Comscore Tracker

Mahasiswa UNY Ciptakan Penggorengan Kerupuk Rendah Kandungan Minyak 

Alat penggoreng kerupuk tanpa dimasukkan dalam minyak 

Sleman, IDN Times - Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat alat penggorengan kerupuk rendah kandungan minyak. Alat yang diberi nama Health Fryer ini dibuat oleh Novita Wulandari, mahasiswa prodi Pendidikan Fisika, Retno Widyastuti, prodi Fisika dan Reza Akhmad Mulyono dari prodi Teknik Manufaktur.

Novita Wulandari mengungkapkan selama ini masyarakat menikmati kerupuk dengan cara digoreng menggunakan minyak goreng atau deep fat frying. Padahal cara pengolahan seperti ini memiliki beberapa kelemahan seperti terserapnya minyak ke dalam bahan yang dapat menyebabkan mutu kerupuk menjadi menurun. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung minyak akan mengakibatkan penyakit kolesterol, jantung koroner, dan penyakit berbahaya lainnya.  

1. Gunakan metode penggorengan dengan uap minyak panas

Mahasiswa UNY Ciptakan Penggorengan Kerupuk Rendah Kandungan Minyak Alat Penggorengan Kerupuk Rendah Kandungan Minyak Besutan Mahasiswa UNY. Dok: Humas UNY

Novita menjelaskan Health Fryer menggunakan sumber panas dari gas LPG. Alat ini terdiri dari empat bagian. Rak paling bawah merupakan tempat minyak dan tiga rak lainnya yang berada di atas adalah tempat menggoreng kerupuk.

Metode penggorengan menggunakan uap minyak panas yang berasal di rak paling bawah. Adapun ukuran alat ini memiliki panjang 55 cm, lebar 48 cm dan tinggi 62 cm.

"Bentuk alatnya sendiri seperti oven, dan di bagian paling bawah terdapat tempat minyak. Namun dalam proses penggorengan, kerupuk tidak langsung masuk ke dalam minyak," ungkap Novita, Jumat (18/2/2022). 

Baca Juga: Mahasiswa UNY Buat Aplikasi untuk Kelola Sampah

Baca Juga: 7 Lokasi Prewedding Outdoor Jogja, Romantis dan Memesona!

2. Dilengkapi dengan pengukur suhu

Mahasiswa UNY Ciptakan Penggorengan Kerupuk Rendah Kandungan Minyak wonderhowto.com

Menurut Retno Widyastuti, alat ini dibuat dari bahan plat galvanis dan dilengkapi thermometer sebagai pengukur suhu. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat health fryer adalah regulator, pipa dan saluran gas, thermometer, saluran penghubung, loyang tempat minyak dan kerupuk serta pegangan dan pengunci pintu.

“Kami telah bekerja sama dengan UMKM Kerupuk Sumber Barokah di Kebumen sebagai mitra," katanya.

3. Cara menggunakan alat

Mahasiswa UNY Ciptakan Penggorengan Kerupuk Rendah Kandungan Minyak yummy.co.id

Retno menjelaskan, cara menggunakan alat ini pertama sambungkan pipa gas pada saluran gas yang tersedia pada bagian belakang, kemudian putar regulator dengan arah berlawanan jarum jam. Nyalakan pipa gas menggunakan pemantik api dan letakkan loyang pada tempat yang disediakan.

Masukkan minyak dan tunggu sampai mendidih. Suhu di dalam ruang tertutup alat mencapai 170˚C yang dapat dilihat pada thermometer yang tertera pada bagian luar alat.

Kerupuk dimasukkan ke dalam tiga rak yang tersedia dan tunggu sampai setengah mengembang. Kecilkan api agar suhu tetap stabil dan tunggu hingga mengembang dengan baik. Setelah matang, keluarkan loyang dan matikan api dengan memutar regulator searah jarum jam.

“Dari uji coba didapatkan hasil bahwa kerupuk akan mengembang maksimal setelah 8 menit pada suhu 2200 Celcius,” paparnya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya