Comscore Tracker

Sudah Siap, Disdik Sleman Tunggu Aba-aba untuk Gelar PTM

Laporan kesiapan PTM sudah di tangan Bupati

Sleman, IDN Times - Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman telah mengirimkan nota dinas ke Bupati Sleman terkait kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana menjelaskan, secara umum PTM di Sleman telah siap dilaksanakan. 

"Nota dinas sudah kami kirim tadi. Terus akhirnya kami matur ke Bupati intinya kami sudah siap. Nota dinas juga sudah kami lampiri bagaimana persyaratan sekolah ada semuanya. Sudah kami komunikasikan juga ke sekolah," ungkapnya pada Rabu (15/9/2021). 

Baca Juga: PPKM Level 3, Sekolah di Sleman Diminta Siap-Siap Jalani PTM

1. Bagi yang tidak diizinkan orangtua tetap diperkenankan daring

Sudah Siap, Disdik Sleman Tunggu Aba-aba untuk Gelar PTMIlustrasi belajar daring dari rumah (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Menurut Ery, dilihat dari syarat yang ada, secara umum sudah terpenuhi. Mulai dari SOP, sarana prasarana maupun capaian vaksinasi. Untuk sekolah sendiri juga telah diminta mengajukan permintaan persetujuan orangtua. Ketika orangtua tidak mengizinkan, masih tetap diakomodir dengan pembelajaran daring.

"Intinya kalau orangtua belum mengizinkan ya anaknya gak usah tatap muka dulu. Dan aturan tatap muka juga sudah kami sampaikan, demikian juga di nota dinas sudah kami sampaikan, sepekan itu masuk berapa kali, berapa jam semuanya sudah kami lampirkan," terangnya.

2. Vaksinasi pelajar SMP sudah capai 90 persen

Sudah Siap, Disdik Sleman Tunggu Aba-aba untuk Gelar PTMIlustrasi pelajar mengikuti vaksinasi. (Istimewa)

Ery menjelaskan, secara umum capaian vaksinasi bagi pelajar SMP di Sleman sudah mencapai 90 persen. Di mana semua sekolah sudah disasar vaksinasi massal sebelumnya. Hanya saja, ada beberapa pelajar yang tidak hadir karena sakit di hari H maupun sempat terpapar COVID-19 dalam 3 bulan terakhir.

"Sebetulnya kami sudah selesai yang SMP, tapi kan masih ada anak-anak yang jadwalnya vaksin tidak datang, ada yang sakit pernah terpapar tapi belum 3 bulan. Itu data kami sudah didata. Besok kami akan menyasar kembali anak itu di dua tempat yang di Barat SMP N 1 Mlati. Yang Timur SMP N 3 Kalasan. Besok pagi kami vaksin. Mungkin hampir 3.000," terangnya.

3. Tetap tunggu arahan Gubernur

Sudah Siap, Disdik Sleman Tunggu Aba-aba untuk Gelar PTMKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana IDN Times/Siti Umaiyah

Meski secara garis besar sudah siap semua, namun untuk pelaksanaan PTM pihaknya tetap menunggu arahan dari Gubernur DI Yogyakarta. Ery pun berharap agar PTM di Sleman bisa diselenggarakan dalam waktu dekat.

"Kami semuanya siap-siap untuk ke sana. Kami berharap tatap muka bisa segera dilaksanakan dengan aman," jelasnya.

4. Zona merah diharapkan masih daring

Sudah Siap, Disdik Sleman Tunggu Aba-aba untuk Gelar PTMKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama, menjelaskan ketika vaksinasi di sekolah sudah mencapai 70 persen, baik guru maupun pelajar, maka PTM memungkinkan untuk dilaksanakan. Hanya saja, dia berpesan agar kalurahan yang masih berada di zona merah, untuk sementara menunda PTM dan masih melakukan pembelajaran secara daring.

"Kalau vaksinasi (di satu sekolah) dosis pertama sudah mencapai 70 persen itu sudah boleh. (Tetapi) kalau yang masih merah tetap tidak diperbolehkan (tatap muka)," paparnya.

Baca Juga: Nadiem: Vaksinasi COVID-19 Bukan Syarat Wajib untuk PTM

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya