Comscore Tracker

3 Agenda Ritual Budaya Bantul akan Digelar saat Libur Akhir Pekan 

Ritual budaya di Bulan Suro terhenti selama 2 tahun akibat pandemik

Bantul, IDN Times - ‎Berwisata saat akhir pekan di Kabupaten Bantul, wisatawan bakal disuguhi berbagai tradisi kebudayaan warga Bumi Projotamansari yang rutin digelar setiap bulan Suro. Terdapat tiga agenda kegiatan budaya yang akan digelar di akhir pekan ini. Apa saja?  

1. Tradisi Kirab Siwur hingga Ngurah Enceh di Makam Raja Mataram di Imogiri‎

3 Agenda Ritual Budaya Bantul akan Digelar saat Libur Akhir Pekan Tradisi kirab siwur di Imogiri, Bantul.(Dok.Istimewa)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata, Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan beberapa hari depan terdapat beberapa kegiatan budaya yang digelar masyarakat yang sempat terhenti akibat pandemik.

Tradisi budaya pertama akan digelar pada Kamis (11/8/2022) dan Jumat (12/8/2022) di Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri. "Pada Kamis (12/8/2022) akan digelar Kirab Siwur yang dilaksanakan oleh masyarakat dan abdi dalem yang dimulai dari Lapangan Ndemi, Kapanewon Imogiri menuju Panjimatan, Komplek Makam Raja-Raja Mataram," ujar Markus, Rabu (10/8/2022). 

Siwur adalah gayung tradisional yang terbuat dari tempurung kelapa dan bambu sebagai tangkainya. Siwur diserahkan kepada perwakilan abdi dalem Keraton Yogyakarta dan Surakarta yang akan digunakan untuk proses nguras enceh atau gentong.

"Untuk Nguras Enceh akan dilaksanakan pada Jumat (13/8/2022) dimulai pukul 08.00 WIB," imbuh Markus.

2. Masyarakat Pantai Depok gelar ritual budaya sedekah laut atau pisungsung jaladri

3 Agenda Ritual Budaya Bantul akan Digelar saat Libur Akhir Pekan Upacara Sedekah Laut di Pantai Depok.(Dok.Istimewa)

Kegiatan budaya lainnya digelar besok Kamis (11/8/2022) warga di Pantai Depok bakal menggelar pisungsung jaladri atau sedekah laut. Acara ini juga sempat vakum selama dua tahun lamanya.

"Pisungsung jaladri di Pantai Depok ini dipastikan ramai sebab sudah dua tahun ini masyarakat di Pantai Depok tidak menggelar ritual tahunan ini," tuturnya.

Baca Juga: 11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen 

3. Di Pantai Parangkusumo terdapat Labuhan Honodento‎

3 Agenda Ritual Budaya Bantul akan Digelar saat Libur Akhir Pekan Tradisi Kirab Jodgang Gua Cerme.(Dok.Istimewa)

Sementara itu pada Sabtu (13/8/2022) di Kawasan Pantai Parangkusumo bakal digelar Labuhan Honodento yang rencananya diikuti oleh ratusan peserta. Acara Labuhan Honodento akan dimulai pukul 08.00 WIB, sedangkan pada Minggu (14/8/2022) pada pukul 09.00 WIB hingga selesai akan digelar tradisi Jodhangan Gua Cerme. Acara akan dimulai dari Terminal Srunggo menuju Pelataran Gua Cerme.

"Labuhan Honodento merupakan tradisi tahunan yang menarik perhatian wisatawan," tuturnya.‎

Baca Juga: Meriahnya Kirab Kenduri Ageng di Neco, Sabdodadi, Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya