Comscore Tracker

Begini Cara Mudah Cek Sebaran COVID-19 di Yogyakarta Lewat Ponsel

Bisa melihat jumlah positif Corona di sekitar tempat tinggal

Hingga saat ini pasien yang positif COVID-19 di DI Yogyakarta total sudah berjumlah 5 orang. Masyarakat pun diharapkan untuk tidak panik dan tetap waspada.

Agar masyarakat mengetahui persebaran virus corona di Yogyakarta, Pemerintah DIY membuat sebuah aplikasi berbasis web yang bisa diakses dengan mudah melalui ponsel. Aplikasi berbasis web ini bisa diakses melalui link sebaran-covid19.jogjaprov.go.id.

Baca Juga: Satu PDP COVID-19 di Yogyakarta Meninggal Dunia

1. Aplikasi memanfaatkan GPS ponsel untuk memberi informasi data persebaran virus

Begini Cara Mudah Cek Sebaran COVID-19 di Yogyakarta Lewat PonselTampilan data sebaran Covid-19 menggunakan scanner GPS - Sebaran-covid19.jogjaprov.go.id

Setelah masuk ke dalam link website tersebut, pengguna akan diarahkan untuk memilih dua menu untuk mengatur area scanner

Jika pengguna memilih 'SCAN DENGAN LOKASI ANDA', maka aplikasi ini akan memanfaatkan fitur Lokasi (GPS) pada ponsel yang mendeteksi posisi pengguna untuk memperlihatkan seberapa banyak data penyebaran Covid-19 di sekitar pengguna. Pastikan kamu sudah menghidupkan fitur Lokasi di ponsel jika memilih menu ini.

Aplikasi akan memberikan informasi berapa jumlah data pasien positif terkena Covid-19, orang dalam pengawasan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP) dengan radius yang bisa dipilih, meliputi radius 3 km, 5 km, dan 7 km.

Gambar peta yang muncul adalah peta di mana lokasi pengguna mengakses web, bukan peta penyebaran Covid-19, karena aplikasi ini hanya menampilkan data berupa angka saja tanpa memperlihatkan peta penyebaran kasus Covid-19 di wilayah sekitar pengguna mengakses. 

2. Selain menggunakan fitur Lokasi, juga bisa dengan memasukkan kode pos

Begini Cara Mudah Cek Sebaran COVID-19 di Yogyakarta Lewat PonselSebaran-covid19.jogjaprov.go.id

Jika menekan tombol 'SCAN DENGAN KODE POS' maka aplikasi berbasis web ini akan mengarahkan pengguna untuk mengisi kode pos di Yogyakarta. Setelah pengguna mengisinya, maka hanya akan muncul data jumlah pasien positif COVID-19, ODP, dan PDP tanpa peta penyebaran dan tanpa peta lokasi seperti saat menggunakan scanning GPS. Di bagian bawah terdapat data nama Kecamatan dari kode pos yang dimasukkan dan total penduduk di wilayah tersebut.

3. Data penyebaran bersumber dari web corona.jogjaprov.go.id

Begini Cara Mudah Cek Sebaran COVID-19 di Yogyakarta Lewat PonselPeta penyebaran Covid-19 di Yogyakarta - Corona.jogjaprov.go.id

Aplikasi ini sebenarnya adalah versi yang lebih ringkas untuk memfilter data penyebaran corona berdasarkan wilayah yang lebih sempit dan hanya menampilkan data berupa angka saja, yang bersumber dari web yang sebelumnya sudah dirilis Pemerintah DI Yogyakarta, yaitu corona.jogjaprov.go.id/map-covid-19-diy.

Web corona.jogjaprov.go.id/map-covid-19-diy memperlihatkan peta penyebaran COVID-19 di seluruh Yogyakarta melalui gambar yang ditandai dengan marker berwarna merah muda yang menandakan pasien sembuh, kuning menandakan pasien positif COVID-19, biru menandakan PDP, dan hijau menandakan ODP, dengan catatan bahwa marker tidak menunjukkan alamat persis pada masing-masing kasus.

Sehingga bisa disimpulkan kedua website ini saling melengkapi untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang kasus COVID-19 di Yogyakarta. Tetap waspada, ya!

Baca Juga: UGM Lockdown Seluruh Kegiatan di Lingkungan Kampus

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya