Comscore Tracker

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Memukau

Pesona dan keindahannya akan membuatmu betah!

Kulon Progo adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan beragam pesona alam, budaya, dan kearifan lokal yang unik dan terjaga keasriannya. Desa wisatanya menyajikan beragam atraksi wisata yang mengusung konsep menarik, hingga tempat wisata yang menyenangkan.

Berikut terdapat beberapa rekomendasi desa wisata di Kulon Progo dengan beragam konsep menarik yang bisa kamu jadikan sebagai tempat berlibur!

1. Desa Wisata Tinalah

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MemukauDesa Wisata Tinalah (Instagram.com/kintanprestania)

Desa Wisata Tinalah atau yang biasa disebut juga sebagai Dewi Tinalah merupakan pintu masuk wisata di Samigaluh, Kulon Progo. Desa wisata ini mengusung konsep alam dan budaya dengan menampilkan keindahan alam yang memesona.

Di sini, terlihat deretan Pegunungan Menoreh dan aliran Sungai Tinalah yang berkelok-kelok dari Puncak Kleco dan Area Goa Sriti. Kamu juga bisa menikmati pemandangan sambil bersantai dan berfoto.

Selain itu, Dewi Tinalah menyediakan paket wisata di mana pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan dan berinteraksi dengan alam sekitar dan masyarakat setempat. Paket wisata yang bisa kamu dapatkan di antaranya adalah menginap di Joglo Wiguna dan Omahku, menginap bersama alam, menginap di rumah Joglo, outbound, berkemah, Tinalah Tubing, malam keakraban (makrab), family and community gathering, Tinalah Tracking, menyusuri Sungai Tinalah, Joglo Meeting Room, Live in, dan Kleco Top View.

Lokasi: Jl. Persandian Km 5, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DIY. 

Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo, Asrinya Kulon Progo dari Ketinggian

2. Desa Wisata Purwosari

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MemukauDesa Wisata Purwosari (Instagram.com/dewipurijogja)

Desa Wisata Purwosari menawarkan berbagai spot wisata alam menarik yang wajib untuk kamu coba. Salah satu yang favorit di desa ini adalah wahana Ayunan Langit Watujaran. Kamu bisa merasakan sensasi berayun di atas ketinggian 850 mdpl dengan pemandangan eksotik yang menawan. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan pemandangan susur Gua Kidang Kencana serta curug dan kedung, lho.

Selain Wahana Ayuna Langit Watujaran, Desa Wisata Purwosari juga memiliki berbagai obyek wisata yang juga menjadi daya tarik dari desa ini, seperti Gua Kidang Kendang, Curug Glimpang, Kedung Ratmi, Kedung Benho, Curug Gandhu, Penyerbuan Salak, membuat gula aren, tempat untuk memerah susu kambing Peranakan Etawa, hingga Workshop kesenian angguk.

Dengan semua objek wisata di atas, dijamin kamu bakalan betah berlama-lama di desa ini. Selain itu, Desa Wisata Purwosari juga menyediakan homestay untuk wisatawan yang ingin menginap lho!

Lokasi: Sebrangkidul, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, DIY

3. Desa Wisata Nglinggo 

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MemukauDesa Wisata Nglinggo (Instagram.com/explorer.idn)

Desa Wisata Nglinggo merupakan desa wisata di Kulon Progo dengan konsep perkebunan teh. Wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset di perkebunan teh dengan suasana seperti sedang berada di puncak.

Desa wisata ini memiliki pemandangan yang begitu menawan yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Hal ini dikarenakan Desa Wisata Nglinggo masih berada di satu kawasan yang sama dengan objek wisata Puncak Suroloyo.

Selain itu, wisatawan yang datang ke Nglinggo juga dapat belajar pertanian, peternakan kambing, dan seni seperti belajar menari lengger, jathilan, membuat topeng, hingga membatik.

Lokasi: Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

4. Desa Wisata Banjarasri

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MemukauDesa Wisata Banjarasri (Instagram.com/desawisatabanjarasri)

Desa wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Kulon Progo adalah Desa Wisata Banjarasri atau biasa disebut juga dengan Dewi Asri. Terletak di kawasan Pegunungan Menoreh ujung barat, di sini kamu dapat menikmati suasana alam yang menyegarkan, belajar menjadi petani, bermain di desa, menikmati aneka permainan air, memancing, dan belajar wisata sejarah. 

Selain itu, Desa Wisata Banjarasri juga memiliki berbagai wahana permainan yang tidak boleh dilewatkan seperti kegiatan paralayang. Wahana ini didampingi oleh profesional sehingga keamaannya terjamin.

Lokasi: Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, DIY.

Baca Juga: Uniknya Pantai Trisik Kulon Progo: Rute, Lokasi dan Tips Liburan

5. Desa Wisata Banjaroya 

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MemukauDesa Wisata Banjaroya (Instagram.com/dewabaraa)

Desa Wisata Banjaroya (Dewa Bara) terletak di lereng perbukitan Menoreh. Kamu bisa menikmati berbagai kegiatan mulai dari bersepeda keliling pedesaan menuju Embung Tonegoro, Bendung Ancol, makam Nyi Ageng Serang, tracking ke Menoreh, belajar seni tradisi, belajar pertanian dan peternakan hingga membuat olahan makanan tradisional.

Desa Wisata Banjaroya memiliki kegiatan-kegiatan yang menarik di beberapa bulan tertentu. Seperti halnya pada saat musim durian, di desa ini akan diadakan Festival Durian yang bertempat di Rest Durian Menoreh Kuning merupakan durian unggulan desa ini. Jika kamu beruntung, kamu bisa ikut serta menikmati berbagai olahan durian di festival ini!

Lokasi: Jl. Sentolo Muntilan Km 26 Slanden, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo, DIY.

6. Desa Wisata Jatimulyo

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MemukauDesa Wisata Jatimulyo (Instagram.com/desamandiribudayajatimulyo)

Desa Wisata Jatimulyo merupakan salah satu yang populer di Kulon Progo. Desa ini memiliki pemandangan benteng alam karst Menoreh dengan tebing-tebing indah di Gunung Kelir.

Desa ini juga masih terdapat potensi sosial budaya yang masih kuat yang tetap dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setempat. Salah satunya adalah pada setiap bulan Sapar, di Desa Wisata Jatimulyo ini akan diadakan upacara adat yang sarat dengan kearifan lokal yang dilakukan oleh Merti Dusun Jatimulyo.

Selain masih kental dengan budaya dan adat, terdapat pula potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi ketika berkunjung di desa ini. Kamu bisa menelusuri Gua Kiskendo, berkemah di arena camping ground yang telah disediakan, serta menyaksikan pemandangan indah bukit pinus. Di sisi lain, kamu juga bisa melihat laut selatan dari atas Gunung Lanang yang terletak bersebelahan dengan gua ini.

Desa Wisata Jatimulyo juga memiliki beberapa wisata air terjun seperti Grojogan Sewu, Kembang Soka, Kedhung Pedhut, dan Taman Sungai Mudal. Desa Wisata Jatimulyo juga menyediakan beberapa paket wisata menarik dengan berbagai kegiatan menarik seperti susur gua, Sumitro cave tubing, paket jelajah alam (tracking, birdwatching, geotours), Paket Camping dan Safari Malam, dan Paket Agrowisata salak.

Lokasi: Sekretariat Desa Wisata, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

7. Desa Wisata Sermo

7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang MemukauDesa Wisata Sermo (Instagram.com/jogjascenery)

Desa Wisata Sermo merupakan salah satu wisata yang berada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo. 

Desa ini memiliki waduk terbesar di Kulon Progo yang bernama Waduk Sermo, salah satu daya tarik utama dari desa ini. Di waduk ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti berkeliling dengan perahu, menikmati asrinya keindahan alam Waduk Sermo, berfoto, hingga bersepeda di sekitar waduk.

Saat musim kemarau pengunjung bisa menggunakan area sekitar Waduk Sermo untuk kegiatan berkemah maupun untuk outbound. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar membuat berbagai kuliner khas Kulon Progo seperti gula jawa, ikan crispy, serta makanan tradisional seperti geblek, tape, dan apem.

Alamat: Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DIY.

Berkunjung ke tempat wisata dengan suasana alam yang indah tentu akan menjadikan liburanmu lebih menyenangkan. Jika kamu penat dengan suasana kota dan hiruk pikuknya, berlibur di desa wisata dapat menjadi solusi terbaik untuk menyegarkan pikiran. Selamat berlibur!

Baca Juga: Taman Sungai Mudal: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya