Comscore Tracker

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai Fashion

Jangan sampai ketinggalan!

Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-266 akan dimeriahkan selama kurang lebih sepekan, pada tanggal 1--9 Oktober 2022. Akan ada 14 agenda acara HUT Kota Jogja yang sayang banget buat dilewatkan bagi kamu yang tinggal atau kebetulan akan menyambangi Jogja di awal bulan Oktober ini.

Dimulai pada tanggal 1 Oktober lalu, yaitu launching logo HUT Kota Jogja ke-266 dan pemasangan logo di Jembatan Kleringan. Selanjutnya pada tanggal 2 Oktober, acara yang berlangsung adalah Yogawes yang merupakan bersepeda berkeliling Kota Jogja dengan start dan finis di Balai Kota. Biar gak ketinggalan sisa acara lainnya, yuk, simak jadwalnya berikut ini!

1. Karnaval Pelajar (3-6 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionDok.IDN Times/istimewa

Mengutip dari laman Warta Jogjakota, diperkirakan agenda Karnaval Pelajar akan diikuti oleh 77.800 siswa yang terdiri terdiri dari siswa TK dengan 11.100 siswa, SD dengan 42.800 siswa, dan SMP dengan 23.900. Dalam karnaval tersebut, peserta akan memakai pakaian adat nusantara atau profesi yang rutenya ditentukan oleh kemantren masing-masing, dan seleas karnaval sekolah bebas mengadakan acara lainnya.

2. Sekar Rinonce (4 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai Fashionsekar rinonce (instagram.com/sanggarkinanti)

Sekar Rinonce adalah event pentas budaya yang menjadi wadah bagi para seniman untuk menyalurkan bakat dan membangkitkan memori kolektif di Jalan Malioboro. Rencananya, kegiatan ini akan diadakan mulai pukul 18.00.

3. Malioboro 1.000 Kelir (4 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionIlustrasi wayang (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Dipusatkan di Jalan Malioboro, Wayang 1000 Kelir akan menampilan 100 dalang cilik yang melakukan aksi flash mob yang rencananya akan diadakan pada pukul 16.00 WIB. Pengunjung juga akan disuguhi berbagai pertunjukkan, termasuk perkembangan wayang dalam media baru, yaitu wayang sinema.

Baca Juga: 13 Agenda Wisata Jogja Oktober 2022, Banyak Acara Hiburan!

4. Sekati ing Mall (5-9 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionPintu masuk Malioboro Mall Yogyakarta. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Digelar oleh Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, Sekati ing Mall akan mengajak 80 industri kecil menengah (IKM) di Kota Jogja. Mall yang dipakai untuk gelaran ini adalah Malioboro Mall, Galeria Mall, dan Lippo Plaza dan menghadirkan mulai bidang kuliner, kerajinan, dan fashion.

5. Rumaket (5 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionRumaket HUT Kota Jogja (instagram.com/emerentianatiar)

Rumaket atau Ruang Masyarakat untuk Ketemu, merupakan media untuk masyarakat dan pelaku seni untuk saling bertemu dan bersinergi dalam pengembangan nilai-nilai budaya, khususnya warisan budaya tak benda. Rumaket tahun 2022 akan diadakan di depan Kimia Farma Malioboro.

6. Peresmian Mal Pelayanan Publik (6 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionMPP Jogja (instagram.com/hamemayuonline)

Akan dimulai pada pukul 09.00 di Balaikota, HUT Kota Jogja ke-266 sekalian menjadi agenda peresmian MPP atau Mal Pelayanan Publik. Acara ini nantinya akan dihadiri oleh Menteri PAN-RB yaitu H. Abdullah Azwar Anas, M.Si.

7. Gebyar Pameran Foto dan Keris (6-9 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionFoto ilustrasi keris. (YouTube.com/Pusaka Keris Sepuh)

Buat kamu penikmat fotografi, akan ada Gebyar Pameran Foto dan Keris yang dilaksanakan di XT Square. Dalam pameran tersebut, akan hadir Paguyuban Pecinta Keris Kota Jogja dan salah satu keris yang akan dipamerkan antara lain Keris Pulanggeni peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono VII dan keris peninggalan era Singosari yang diperkirakan sudah berusia kurang lebih 800 tahun.

Baca Juga: 4 Keris Pusaka di Keraton Yogyakarta Ini Punya Nilai Sejarah Tinggi

8. Wayang Jogja Night Carnival (7 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionWayang Kapi-Kapi di Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #4 2019 di Tugu Pal Putih. (IDN Times/Holy Kartika)

Akan dimulai pada pukul 19.00 WIB di Jalan Jenderal Sudirman, Tugu, dan Jalan Margo Utomo, Wayang Jogja Night Carnival atau WJNC akan bertajuk wayang “Lokananta Arjuna Anugraha”. Selain bisa ditonton secara langsung di tiga lokasi tadi, kamu juga bisa menyaksikan secara streaming di Pemkot Jogja dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

9. Jogja Mandiri Fashion Day (8 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionIDN Times/Holy Kartika

Kapan lagi menyaksikan pedagang pasar, buruh gendong, sampai juru parkir dari komunitas pasar se-kota Jogja bergaya bak model? Di Jogja Mandiri Fashion Day yang akan diselenggarakan di Pasar Beringharjo mulai pukul 09.00 WIB.

10. Malam Apresiasi (9 Oktober)

10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai FashionTugu Jogja. (instagram.com/seno471)

Malam Apresiasi adalah agenda puncak dan terakhir dari HUT Kota Jogja ke-266. Acara tersebut akan digelar di Balaikota pukul 18.00 WIB. 

Itu dia 10 agenda HUT Kota Jogja ke-266 yang bisa kamu datangi mulai besok. Mulai dari kegiatan budaya, sajian kuliner, sampai acara fashion semua layak buat dikunjungi. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Baca Juga: 15 Pasangan Nikah Bareng di Malioboro, Maharnya Gudeg Kendil

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya