Comscore Tracker

Lebih Dari 100.000 Orang Kunjungi ArtJog MMXIX

Tutup ArtJog, Yura Yunita sukses bikin baper penggemar

Yogyakarta, IDNTimes-Festival Seni Kontemporer Internasional yang dikemas dalam ArtJog MMXIX atau ArtJog 2019, akhirnya resmi ditutup, Minggu (25/8).

Direktur ArtJog MMXIX, Heri Pemad menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dan masyarakat Yogyakarta yang makin dewasa dalam mengapresiasi seni kontemporer ini.

Selama 32 hari, ArtJog berhasil menghadirkan presentasi total 122 karya dari 39 seniman seni rupa di Jogja National Museum. "Dengan sub tema common space, tema ini akan kembali hadir hingga 3 tahun ke depan," ungkap Heri Pemad.

1. Dikunjungi lebih dari 100.000 orang

Lebih Dari 100.000 Orang Kunjungi ArtJog MMXIXIDNTimes/Holy Kartika

Antusiasme penikmat seni di Yogyakarta begitu luar biasa menyambut ArtJog MMXIX yang berlangsung sejak 25 Juli lalu. Heri Pemad mengungkapkan selama penyelenggaraan festival seni kontemporer ini, ada lebih dari 100.000 orang yang mengunjungi ArtJog 2019.

"Mereka berasal dari mana-mana, dari luar Yogyakarta, luar daerah, bahkan dari luar negeri. Tentunya juga dari masyarakat Yogyakarta, yang telah semakin dewasa dalam mengapresiasi Artjog," ungkap Heri Pemad.

Baca Juga: LeksiKon ARTJOG MMXIX, Artist Talk yang Dibumbui Seni Pertunjukan

2. Lelang karya Gotong Royong Murakabi

Lebih Dari 100.000 Orang Kunjungi ArtJog MMXIXIDNTimes/Holy Kartika

Mengusung tema Arts in Common, hari terakhir festival seni ini dipadati pengunjung berbagai usia. Menutup acara ini, kolaborasi seniman, desainer dalam Warung Murakabi umumkan pemenang lelang karya Gotong Royong.

Proyek lelang Gotong Royong Murakabi ini dimulai sejak 31 Juli 2019 dan berakhir 18 Agustus 2019  yang dilakukan secara online melalui website, sebagai upaya untuk mendukung pergerakan Murakabi agar terus berlanjut.

Terdapat 3 karya yang dilelang, pertama Gotong Royong Murakabi berupa Spedagi Rodacilik atau Minivelo yang didesain oleh Singgih S. Kartono dan dikustom oleh Indieguerillas, Sindhu Prasastyo (Sapu upcycle) dan Lulu Lutfi Labibi. Karya yang kedua adalah Es Campur, kursi sedan didesain oleh Singgih S. Kartono dan seat cover customized by Indieguerillas. Terakhir adalah The Klompencapir, KuBo Magno wooden radio desain Singgih S. Kartono dengan cover kain oleh Indieguerillas.

3. Yura Yunita ramaikan penutupan ArtJog

Lebih Dari 100.000 Orang Kunjungi ArtJog MMXIXIDNTimes/Holy Kartika

Sejak awal penyelenggaraan, panggung seni menjadi salah satu denyut aktivitas kreatif para seniman. Tak hanya ratusan seniman yang tampilkan karyanya di ruang pamer ArtJog, seniman juga turut memeriahkan panggung seni selama ArtJog berlangsung di Jogja National Museum.

"Lebih dari 88 partisipan yang mengisi acara ArtJog setiap malam dan selalu tampil dengan total.

Panggung seni ArtJog MMXIX di hari terakhir penuh sesak oleh riuh penonton dan penggemar Yura Yunita. Pelantun lagu Intuisi ini berhasil menghipnotis pengunjung festival seni kontemporer ini. Bahkan, acara ini juga turut dimeriahkan Jogja Hip-Hop Foundation dan Megahits Selection.

Sampai jumpa di ArtJog MMXX ; Arts in Common 2020 yang bakal digelar 23 Juli-30 Agustus 2020 mendatang!

Baca Juga: ARTJOG MMXIX : Ajak Anak Belajar Sains dan Teknologi Lewat Seni

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya