Comscore Tracker

Terbanyak se-DIY, 100 Ribu Orang di Sleman Sudah Divaksinasi

Angka tersebut baru 10 persen dari jumlah penduduk Sleman

Sleman, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman hingga saat ini sudah memberikan vaksinasi COVID-19 kepada 100 ribu sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo mengungkapkan, jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan penduduk di Kabupaten Sleman, kira-kira baru sekitar 10 persen yang divaksinasi. Namun demikian, jika dibandingkan dengan data se-DIY, jumlah sasaran di Sleman yang sudah divaksinasi menduduki urutan pertama.

"Untuk sementara total keseluruhan di Sleman paling tinggi se-DIY. Seluruh Sleman sekarang sudah 100 ribu mulai dari nakes, sampai sekarang ini. Dibandingkan penduduknya 1,1 juta ya kira-kira kurang lebih baru 10 persen," ungkapnya pada Senin (5/4/2021).

Baca Juga: Dapat Kiriman, Dinkes Sleman Tancap Gas Vaksinasi Massal Pelaku Wisata

1. Vaksinasi guru sudah capai 80 persen

Terbanyak se-DIY, 100 Ribu Orang di Sleman Sudah DivaksinasiIlustrasi vaksinasi COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Joko mengungkapkan, hingga saat ini kriteria sasaran yang sudah divaksinasi meliputi SDM kesehatan, guru/dosen dan tenaga pendidik, ASN, TNI, Polri, wartawan, lansia, calon haji lansia, pelaku wisata dan transportasi umum.

Untuk guru/dosen dan tenaga kependidikan sendiri, hingga saat ini sudah mencapai 80 persen.

"Guru 80 persen, total jumlah bertambah terus. Kalau di kurangi yang dosen, kita jumlahnya hanya 20.000 dan itu sudah tervaksin 13.000, karena dosen juga masuk tenaga pendidik, jadi persenan menjadi kecil," katanya.

Menurut Joko, sebenarnya vaksinasi bagi guru dan tenaga kependidikan ini ditargetkan selesai pada Bulan Maret. Namun, lantaran kapasitas vaksinasi di puskesmas yang terbatas, pihaknya memperkirakan vaksinasi ke guru dan tenaga kependidikan akan selesai sebelum puasa.

2. 16.500 lansia sudah divaksinasi

Terbanyak se-DIY, 100 Ribu Orang di Sleman Sudah DivaksinasiIlustrasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Selain guru, di Kabupaten Sleman ada belasan ribu lansia yang sudah divaksinasi dosis pertama. Dari total 44.170'an lansia, sudah ada 16.500'an yang sudah divaksinasi. Sementara itu, lansia yang sudah menerima vaksinasi dosis kedua ada 273 orang.

"Lansia sementara yang terdaftar 44.170'an. Yahh sudah 16.500'an. Jadi ya kira-kira baru 30 persen untuk dosis pertama. Dosis kedua baru 273, karena vaksinasi baru 16 Maret, 4 minggunya kan masih awal-awal ini," terangnya.

3. Calon haji lansia sudah terima vaksinasi

Terbanyak se-DIY, 100 Ribu Orang di Sleman Sudah DivaksinasiIlustrasi Penyuntikan Vaksin. ANTARA FOTO/Soeren Stache/Pool via REUTERS

Selain data di atas, calon haji lansia di Kabupaten Sleman juga sudah divaksinasi. Untuk total calon haji lansia ini ada sekitar 448 orang, di mana dalam pelaksanaan vaksinasi dilakukan di 4 RS, meliputi bagian Timur di RS PDHI Kalasan, Tengah di RS Sakina Idaman, Barat di RS Atturots, Utara di RS Puri Husada.

"Calon haji lansia sudah  448, yang produktif belum. Kita kerja sama dengan empat RS. Sudah selesai dalam satu hari," paparnya.

Berkenaan dengan pelaksanaan vaksinasi pada saat puasa, Joko menyebutkan jika hal tersebut sangat bergantung pada ketersediaan vaksin. Namun dia menggarisbawahi jika SDM kesehatan siap untuk memberikan vaksinasi di bulan puasa.

Baca Juga: Ribuan Pelaku Wisata di Sleman Divaksinasi Massal secara Drive-Thru

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya