Comscore Tracker

Oknum Guru Sleman Diduga Bocorkan Soal ASPD, Disdikpora DIY Bentuk TPF

Ini jawaban guru yang diduga membocorkan 

Sleman, IDN Times - Salah satu oknum guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sleman diduga membocorkan soal ujian Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD). Bocornya soal ASPD pelajaran Matematika menjadi viral di Twitter pada Rabu (7/4/2021) sore.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana mengatakan saat ini pihaknya tengah menelusuri dugaan tersebut. Ery menjelaskan sebenarnya soal ASPD merupakan kewenangan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sehingga kewenangan saat ini terletak di Disdikpora DIY.

"Kami koordinasi dengan Disdikpora DIY. Pada intinya kami tidak bisa memastikan soal bocor atau tidak, karena yang tahu dari Disdikpora DIY," ungkapnya pada Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Dinkes Sleman Imbau Masyarakat Lakukan Padusan di Rumah Saja

1. Disdikpora DIY bentuk tim pencari fakta (TPF)

Oknum Guru Sleman Diduga Bocorkan Soal ASPD, Disdikpora DIY Bentuk TPFKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana IDN Times/Siti Umaiyah

Untuk melakukan pendalaman serta memastikan kebenaran kejadian tersebut, Ery mengatakan Disdikpora membentuk tim pencari fakta (TPF). Tim tersebut akan terdiri dari Disdikpora DIY serta anggota dari seluruh kabupaten/kota yang ada di DIY.

"Karena ramai, kami sepakat provinsi dan kabupaten se-DIY akan membenruk tim pencarian fakta. Anggota dari Disdikpora DIY dan dari semua kabupaten/kota," katanya.

2. Ajukan ujian ulang pelajaran matematika

Oknum Guru Sleman Diduga Bocorkan Soal ASPD, Disdikpora DIY Bentuk TPFKepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana. IDN Times/Siti Umaiyah

Jika ditemukan kebenaran soal bocor, pihaknya akan mengajukan ke Disdikpora DIY agar dilakukan ujian ulang khusus untuk soal matematika. Tapi keputusan tersebut tergantung dari Disdikpora DIY.

Sementara itu, ketika nantinya oknum guru yang bersangkutan bersalah, maka pihaknya juga akan memberikan sanksi.

"Untuk memberikan kenyamanan, keadilan, kita sifatnya usul (pelaksanaan ASPD ulang) Disdikpora DIY akan mengabulkan atau tidak tergantung tim pencari fakta. Kami sebatas usul," katanya.

Menurut Ery, ASPD ini bertujuan untuk mengetahui standar penguasaan kompetensi siswa yang selama ini melaksanakan pembelajaran jarak jauh. ASPD ini tidak akan menentukan kelulusan siswa. 

3. Ini jawaban guru SMP

Oknum Guru Sleman Diduga Bocorkan Soal ASPD, Disdikpora DIY Bentuk TPFSekretaris Daerah Sleman, Harda Kiswaya. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya menyatakan hasil klarifikasi yang dilakukan terhadap oknum guru yang bersangkutan, soal tersebut merupakan soal yang dikumpulkan secara pribadi yang bersangkutan. Menurutnya, untuk kebocoran soal sendiri minim terjadi lantaran token soal baru diberikan sebelum ujian berlangsung.

"Soal itu kan dikirim Disdikpora DIY ya, setengah jam sebelum ujian dimulai.
Berarti kan kalau bocor gak mungkin. Yang beredar itu bahan materi pendampingan," paparnya.

Berkaitan dengan kasus ini, Harda menyampaikan jika pihaknya siap melakukan pendampingan kepada oknum guru yang bersangkutan jika terbukti tidak bersalah.

Baca Juga: Kalahkan Persebaya, PSS Sleman Lolos Babak 8 Besar Piala Menpora

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya