Comscore Tracker

Pantai Kayu Arum Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Kamu bisa merasakan sensasi liburan bak di private beach

Gunungkidul memang banyak memiliki deretan pantai yang indah nan eksotis. Mulai dari pantai populer seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, hingga pantai tersembunyi seperti Pantai Kayu Arum.

Masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang Pantai Kayu Arum, walaupun sebenarnya pantai ini berada tak jauh dari Pantai Baron, tepatnya di sebelah barat Pantai Baron. Pantai Kayu Arum ini terlihat kecil namun memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Buat kamu yang sudah penasaran, berikut ini informasi terkait destinasi wisata Pantai Kayu Arum di Gunungkidul, mulai dari lokasi, harga tiket, hingga tips berkunjung.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Kayu Arum Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Kayu Arum Gunungkidul (Instagram.com/wachidab)

Lokasi: di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional: buka 24 jam

Harga tiket: Rp10 ribu

  • Parkir motor Rp3 ribu
  • Parkir mobil Rp5 ribu

2. Rute menuju lokasi

Akses untuk menuju Pantai Kayu Arum bisa kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Namun biasanya kendaraan pengunjung akan diparkir di Baron Technopark dan untuk menuju Pantai Kayu Arum pengunjung mesti harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Jika melalui rute Yogyakarta kamu bisa melewati Ringroad Ketandan – Perempatan Sampaan – Piyungan – Bukit Bintang – Pasar Buah Sambipitu – Hutan Bunder – Perempatan Gading. Kemudian jika bertemu pertigaan Udara belok kiri menuju Wonosari – Pemda Wonosari – Pasar Wonosari – Petigaan sebelum Polres ke kanan – Jalan Baron – Karangrejek – Mulo – Kemiri. Lalu dilanjutkan dengan menuju ke Kemadang hingga pasar lurus menuju tempat pemungutan retribusi.

Jika kamu sudah sampai di pertigaan sebelum Pantai Baron, kamu bisa mengambil jalan dengan belok kanan lalu masuk ke arah Pantai Parang Racuk (Baron Technopark) dan akan sampai ke Pantai Kayu Arum.

Baca Juga: Pantai Porok Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga, dan Tips Liburan

3. Fasilitas yang tersedia

Pantai Kayu Arum Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Kayu Arum Gunungkidul (Instagram.com/ponkge_)

Pantai Kayu Arum menjadi destinasi wisata pantai baru di Gunungkidul. Sehingga membuat pantai ini masih minim akan fasilitas yang tersedia. Namun tetap ada beberapa fasilitas pendukung wisata yang bisa di nikmati seperti:

  • Area parkir kendaraan
  • Spot memancing
  • Kamar mandi
  • Area camping
  • Spot foto menarik

4. Keindahan yang ditawarkan Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Kayu Arum Gunungkidul (Instagram.com/dwirustanti225)

Jika kamu mencari pantai dengan suasana tenang dan pemandangan yang indah, Pantai Kayu Arum bisa menjadi rekomendasinya. Di pantai ini kamu akan disuguhkan dan dimanjakan dengan pesona alam yang masih asri dengan hamparan pasir yang putih lembut dan bersih. Selain itu, terdapat juga bukit dan batuan karang di sisi kanan dan kiri pantai yang menjadikan pantai ini semakin terasa eksotis dengan air laut yang kebiruan.

Batuan karang tersebut memiliki pemandangan yang indah dan estetik sehingga bisa digunakan sebagai spot foto bagi para pengunjung. Disisi lain, Pantai Kayu Arum juga cocok bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing. Ada banyak jenis ikan yang berukuran kecil hingga besar di laut dekat pantai yang bisa dipancing lho, namun pengunjung harus membawa alatnya sendiri dari rumah karena tidak ada penyewaan di sekitar pantai.

5. Tips liburan seru

Pantai Kayu Arum Gunungkidul: Info Lokasi, Harga Tiket, dan TipsPantai Kayu Arum Gunungkidul (Instagram.com/jogjatour)

Buat kamu yang ingin mencoba keseruan liburan di Pantai Kayu Arum ini, berikut beberapa tips liburan agar lebih seru dan menyenangkan!

  • Waktu terbaik untuk datang adalah di pagi ataupun sore hari karena cuacanya tidak begitu terik.
  • Sebelum berangkat, pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan fit, karena untuk menuju Pantai Kayu Arum diperlukan trekking dengan berjalan kaki melewati hutan.
  • Karena pantai ini masih tergolong sebagai pantai baru, ada baiknya untuk menyiapkan perbekalan yang cukup.
  • Bawa perlengkapan pribadi dan P3K untuk berjaga-jaga jika terdapat kondisi darurat.
  • Pakailah sunscreen dan bawalah kacamata agar bisa terlindungi dari paparan sinar matahari.
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan gunakan alas kaki yang tidak licin. Siapkan pakaian ganti jika kamu ingin bermain air ataupun berkemah.
  • Jangan lupa untuk mengabadikan momen berhargamu di Pantai Kayu Arum dengan berfoto di spot terbait pantai ini.
  • Agar liburanmu lebih seru, ajaklah teman dan keluargamu ya!

Itulah informasi terkait Pantai Kayu Arum di Gunungkidul yang merupakan pantai baru namun menyuguhkan keindahan bak seperti di private beach. Selamat berlibur!

Baca Juga: Catat Agenda Wisata Desember 2022 di Jogja, Ada Festival Oleh-oleh 

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya