Comscore Tracker

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Andalan Bantu Siswa Mengenal Matematika 

Media andalan permudah siswa SD belajar matematika 

Sleman, IDN Times - Untuk membantu siswa kelas 2 SD  memahami konsep dasar perkalian dan pembagian, sejumlah mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Sri Maya Januar Siamti, Hani Widya Putri dan Ar-Royan Zainul Akbar menciptakan sebuah media pembelajaran yang diberi nama Media Andalan. Media Andalan ini, merupakan media perkalian dan pembagian dalam bentuk buah-buahan yang disusun sedemikian rupa.

Sri Maya Januar Siamti mengungkapkan, Media Andalan diciptakan dengan tujuan agar siswa dapat memahami secara menyeluruh sub-bab perkalian dan pembagian. 

"Pada beberapa sekolah dasar masih ada siswa yang ketinggalan untuk menangkap materi dari maksud perkalian dan pembagian, sehingga dibutuhkan sebuah media yang mampu membantu dan memperlancar proses pembelajaran," ungkapnya pada Kamis (14/5).

1. Bisa menjadi salah satu solusi membantu pecahkan masalah perkalian

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Andalan Bantu Siswa Mengenal Matematika Media Andalan besutan mahasiswa UNY. Dok: Humas UNY

Menurut Maya, Media Andalan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah perkalian dan pembagian dengan cara peragaan. 

Media Andalan merupakan media pembelajaran perkalian dan pembagian berbentuk permainan tazos yang dilengkapi kartu soal dan buku panduan guru. Terdapat dua jenis bentuk tazos yang dikemas dalam buah-buahan yaitu buah semangka dan buah jeruk. Pada masing-masing buah terdapat empat puluh keping tazos," terangnya.

Baca Juga: Tak Bisa Gunakan Smartphone,  Pengunjung Indogrosir Batal Rapid Test 

2. Gunakan model pembelajaran discovery learning

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Andalan Bantu Siswa Mengenal Matematika Media Andalan besutan mahasiswa UNY. Dok: Humas UNY

Maya menjelaskan, tazos sendiri dicetak menggunakan bahan mika seperti bahan pembuatan KTP/SIM atau sejenisnya. Setelah dicetak tazos dipotong dan dihaluskan agar media yang akan digunakan bersifat aman untuk anak-anak. Tidak hanya itu, Media Andalan ini juga dilengkapi dengan kemasan yang dibuat dengan kain flannel dan dibentuk sesuai dengan jenis tazos masing-masing.

Untuk konsep pembelajaran dari Media Andalan menggunakan model pembelajaran discovery learning, yaitu pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung dan pentingnya pemahaman struktur atau ide-ide penting terhadap suatu disiplin ilmu, melalui keterlibatan siswa secara langsung.

"Bila ditinjau dari segi kurikulum, media Andalan secara akurat mengacu pada mata pelajaran matematika kelas 2 SD bertema ‘bermain di lingkunganku’. Secara prosedural, media Andalan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran kelompok atau pun individu," katanya.

3. Sudah diuji coba murid kelas 2 SD

Mahasiswa UNY Ciptakan Media Andalan Bantu Siswa Mengenal Matematika Media Andalan besutan mahasiswa UNY. Dok: Humas UNY

Sementara itu, Hani Widya Putri menjelaskan media ini telah diuji coba murid kelas 2 SDN 1 Prambanan. Agar media ini bisa digunakan secara maksimal, ada beberapa langkah yang harus diikuti. Pertama, guru menyiapkan media andalan dan membagikan kepada siswa, kemudian disampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Lalu guru menjelaskan materi dan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.

Selanjutnya, guru menginstruksikan untuk membuka kartu yang telah diacak sebelumnya. Kemudian siswa bekerja sama menyusun tazos sejumlah jawaban dari kartu soal yang didapatkan. Guru memberi pengarahan, baik membenarkan atau mengoreksi hasil kesimpulan dari masing-masing kelompok.

"Terakhir, menghitung perolehan poin dari tiap-tiap kelompok, menjumlahkannya dan mengumumkannya. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang mendapat poin terbanyak," paparnya.

 

Baca Juga: Banyak di Rumah, Jumlah Warga Jogja Nonton TV Naik 29 Persen  

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya