Comscore Tracker

Pemkab Sleman Luncurkan Aplikasi Sembada Cerdas

Media interaktif untuk bantu siswa belajar lebih efektif

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman berinovasi dengan meluncurkan Sembada Cerdas pada Kamis (10/3/2022). Sembada Cerdas merupakan aplikasi media pembelajaran interaktif yang dikembangkan agar proses pembelajaran di masa pandemik COVID-19 semakin efektif. 

Baca Juga: Khawatir Penularan COVID, Sekolah Sleman Bebas Pilih Cara Pembelajaran

1. Untuk membantu peserta didik, orangtua, dan pendidik

Pemkab Sleman Luncurkan Aplikasi Sembada CerdasIlustrasi belajar daring dari rumah (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman, Ery Widarya, mengatakan pihaknya mengembangkan aplikasi ini untuk menunjang pembelajaran dalam situasi pandemik COVID-19 di mana pertemuan tatap muka menjadi berkurang.

"Tujuan media pembelajaran interaktif Sembada Cerdas ini untuk menunjang dan memudahkan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam jaringan dengan media pembelajaran interaktif yang tepat," katanya pada Kamis, dilansir Antara.

Tak hanya itu, media ini juga ditujukan untuk membantu orangtua yang mendampingi peserta didik belajar di rumah.

"Selain itu menjadi media pembelajaran yang bisa digunakan pendidik dalam pembelajaran dalam jaringan atau belajar dari rumah (BDR)," ungkapnya.

2. Berisi materi bagi siswa SD

Pemkab Sleman Luncurkan Aplikasi Sembada CerdasIlustrasi siswa sekolah dasar belajar online. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Lebih lanjut, Ery mengungkapkan aplikasi ini berisi materi yang ditujukan bagi siswa sekolah dasar kelas I hingga kelas VI.

"Seluruh materi yang disajikan dalam aplikasi Sembada Cerdas ini telah disusun dan ditentukan oleh tim yang dibentuk Disdik Sleman yang disesuaikan dengan materi semester genap tahun ajaran 2021/2022," ucapnya.

3. Terus berupaya berikan pendidikan yang berkualitas

Pemkab Sleman Luncurkan Aplikasi Sembada CerdasBupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam peluncuran aplikasi media pembelajaran Sembada Cerdas, Kamis (10/3/2022). (Dok. Humas Pemkab Sleman)

Sementara, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, yang meresmikan peluncuran aplikasi Sembada Cerdas, mengatakan ini merupakan salah satu upaya pemkab untuk mengatasi permasalahan pembelajaran terbatas pada masa pandemik COVID-19.

"Pembelajaran terbatas tidak boleh mematahkan semangat siswa dalam belajar," ujarnya.

Ia pun berharap, keberadaan media pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar maupun partisipasi aktif siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Pemkab Sleman sendiri akan terus berupaya memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak di Sleman.

"Sehingga akan tercipta pembelajaran yang nyaman, aman dan menyenangkan bagi para peserta didik di Kabupaten Sleman," pungkasnya.

Baca Juga: PPKM Level 4, Sleman Tak Lakukan Pengetatan Aktivitas Warga

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya