Comscore Tracker

Bukit Ngisis, Kulon Progo: Lokasi, Tiket, dan Tips Berkunjung

Camping ground dengan view sunrise menawan di Jogja

Pernah dengar soal Bukit Ngisis di Kulon Progo? Tengah jadi wisata alam hits di Jogja, banyak yang menuju Bukit Ngisis buat healing sampai camping. Pasalnya, tempat ini masih begitu asri dan cuacanya juga segar terutama ketika pagi hari. 

Tak sekadar sajikan pemandangan menawan, tapi juga ada kebun teh yang tak kalah seru buat dituju. Apabila kamu berminat buat berkunjung ke sini, yuk, simak info lengkapnya mulai dari lokasi, harga tiket, sampai tips berkunjungnya di bawah ini!

1. Lokasi Bukit Ngisis

Bukit Ngisis, Kulon Progo: Lokasi, Tiket, dan Tips Berkunjungbukit ngisis, nglinggo (instagram.com/puncak9.bukitngisis)

Juga disebut dengan Bukit Isis, lokasinya ada di Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Dari Kota Jogja, jaraknya terbilang jauh yaitu 40 kilometer atau jika ditempuh dengan kendaraan bermotor akan memakan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit. 

Tempatnya ada di ketinggian dan berkelok jadi kamu perlu ekstra hati-hati menyusuri rutenya. Namun jalan sampai ke Bukit Ngisis sudah halus, jadi tetap nyaman buat dilalui. 

Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Rute menuju Bukit Ngisis

Rute menuju Bukit Ngisis cukup mudah diingat. Apabila kamu memulai perjalanan dari pusat kota, lanjutkan menuju arah Jalan Godean sejauh 2,4 kilometer dan belok kanan di Jalan Gedongan-Tempel dan melaju sejauh 8,5 km.

Sampai di pertigaan, belok kiri ke Jalan Daratan 3 sejauh 1,9 km, belok kanan sejauh 400 meter, belok kiri sejauh 1,7 km ke Jalan Kebon Agung. Nah, setelah 70 meter kemudian belok kanan, dan ikuti jalan sejauh 8,2 km. 

Dari situ kemudian belok kanan 400 meter ke Jalan Samigaluh-Loano, lalu belok kiri lalu melaju sejauh 5,2 km, belok kanan sejauh 190 meter, belok kanan lagi 450 meter, belok sedikit ke kanan 100 meter, lalu lurus 2,7 km dan kamu akan menemukan Bukit Ngisis tak jauh dari sana. 

Baca Juga: Puncak Segoro, Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

3. Harga tiket masuk di Bukit Ngisis

Bukit Ngisis, Kulon Progo: Lokasi, Tiket, dan Tips Berkunjungbukit ngisis, nglinggo (instagram.com/puncak9.bukitngisis)

Bukit satu ini memiliki pesona yang tak ditawarkan di tempat lain. Dikelilingi beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Merbabu, sampai Sindoro, pemandangan mahal akan kamu saksikan dari Bukit Ngisis. 

Meskipun begitu, tiket masuknya murah saj, yaitu Rp5 ribu per orang. Sementara jika berminat menginap, ditawarkan berbagai macam paket mulai dari Rp25 ribu untuk sewa tempat saja sampai Rp400 ribu dengan fasilitas tenda, matras, sleeping bag, dan mendapatkan 2 kali makan.

Selain berkemah, juga tersedia homestay glamping Puncak 9 yang cocok banget buat staycation sampai honeymoon pasangan yang ingin merasakan menginap di tempat yang langsung back to nature. Harga menginap di Glamping Puncak 9 mulai dari Rp400 ribu. Murah meriah!

4. Fasilitas di Bukit Ngisis

Bukit Ngisis, Kulon Progo: Lokasi, Tiket, dan Tips Berkunjungbukit ngisis, nglinggo (instagram.com/puncak9.bukitngisis)

Fasilitas di Bukit Ngisis terbilang lengkap. Mulai dari toilet bersih, tempat parkir luas dengan biaya Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp5 ribu untuk roda empat, juga restoran yang menyajikan aneka makanan khas rumahan dengan harga yang gak bikin kantong bolong.

Sementara camping ground di Bukit Ngisis bisa diisi sampai 100 tenda, loh. Namun alangkah baiknya kalau kamu reservasi lebih dulu supaya memastikan mendapat tempat terbaik.

Lebih berminat menginap di homestay glamping Puncak 9? Nah, tersedia empat standar room dan dua special room. Untuk fasilitas special room pengunjung akan mendapatkan sarapan, Wifi, air panas, dan bean bag.

5. Tips berkunjung ke Bukit Ngisis

Bukit Ngisis, Kulon Progo: Lokasi, Tiket, dan Tips Berkunjungbukit ngisis, nglinggo (instagram.com/puncak9.bukitngisis)

Banyak orang yang telah mengunjungi Bukit Ngisis mengatakan kalau jalannya tergolong sempit. Belum lagi banyaknya kelokan, tanjakan, dan turunan, jadi pastikan kamu datang dalam kondisi bugar dan sehat sehingga bisa mengendarai kendaraan dengan waspada dan tenang. Tak hanya itu, pastikan juga kendaraanmu dalam keadaan prima, jadi selama perjalanan pun aman juga nyaman. 

Jika ingin menginap baik di homestay atau berkemah, sebaiknya pantau laporan cuaca selama beberapa hari sebelumnya agar segala persiapan bisa dilakukan. Jika memang ingin datang untuk menyaksikan sunrise atau sunset, maka datang saat cuaca cerah. Namun jika tak ingin menginap, hindari pulang saat petang karena masih minimnya penerangan. 

Ada banyak pilihan berwisata di Jogja yang bisa kamu coba, salah satunya mengunjungi Bukit Ngisis di Kulon Progo ini. Fasilitas lengkap dengan pemandangan menakjubkan, rasanya sayang kalau dilewatkan. Yuk, jalan-jalan! 

Baca Juga: Puncak Widosari, Kulon Progo: Lokasi, Harga Tiket dan Tips Berkunjung

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya