Pemkab Sleman Hadirkan Pasar Lebaran 2023, Ada Sembako Murah

Ada bazar UMKM, workshop, hingga lomba

Sleman, IDN Times - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Pasar Lebaran Tahun 2023 di Komplek Utara Lapangan Pemerintah Kabupaten Sleman, Rabu--Jumat (12--15/4/2023). Mengambil tema Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman untuk Nyawiji lan Murakabi, Sesarengan mBangun Sleman, kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Sleman ke-107 dan menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Kepala Diskop UKM Sleman, Haris Martapa, mengungkapkan akan ada berbagai kegiatan untuk menyemarakkan Pasar Lebaran Tahun 2023, pertama Bazar UMKM dan Koperasi. "Peserta sebanyak 115 peserta terdiri atas 113 UMKM dan 2 Koperasi," ujar Haris, di Pendopo Pemkab Sleman, Senin (10/4/2023).

Produk yang dipamerkan terdiri dari kuliner, makanan kering dan siap saji 821 stan, Fashion 14 stan, Flora 5 stan, hampers, layanan konsultasi UMKM, dan mitra lainnya. 

1. Pembagian sembako dan sembako murah

Pemkab Sleman Hadirkan Pasar Lebaran 2023, Ada Sembako MurahIlustrasi paket sembako. IDN Times/Asrhawi Muin

Ada juga pembagian Sembako bagi KK Miskin sebanyak 443 paket. Kemudian ada penjualan sembako murah dengan berbagai produk mulai dari beras, minyak goreng, gula pasir, telur, tepung terigu, ayam utuh bersih (karkas) dan produk olahan ayam.

"Disediakan sebanyak 1.000 voucer senilai @Rp5 ribu. Ini nanti untuk pengunjung yang datang dan mau membeli," ujar Haris.

2. Lomba antar OPD dan anak-anak

Pemkab Sleman Hadirkan Pasar Lebaran 2023, Ada Sembako MurahIlustrasi Pelajar SD (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk mendukung dan memeriahkan acara, akan ada lomba antar OPD, dengan kuis Sleman Sembada antar OPD Kabupaten Sleman, fun game pengetahuan tentang Sleman. Lalu, lomba fashion show antar OPD Kabupaten Sleman.

Ada juga lomba untuk anak-anak tingkat SD. Antara lain lomba azan dan lomba dai cilik untuk anak usia 7--12 tahun. "Kemudian lomba tari kreasi tingkat pelajar usia 12-17 tahun," kata Haris.

Baca Juga: 5 Tempat Berburu Takjil di Sleman, Jajanannya Lengkap dan Murah

3. Berbagai workshop digelar

Pemkab Sleman Hadirkan Pasar Lebaran 2023, Ada Sembako MurahPixabay

Selanjutnya, untuk meningkatkan pengetahuan bagi UMKM dan masyarakat juga digelar class session 'Budidaya dan Bisnis Tanaman Anggrek' bersama Titi Orchid, Workshop Shibori bersama Sera Shibori dan Batik, Makeup class bersama Inez, Legalitas Fest bersama Imam Syafi'i (Satu Asa Indonesia).

"Ada kegiatan pendukung tausiyah menjelang berbuka dan pembagian takjil (setiap hari). Live music (akustik), school performance, dan Ramadan Ride," jelas Haris.

Baca Juga: Sleman Optimis Sejuta Wisatawan Datang saat Ramadan dan Lebaran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya