Comscore Tracker

Pantai Watu Kodok: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburan

Surga tersembunyi di Gunungkidul, nih!

Gunungkidul selalu menghadirkan pantai-pantai yang memukau. Salah satunya yang memesona adalah Pantai Watu Kodok. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang berwarna biru yang membuat pantai ini tampak eksotis. Selain itu, pantai ini juga memiliki batu karang terjal yang menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri dari pantai ini.

Karena masih baru, pantai ini terbilang masih sangat alami dan asri untuk dikunjungi. Sehingga, cocok untuk menghabiskan liburan bersama teman atau keluarga. Sebelum kamu berlibur ke Pantai Watu Kodok, yuk, simak informasi terkait tempat wisata yang mungkin bisa kamu jadikan panduan untuk berliburmu di bawah ini!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Watu Kodok: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanPantai Watu Kodok (Instagram.com/_felitandtys)

Lokasi: Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: Buka 24 jam.

Harga tiket: Rp5 ribu.

2. Rute menuju Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanPantai Watu Kodok (Instagram.com/pramataays05)

Rute menuju Pantai Watu Kodok dari Titik 0 Yogyakarta:

Melalui Jalan Malioboro ke selatan–Menuju Jalan Imogiri Barat–Jalan Imogiri Siluk–Jalan Siluk Panggang–Jalan Raya Panggang Wonosari–Jalan Pantai Selatan Jawa–Jalan Watu Kodok–Pantai Watu Kodok.

Jarak dari Pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Watu Kodok sekitar 60 km atau  1 jam 45 menit jika ditempuh dengan kendaraan.

Baca Juga: Pantai Ngandong Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

3. Fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanPantai Watu Kodok (Instagram.com/indozonetravel)

Walaupun masih jarang diketahui karena lokasinya yang tersembunyi, Pantai Watu Kodok memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk digunakan pengunjung. Terdapat berbagai fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman, di antaranya:

  • Gazebo untuk beristirahat
  • Tempat atau warung makan
  • Persewaan tikar
  • Kamar mandi dan toilet umum
  • Area parkir yang luas
  • Musala
  • Penginapan dan vila
  • Area camping dan masih banyak lagi

Dengan beragam fasilitas tersebut, Pantai Watu Kodok tentu menjadi tempat yang pas untuk liburanmu bukan?

4. Daya tarik Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanPantai Watu Kodok (Instagram.com/wisatapantaigunungkidul)

Sebelum memutuskan untuk berlibur di Pantai Watu Kodok, yuk, cari tahu daya tarik apa saja yang ditawarkan pantai ini untuk wisatawan!

1. Dua batu karang yang menjadi ikon pantai

Pantai Watu Kodok memiliki dua batu karang yang berbentuk menyerupai kodok di sisi timur dan barat pantai. Dua batu karang ini juga menjadi daya tarik sekaligus ikon dari Pantai Watu Kodok itu sendiri.

2. Spot foto yang instagramable

Pantai Watu Kodok memiliki berbagai spot foto yang menarik. Menyuguhkan pemandangan laut yang memukau, pantai ini juga memiliki tebing dan batu karang di tepi pantai yang cocok untuk berfoto. Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat banyak pohon cemara udang dan pandan laut yang juga sering dijadikan spot foto estetik para pengunjung.

3. Area camping

Walaupun memiliki banyak akses ke penginapan sekitar, mengunjungi Pantai Watu Kodok kurang rasanya jika tidak sekaligus berkemah. Pantai Watu Kodok memiliki area camping yang luas dan banyak di gemari wisatawan. Dengan berkemah di sini, kamu bisa melihat sunrise sekaligus sunset yang memukau dari sisi pantai. 

4. Hidden gem

Pantai Watu Kodok bisa dikatakan menjadi salah satu hidden gem pantai di Gunungkidul. Area di pantai ini bisa dikatakan masih sepi pengunjung dan sering disebut sebagai surga tersembunyi di Gunungkidul. Hal ini dikarenakan akses jalan masuk menuju pantai ini yang tidak memungkinkan bus pariwisata untuk masuk area pantai.

Jalannya hanya cukup dilalui satu mobil dan kendaraan bermotor. Namun, kondisi ini justru membuat alam Pantai Watu Kodok menjadi terjaga dari hiruk pikuk wisatawan. Sehingga cocok untuk tempat liburan bersama kelurga dan teman-temanmu.

5. Mempunyai private resort 

Pantai Watu Kodok juga mempunyai private resort yang mengangkat tema natural. Resort ini bernama Villa Watu Kodok. Villa ini dibangun di atas bukit-bukit kecil yang mengelilingi pantai Watu Kodok dan memiliki konsep bangunan Joglo atau limasan di padukan. Konsep vila tersebut sangat cocok dengan lingkungan alam sekitar Pantai Watu Kodok sehingga nyaman untuk ditinggali. 

6. Kuliner seafood di sekitar pantai

Seperti pantai-pantai pada umumnya, Pantai Watu Kodok juga memiliki beberapa warung yang menyediakan berbagai macam aneka kuliner seperti ikan dan seafood dengan berbagai macam olahan yang nikmatnya menggugah selera. Selain itu, kuliner di sekitar Pantai Watu Kodok memiliki harga yang tidak terlalu mahal sehingga tidak akan menguras kantong.

5. Tips liburan seru

Pantai Watu Kodok: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips LiburanPantai Watu Kodok (Instagram.com/khuwarizmy)

Buat kamu yang tertarik untuk berlibur ke Pantai Watu Kodok yang ada di Gunungkidul ini, berikut ini ada beberapa tips untuk liburan agar lebih seru dan menyenangkan!

  • Datanglah saat cuaca cerah untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitar pantai
  • Hindari saat cuaca mendung ataupun hujan karena jalan menuju pantai akan menjadi licin dan pemandangan saat hujan tidak begitu bagus
  • Pakailah busana dan alas kaki yang nyaman
  • Jangan lupa gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari 
  • Agar liburanmu lebih berkesan, jangan lupa bawalah kamera untuk mengabadikan momen di Pantai Watu Kodok
  • Jika kamu berencana untuk berkemah, jangan lupa untuk mempersiapkan peralatannya ya!

Liburan di pantai menjadi salah satu kegiatan seru yang banyak dilakukan di hari libur. Oleh karena itu, jika kamu memiliki waktu luang cobalah untuk berlibur ke pantai, salah satunya Pantai Watu Kodok ya. Selamat berlibur!

Baca Juga: Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga dan Tips Liburan

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya