Comscore Tracker

326 Pendaftar PPK di Sleman Nyatakan Tak Pernah Terafiliasi Parpol 

KPU inginkan PPK yang berintegritas

Sleman, IDN Times - Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Sleman resmi ditutup pada 24 Januari 2020 pukul 00.00 WIB. Setidaknya terdapat 326 pendaftar, di mana dari jumlah tersebut secara keseluruhan menyatakan tidak pernah terafiliasi dengan partai politik.

Baca Juga: Resmi Ditutup, 387 Orang Mendaftar Sebagai PPK Pilkada Bantul

1. Sebelumnya tak pernah ikut parpol

326 Pendaftar PPK di Sleman Nyatakan Tak Pernah Terafiliasi Parpol Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Trapsi Haryadi menjelaskan, dalam peraturan PKPU, pendaftar PPK tidak boleh ada hubungan dengan parpol, atau jika dirinya sempat menjadi anggota parpol, maka minimal 5 tahun sebelumnya sudah berhenti, yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari pengurus parpol sebelumnya.

Menurut Trapsi, dari 326 pendaftar PPK di Sleman, di mana 174 pendaftar merupakan laki-laki dan 152 perempuan, secara keseluruhan sudah menyatakan tidak pernah menjadi anggota parpol.

"Semua peserta menyatakan bahwa tidak pernah menjadi anggota parpol. Dibuktikan dengan surat pernyataan bahwa tidak pernah menjadi anggota parpol," terangnya pada Minggu (26/1).

2. Anggota PPK harus miliki integritas

326 Pendaftar PPK di Sleman Nyatakan Tak Pernah Terafiliasi Parpol Kantor KPU Sleman. IDN Times/ Siti Umaiyah

Hal penting yang harus dimiliki oleh anggota PPK adalah kemandirian dan integritas. Trapsi menjelaskan, pernyataan tidak pernah berafiliasi dengan parpol merupakan salah satu poin yang akan didalami oleh KPU Sleman pada saat memilih anggota PPK.

"Integritas itu nanti akan kita lihat dari surat pernyataan tidak pernah berafiliasi ke parpol atau peserta pemilu. Soal integritas akan kita dalami, baik melalui wawancara atau masukan dari masyarakat. Rekam jejak yang akan jadi pertimbangan. Kami ingin PPK yang bersih, bisa bekerja dan benar-benar berintegritas," katanya.

3. KPU Sleman butuh 85 petugas PPK

326 Pendaftar PPK di Sleman Nyatakan Tak Pernah Terafiliasi Parpol Ketua KPU Sleman, Trapsi Hariyadi. IDN Times/Siti Umaiyah

Trapsi menjelaskan, setelah selesai masa pendaftaran, tahap selanjutnya adalah seleksi administrasi sampai tanggal 27 Januari 2020. Kemudian pada tanggal 28 Januari 2020, pengumuman hasil dari tahapan administrasi akan diumumkan. Selanjutnya dari KPU Sleman akan mulai meminta tanggapan masyarakat berkaitan dengan nama-nama yang lolos dalam tahap administrasi.

Menurut Trapsi, nantinya setelah terbentuk, PPK bertugas melakukan sosialisasi, mutarlih, koordinasi surat suara, koordinasi rekapitulasi dan sebagainya di tingkat kecamatan. "Kabupaten Sleman setidaknya membutuhkan 85 petugas PPK, di mana dalam satu kecamatan ada 5 PPK yang bertugas," ungkapnya.

Baca Juga: Pilkada 2020, KPU Sleman Butuh 85 Petugas PPK

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya