UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Ujian Masuk hingga 15 Mei   

UIN siapkan 1.364 kuota untuk 24 prodi keagamaan

Sleman, IDN Times - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga membuka jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) hingga 15 Mei 2023. 

Melalui laman https://um.ptkin.ac.id/, pembukaan jalur UM-PTKIN digelar serentak oleh seluruh PTKIN di bawah naungan Kementerian Agama RI. Seleksi ini dapat diikuti siswa kelas 12 di tahun 2023 maupun lulusan MA/SMA/SMK/Pesantren Muadalah/Sederajat tahun 2021 dan 2022. Proses seleksi menggunakan ujian berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

1. UIN mempunyai banyak jalur seleksi calon mahasiswa

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Ujian Masuk hingga 15 Mei   Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof Iswandi Syahputra. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof Iswandi Syahputra saat menyampaikan sambutannya dalam Sosialisasi UM-PTKIN 2023 mengatakan UIN Sunan Kalijaga mempunyai banyak jalur yang bisa digunakan oleh calon mahasiswa.

Iswandi mengatakan, di UIN Sunan Kali mempunyai program kuliah umum tidak hanya berkaitan dengan agama. Ia juga meluruskan pendidikan di UIN Sunan Kalijaga dinilai mahal.

"UIN Sunan Kalijaga menyandang status Badan Layanan Umum (BLU) dengan sistem UKT. Sehingga semangat yang diusung adalah gotong royong. Yang kurang mampu dibantu yang mampu. UKT kami dari Rp400 ribu dan yang tertinggi Rp9 juta," ujar Iswandi saat sosialisasi di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Senin (8/5/2023).

2. Ada uji coba ujian

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Ujian Masuk hingga 15 Mei   Sosialisasi SPAN UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Aulia Faqih Rifa’I menjelaskan jalur UM-PTKIN bisa menjadi pilihan jika sebelumnya belum lolos jalur SPAN-PTKIN. Seleksi ini dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer, online-onsite. Untuk mengikuti ujian ini, calon peserta dikenakan biaya pendaftaran Rp200 ribu dengan pilihan maksimal tiga prodi.

Peserta akan mengikuti uji coba SSE pada tanggal 22-24 Mei 2023, sebelum ujian SSE pada 29 Mei - 8 Juni 2023. "Ada simulasi guna memastikan saat ujian berjalan lancar. Hasil ujian UM-PTKIN diumumkan pada 23 Juni 2023," ungkapnya.

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Jadi PTKIN Paling Diminati

3. Kuota mahasiswa untuk jalur UM-PTKIN

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Ujian Masuk hingga 15 Mei   UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Dok. UIN Sunan Kalijaga)

Aulia mengungkapkan meski ujian berbasis online, para peserta harus datang ke kampus yang dipilih sebagai lokasi ujian, saat melakukan pendaftaran.

Jalur UM-PTKIN, UIN Sunan Kalijaga menyediakan kuota lebih besar, yakni 1.364 kuota untuk 24 prodi keagamaan. Sementara untuk materi ujian UM-PTKIN 2023 tidak ada lagi kelompok ujian saintek (sains dan teknologi) maupun soshum (sosial dan humaniora). Peserta akan diberikan materi ujian yang terdiri dari potensi kognitif, literasi matematika, literasi membaca, dan literasi ke-Islaman.

Diketahui UIN Sunan Kalijaga merupakan satu-satunya PTKIN terakreditasi Unggul yang saat ini memiliki 65 program studi, terdiri dari 41 prodi jenjang sarjana (24 prodi keagamaan dan 17 prodi umum), 18 prodi jenjang magister, serta 6 prodi untuk jenjang doktor.

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Anugerahi 3 Tokoh Agama Gelar Dokter Honoris Causa

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya