Comscore Tracker

6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung Merapi

Ada camping ground sampai tempat ngopi!

Kegagahan Gunung Merapi sudah tersohor di seantero Indonesia. Dikenal sebagai salah satu gunung paling aktif, ternyata keindahannya jika dilihat dari kejauhan juga membuatnya banyak dipuji. 

Tak sulit untuk menemukan spot melihat Gunung Merapi terbaik di Jogja, seperti di 6 wisata alam berikut. Cocok buat healing dan cari ketenangan!

1. Tankaman Natural Park

6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung MerapiTankaman Natural Park (instagram.com/tankaman.kaliurang)

Tankaman Natural Park adalah spot baru menikmati alam Kaliurang. Berjarak kurang lebih 800 meter dari Tugu Udang, Kaliurang, lokasinya bisa terbilang hidden gems di ujung timur Kaliurang dan berada di lingkungan Hutan Rakyat Kaliurang.

Jika ingin melihat Gunung Merapi di Tankaman Natural Park, sebaiknya datang pagi-pagi dan dalam keadaan cerah. Saat itu kamu bisa memandang keindahan Merapi beserta dua perbukitan yaitu Bukit Plawangan dan bukit Kendil. Cocok juga untuk tempat mampir bagi pesepeda!

Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Bunker Kaliadem

6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung Merapibunker kaliadem (instagram.com/chssina)

Jadi saksi bisu kedahsyatan muntahan Gunung Merapi, Bunker Kaliadem memang menyisakan urban legend yang bikin merinding. Walau begitu, keindahan Merapi jika disaksikan dari spot satu ini tak bisa dipungkiri. 

Berada di ketinggian 2000 mdpl, kamu bisa menyaksikan langsung Gunung Merapi dari jarak setidaknya 5 km saja. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti aktivitas seru berupa jeep tour yang memacu adrenalin. 

Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Bungker Kaliadem Merapi: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

3. Plunyon Kalikuning

6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung Merapiplunyon kalikuning (instagram.com/sayyidatunnisa98)

Sebelum naik daun karena menjadi salah satu lokasi syuting film hits KKN di Desa Penari, Plunyon Kalikuning sudah terkenal dengan keindahannya sebagai jalur bersepeda dan melihat Gunung Merapi yang gagah. Pemandangan serba hijau bikin suasana di sini cukup syahdu, apalagi kalau datang pagi masih ada kabut yang menyelimuti. 

Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu Rp12 ribu per orang. Jaraknya dari kota juga tak terlalu jauh, yaitu berkisar 25 KM atau 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. 

Alamat: Kedungsriti, RT.01/RW.06, Umbulharjo, Kapanewom Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Nawang Jagad

6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung Merapinawang jagad (instagram.com/idanorman75)

Nawang Jagad adalah salah satu camping ground di Jogja yang menawarkan pemandangan Gunung Merapi. Dari pusat kota, perjalanan yang ditemput kurang lebih 50 menit atau dengan jarak 25 km, tak terlalu jauh 'kan?

Fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari toilet bersih, musala, dan tempat parkir yang luas. Selain bisa berkemah, kamu juga bisa bermain wahana ATV, jeep, sampai trail. Biaya tiket masuk jika tak mau menginap yaitu Rp10 ribu tapi kalau mau berkemah mulai dari Rp25 ribu per orang. 

Alamat: Padukuhan Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Baca Juga: Misteri Bungker 'Menangis' Kaliadem di Gunung Merapi

5. Bukit Klangon

6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung Merapibukit klangon (instagram.com/mala_sary23)

Bukit Klangon atau juga disebut dengan Bukit Indah Glagaharjo berada di ketinggian 1.100 mdpl. Tak usah heran kalau dari tempat wisata ini pemandangan Gunung Merapi begitu jelas, karena jaraknya pun hanya 4 KM. Namun kalau mau berfoto dengan lebih jelas, kamu bisa menaiki beberapa gardu pandang. 
Alih-alih sekadar berfoto, kamu bisa menjajal aktivitas lain seperti trekking dan bersepeda downhill. Suka berkemah? Nah, Bukit Klangonan juga menyediakan camping ground yang bisa disewa oleh siapa saja, termasuk kamu!
Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Kopi Merapi

6 Tempat Wisata di Jogja dengan View Terbaik Gunung Merapikopi merapi (instagram.com/oktvnindita_)

Jika tempat wisata sebelumnya banyak yang berupa camping ground, berbeda dengan Kopi Merapi yang tak lain adalah kafe yang berada di kaki Gunung Merapi. Tempatnya sederhana saja, tapi selalu ramai oleh wisatawan yang cari anget-anget buat disantap di tengah suasana sejuk Kaliurang. 

Kopi yang disajikan merupakan hasil dari petani kopi sekitar, loh. Rasanya pekat cocok untuk kamu yang doyan kopi hitam. Selain kopi, ada juga camilan berupa kacang rebus dan aneka gorengan sebagai teman bersantai menikmati alam terbuka. 

Alamat: Kepuharjo, Cangkringan, Petung, Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Di tengah padatnya Jogja dengan kendaraan dan bangunan-bangunan tinggi, menepi sejenak ke wisata alam akan memberikan pengalaman healing yang berbeda dan lebih menenangkan. Apalagi sambil menatap langsung Gunung Merapi, ah, kapan lagi bisa begitu?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Dekat Plunyon Kalikuning Sleman yang Lagi Viral

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya