UMY Kembali Bagi-bagi 5 Ribu Takjil Gratis Setiap Hari untuk Mahasiswa

Takjil gratis bagian program UMY Mengabdi

Intinya Sih...

  • UMY bagikan 5.000 takjil gratis kepada mahasiswa selama bulan Ramadan.
  • Pembagian takjil dilaksanakan melalui drive-thru di kampus dan di Masjid K.H. Ahmad Dahlan UMY setiap harinya.
  • Mahasiswa hanya perlu menunjukkan KTM/KRS, menggunakan helm, menutup aurat, tidak berbonceng tiga, tidak berbonceng lawan jenis.

Bantul, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan 5.000 takjil gratis kepada para mahasiswa selama bulan Ramadan. Tradisi pembagian takjil dilaksanakan melalui drive-thru di selasar gedung AR Fakhruddin A, Kampus Terpadu UMY, dan di Masjid K.H. Ahmad Dahlan UMY setiap harinya selama bulan Ramadan.

1. Hari pertama pembagian baru mencapai 4.500 takjil

UMY Kembali Bagi-bagi 5 Ribu Takjil Gratis Setiap Hari untuk MahasiswaRektor UMY, Gunawan Budiyanto.(Dok.Humas UMY)

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, menjelaskan bahwa syarat pengambilan takjil tergolong mudah. Mahasiswa hanya perlu menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau Kartu Rencana Studi (KRS), menggunakan helm, menutup aurat, tidak berbonceng tiga, tidak berbonceng dengan lawan jenis, dan mengikuti kajian bagi yang akan mengambil takjil di Masjid K.H Ahmad Dahlan UMY.

“Pada hari pertama puasa, Senin 11 Maret, UMY membagikan 4500 takjil untuk mahasiswa, karena hari ini masih hari libur. Tapi mulai besok, kami akan membagikan 5.000 takjil setiap hari. 3.500 untuk drive-thru dan 1.500 untuk di Masjid kampus,” kata Gunawan Selasa, (12/3/2024).

2. Pembagian takjil ini merupakan kegiatan dari UMY Mengabdi

UMY Kembali Bagi-bagi 5 Ribu Takjil Gratis Setiap Hari untuk MahasiswaPembagian takjil gratis bagi mahasiswa UMY.(DOK.Humas UMY)

Gunawan menambahkan, kegiatan pembagian takjil merupakan bagian dari program UMY Mengabdi yang diselenggarakan setiap bulan Ramadan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari program penanggulangan pandemi COVID-19.

“Pada prinsipnya pembagian takjil ini merupakan kelanjutan dari program pandemi COVID-19 pada tahun 2020 yang pada saat itu kegiatan sosial masyarakat dibatasi, tapi karena mahasiswa minta terus, akhirnya kami lanjutkan,” ujarnya.

Baca Juga: Menu Sahur dan Buka Puasa Masjid Kampus UGM Ramadan 1445 H

3. Takjil mengurangi pengeluaran anak kos

UMY Kembali Bagi-bagi 5 Ribu Takjil Gratis Setiap Hari untuk MahasiswaPembagian takjil gratis bagi mahasiswa UMY.(DOK.Humas UMY)

Sementara itu, Luthfi Fahmi Umar, mahasiswa Ilmu Pemerintahan angkatan 2020, mengungkapkan kebahagiaannya karena telah menerima takjil gratis dari UMY selama tiga tahun berturut-turut. Menurutnya, bantuan takjil dari UMY ini dapat membantu mengurangi pengeluarannya sebagai seorang mahasiswa yang tinggal kos.

“Ini tahun ke-3 saya ambil takjil di UMY. Senang sekali karena kita anak kost kan justru banyak pengeluaran di bulan Ramadan. Nah dengan adanya pembagian takjil gratis di UMY ini otomatis mengurangi pengeluaran di bulan Ramadan, dan menunya enak-enak terus setiap hari,” ucap Luthfi.

Selain itu, dia menyatakan bahwa dengan mengambil takjil di UMY, ia dapat memperkuat persaudaraan dan menambah teman. Ia berharap agar UMY tetap melanjutkan tradisi berbagi takjil untuk tahun-tahun mendatang.

“Awalnya tidak saling mengenal, tapi di dalam antrean itu bisa jadi saling mengenal. Lalu di masjid kampus, yang biasanya tidak pernah ke masjid atau kurang tertarik dengan masjid, di momen Ramadan ini, mau tidak mau jadi rajin ke masjid kampus," katanya.

Baca Juga: Menu Buka Puasa di Masjid Yogyakarta Ramadan 1445 H

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya