Gudang Kayu di Yogyakarta Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Diduga api berasal dari obat nyamuk bakar

Yogyakarta, IDN Times - Sebuah gudang kayu di Jogokariyan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta ludes dilalap api, Kamis (8/6/2023). Akibatnya, sang pemilik harus menderita kerugian hingga ratusan juta rupiah.

1. Endus bau api

Gudang Kayu di Yogyakarta Terbakar, Kerugian Ratusan Juta RupiahKebakaran gudang kayu di Jogokariyan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. (Dok. Humas Polresta Yogyakarta)

Kasi Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja mengatakan, kebakaran yang melanda gudang milik Budi Setyowati (47) ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Awal mula peristiwa diketahui oleh salah seorang tetangga korban.

Saksi, kala itu bermaksud mengambil sepeda motor yang berada di belakang rumah korban, sebelum mengendus bau api dan mendengar suara kayu terbakar.

"Selanjutnya, saksi mencari sumber suara dan bau itu, lalu kedapatan gudang kayu dan tempat tinggal milik korban kebakaran. Kemudian saksi lari ke depan meminta pertolongan warga sekitar," jelas Timbul, Kamis siang.

2. Diduga gara-gara obat nyamuk

Gudang Kayu di Yogyakarta Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiahilustrasi obat nyamuk (unsplash.com/Ronald Langeveld)

Timbul melanjutkan, salah seorang saksi lalu menghubungi pihak kepolisian serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta. Setelahnya, dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan si jago merah yang terus membesar.

Upaya pemadaman membuahkan hasil dan api pun berhasil dijinakkan. Hasil pemeriksaan sementara, api diduga muncul karena faktor kelalaian.

"Diperkirakan penyebab kebakaran karena kelalaian penggunaan obat nyamuk (bakar)," beber Timbul.

Baca Juga: Pemilik Unit Apartemen MCR Demo Tuntut Kejelasan SHMSRS

3. Rugi ratusan juta

Gudang Kayu di Yogyakarta Terbakar, Kerugian Ratusan Juta RupiahKebakaran gudang kayu di Jogokariyan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. (Dok. Humas Polresta Yogyakarta)

Akibat peristiwa ini, kerugian yang diderita pemilik gudang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Kerugian akibat kebakaran itu satu sertifikat tanah seluas 300 meter persegi di Pundong Bantul hangus dan uang tunai Rp2 juta hangus," kata Timbul.

Adapun kerugian lainnya berupa kayu jati joglo tua seharga Rp50 hingga Rp100 juta yang ikut hangus dilalap api.

Baca Juga: Gegara Bakar Sampah Bus Maju Lancar Ludes Terbakar 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya