Comscore Tracker

Piknik di Desa Wisata Bromonilan: Info Lokasi, Rute, dan Tips

Nikmati air terjun sambil terapi ikan

Menghabiskan waktu liburan di desa, kamu akan merasakan alam yang masih asri dan keramahan warga desa. Di Sleman, terdapat Desa Wisata Bromonilan yang dikelola oleh warga setempat. 

Di tempat ini kamu akan disuguhi wisata alam berupa aliran Sungai Kuning dan wisata sungai yang asri dipenuhi pohon bambu. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di desa wisata yang disebut Dewa Bromo ini, seperti memancing dan bermain air. Yuk ikuti informasi desa wisata ini. 

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Piknik di Desa Wisata Bromonilan: Info Lokasi, Rute, dan TipsDesa Wisata Bromonilan (Instagram.com/dewabromo)

Lokasi: Desa Wisata Bromonilan terletak di Bromonilan, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman. 

Jam operasional: buka 24 jam

Harga tiket: Tiket masuk gratis

Tarif Parkir motor:  Rp3 ribu

2. Rute menuju Desa Wisata Bromonilan

Piknik di Desa Wisata Bromonilan: Info Lokasi, Rute, dan TipsDesa Wisata Bromonilan (Instagram.com/dewabromo)

Rute melalui Tugu Jogja:

Rute untuk menuju Dewa Bromo melalui Tugu Jogja, menuju ke arah timur hingga pertigaan Bandara Adisucipto. Kamu masih tetap melaju ke arah timur sekitar 300 meter, belok ke utara dengan arah menuju Candi Sambisari. 

Dari candi ini kamu menuju ke utara sekitar 5 kilometer hingga menemukan Kurnia Barbershop. Setelah itu ambil ke arah kiri atau barat kurang lebih 300 meter, setelah itu belok kanan atau ke utara sekitar 100 meter hingga menemukan pertigaan. Selanjutnya arahkan kendaraanmu belok kiri atau ke arah barat. Temukan Dewa Bromonilan yang hanya berjarak 300 meter. 

Baca Juga: Tankaman Natural Park: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjung

Baca Juga: 7 Aktivitas Seru di Desa Wisata Bejiharjo, Masuk Gua hingga Naik Jip  

3. Fasilitas yang tersedia

Piknik di Desa Wisata Bromonilan: Info Lokasi, Rute, dan TipsDesa Wisata Bromonilan (Instagram.com/wisatasleman)

Desa Wisata Bromonilan memiliki fasilitas penunjang yang bisa digunakan oleh wisatawan selama berwisata. Fasilitas yang tersedia di antaranya

  • Aula pertemuan
  • Panggung
  • Beberapa kolam ikan
  • Kuliner soto kalkun
  • Terapi ikan
  • Resto
  • Jogging track
  • Mobil gowes
  • Spot foto menarik dan lainnya

4. Kegiatan yang bisa dilakukan di Dewi Bromo

Piknik di Desa Wisata Bromonilan: Info Lokasi, Rute, dan TipsDesa Wisata Bromonilan (Instagram.com/dewabromo)

Saat berwisata ke Desa Wisata Bromonilan atau Dewa Bromo, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan edukatif yang menarik. Beribut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan:

1. Belajar kesenian Jawa

Di sini kamu bisa belajar menggunakan gamelan Jawa, jathilan, tari dan kesenian Jawa, jemparingan, membatik dan masih banyak lagi. Tersedia juga kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak yaitu melihat ternak sapi, kambing etawa, edukasi cara memelihara sapi, bermain di sawah, bermain air, renang, juga cara bertani. Sedangkan untuk orang dewasa dan orangtua bisa belajar membuat makanan seperti apem, sagon, keripik posol dan papaya.

2. Terapi Ikan di pinggir sungai

Salah satu hal menarik dari desa wisata ini adalah adanya terapi ikan, kamu bisa mencoba sensasi pijat alami dari ikan sambil menenangkan diri menikmati gemericik air terjun.

Terapi ikan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari menjaga kesehatan kulit, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan bekas luka, hingga membuat tidur lebih nyenyak.

3. Kuliner di Pari Sewu Resto

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam, di sekitar area wisata Bromonilan tersedia wisata kuliner yang nyaman dengan rasa makanan yang nikmat, namanya adalah restoran Pari Sewu. Resto ini tepat berada di atas sebelah timur jembatan aliran sungai kuning. Kamu bisa menyantap berbagai menu pilihan sembari menikmati pemandangan yang asri dan sejuk.

Ada juga pilihan tempat makan di sebuah rumah pohon dengan pemandangan air terjun Kali Kuning. Salah satu menu andalan adalah Ayam Jembar seharga Rp20 ribu, lengkap dengan lalap. Menu minumannya tersedia berbagai pilihan mulai dari teh, kopi, susu, dan es beras kencur. Resto ini di desain dengan gaya tradisional dengan sentuhan kekinian sehingga kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik.

5. Tips seru selama berwisata

Piknik di Desa Wisata Bromonilan: Info Lokasi, Rute, dan TipsDesa Wisata Bromonilan (Instagram.com/dewabromo)

Bagi kamu yang ingin berwisata dan menjelajahi keindahan dari Dewa Bromo ini, berikut beberapa tips agar liburanmu lebih seru dan menyenangkan:

  • Datanglah saat cuaca cerah dan hindari saat mendung atau hujan untuk bisa melakukan berbagai aktivitas 
  • Selalu gunakan sunscreen saat di luar ruangan
  • Jika ingin bermain air, usahakan untuk menyiapkan pakaian 

Berwisata ke desa wisata menjadi hal yang menarik untuk dilakukan, selain menikmati pemandangan yang masih asri, kamu bisa banyak hal baru. Dijamin liburanmu akan berkesan dan menyenangkan!

Baca Juga: 9 Desa Wisata di Yogyakarta yang Asyik untuk Liburan

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya