jalan. Tidak heran jika jalan ini pernah begitu dikenal sebagai lokalisasi prostitusi yakni Jalan Pasar Kembang atau lebih akrab disebut Sarkem. 

8. Concat: Condongcatur

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Kantor Lurah Condongcatur Sleman (Wikimedia Commons/Aryphrase)

Bagi pelajar atau mahasiswa di Jogja pasti akrab dengan daerah ini, Concat atau Condongcatur adalah nama wilayah di Kapanewon Depok, Sleman.

9. Paris: Parangtritis

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Ilustrasi pengunjung Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Kata Paris juga digunakan sebagai akronim merujuk pada kawasan wisata Pantai Parangtritis. Ini adalah salah satu pantai di Bantul yang wajib dikunjungi saat datang ke Jogja.

Baca Juga: 5 Transportasi Tradisional Yogyakarta, Tetap Eksis Temani Wisatawan  

10. Monjali: Monumen Jogja Kembali

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!instagram.com/monjaliyogyakarta

Ada pula Monjali untuk menyebut Monumen Jogja Kembali, salah satu objek wisata pendidikan yang terletak di sebelah Ring Road Utara. Monumen berbentuk sangat unik dan khas menyerupai kerucut.

11. Jaim: Jalan Imogiri

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Instagram/samiran_jalanjalan

Selanjutnya ada Jaim atau Jalan Imogiri yang terletak di Kabupaten Bantul. Sepanjang jalur jalan ini melintasi bentang alam, pepohonan dan rumput hijau di sisi kanan dan kiri jalan. Jika kamu menuju kawasan hutan pinus Mangunan, pasti melewati jalan Imogiri ini.

12. Jawon: Jalan Wonosari

12 Singkatan Nama Jalan dan Lokasi di Jogja, Pendatang Pasti Bingung!Instagram/kux_kuz96

Ada pula Jawon atau Jalan Wonosari yang dilewati saat berkunjung ke Gunungkidul. Jalan ini yang menghubungkan Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Gunungkidul.

Masih banyak akronim nama jalan atau merujuk tempat yang digunakan di jogja. Kalau berniat tinggal cukup lama di Kota Gudeg ini, pastikan kamu menghafalkannya biar lebih mudah!

Baca Juga: Mengenal 7 Filosofi Keistimewaan Yogyakarta dan Maknanya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya