Comscore Tracker

Pemkab Bantul Galang Bantuan bagi Korban Gempa Cianjur

Masyarakat Bantul pernah merasakan penderitaan warga Cianjur

Bantul, IDN Times - ‎Pemerintah Kabupaten Bantul bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bantul menggalang bantuan atau donasi untuk warga yang menjadi korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Bantuan tersebut digalang dalam bentuk uang.

1. Penderitaan warga Cianjur juga pernah dirasakan masyarakat Bantul‎

Pemkab Bantul Galang Bantuan bagi Korban Gempa CianjurWakil Bupati Bantul Joko Purnomo.(IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo, mengatakan masyarakat Bantul juga pernah mengalami hal yang serupa dengan warga Cianjur, yakni gempa bumi tahun 2006 silam. Oleh karenanya, penderitaan masyarakat di Cianjur sangat bisa dirasakan oleh masyarakat Bantul.

"Maka kami dari Pemkab Bantul, Forkompimda Bantul, dan anggota KORPRI Bantul hari ini mulai menggalang bantuan untuk warga Cianjur yang terdampak gempa bumi," katanya usai Upacara Peringatan HUT KORPRI ke 51 di Lapangan Paseban Bantul, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Pemkab Bantul Kekurangan ASN, Tiap Tahun 500 Pegawai Pensiun

2. Berharap masyarakat Cianjur tetap sabar dalam menghadapi musibah

Pemkab Bantul Galang Bantuan bagi Korban Gempa CianjurSituasi RSUD Sayang Cianjur pasca gempa mag 5.6 dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Yogi Pasha)

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan bantuan yang terkumpul nantinya akan diserahkan kepada masyarakat Cianjur yang nantinya akan diserahkan oleh Pemkab Bantul bersama Forkopimda untuk menyerahkan kepada masyarakat di Cianjur.

"Kita doakan saudara-saudara kita di Cianjur tetap sabar dan yang telah menjadi korban meninggal dunia senantiasa diberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan yang saat ini sedang dirawat segera diberikan kesembuhan," ucapnya.

3. Bantuan yang diberikan berupa uang bukan barang‎

Pemkab Bantul Galang Bantuan bagi Korban Gempa CianjurSekda Bantul Helmi Jamharis.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu Sekda Bantul, Helmi Jamharis mengatakan pihaknya sudah membuat surat edaran kepada ASN di Bantul terkait penggalangan dana untuk membantu masyarakat di Cianjur yang menjadi korban gempa bumi.

"Surat Edaran terkait penggalangan dana sudah kita buat dan kita bagikan kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Bantul," tuturnya.

Nantinya, kata Helmi, penggalangan dana berupa uang akan dikoordinasikan oleh masing-masing OPD. Setelah semuanya terkumpul, bantuan akan dikirim ke Cianjur melalui pemerintah setempat.

"Jadi bantuannya berupa uang bukan barang," ucapnya.

Baca Juga: 3.800 Warga Miskin di Bantul Bakal Terima BLT BBM‎

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya