Korban Terakhir Galian Longsor di Sleman Ditemukan

Korban meninggal dunia

Sleman, IDN Times - Korban terakhir longsor galian proyek di Wedomartani, Ngemplak, Sleman berhasil ditemukan pada Selasa (3/1/2023) pukul 13.30 WIB. Korban atas nama Surya warga Klaten, Jawa Tengah, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Korban juga sudah diserahkan oleh keluarga di RS Bhayangkara. "Kondisi ditemukan henti napas dan henti jantung. Dilakukan serah terima ke keluarga di RS," ujar Kepala Seksi Operasi Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso.

1. Ditemukan setelah pencarian sempat dihentikan

Korban Terakhir Galian Longsor di Sleman DitemukanKepala Seksi Operasi Basarnas Yogyakarta, Asnawi Suroso. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Surya ditemukan pasca kejadian longsor yang terjadi pada Senin (2/1/2023) sekitar pukul 15.00 WIB. Korban lainnya berhasil ditemukan pada hari pertama yaitu Karsono (50) dan Karju (40), warga Saptosari, Gunungkidul, serta Dodi (53), warga Semin, Gunungkidul. Karsono dan Karju dinyatakan selamat, sementara Dodi meninggal dunia.

Pencarian korban keempat, Surya sendiri sempat mengalami kendala pada hari pertama karena faktor cuaca hujan, dan potensi tanah yang labil. Sehingga pencarian dihentikan kemarin, dan dilanjutkan hari ini mulai pukul 06.00 WIB.

"Yang dihadapi Tim SAR Gabungan, daerah pencarian cukup spesifik, tidak terlalu luas, tapi ada potensi bahaya tebing tidak stabil, bawah tebing dimungkinkan mengalami potensi longsoro sehingga pencarian memakan waktu," ujar Asnawi.

Baca Juga: Kronologi Pekerja Proyek Tertimbun Material di Ngemplak

2. Mengamankan area yang rawan

Korban Terakhir Galian Longsor di Sleman DitemukanPencarian korban yang tertimbun galian longsor proyek perumahan di Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Senin (2/1/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Pada hari kedua pencarian atau Selasa (3/1/2023) dilakukan sesuai dengan rencana operasi SAR, untuk memprioritaskan mengamankan area terlebih dahulu. Memngurangi volume tanah yang berada di tebing sisi kanan dan kiri dari lokasi diduga keberadaan korban.

"Menggunakan eskavator setelah itu pelan-pelan bagi tim, kemudian melaksanakan pemantauan terkait dengan pergerakan eskavator termasuk dengan K9 dan Alhamdulillah pukul 13.30 WIB korban atas nama Surya 32 tahun ditemukan," kata Asnawi.

3. Ditemukan kedalaman dua meter di longsoran

Korban Terakhir Galian Longsor di Sleman DitemukanKorban terakhir yang tertimbun galian proyek di Ngemplak, Sleman, dievakuasi, Rabu (3/1/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Korban ditemukan dalam posisi sesuai dengan prediksi berada di sekitar tempat tiga korban sebelumnya, yang dievakuasi sebelumnya. "Tidak jauh dari situ, kedalaman 2 meter, kedalaman ini ya longsoronanya. Kalau dari galiannya ya 7 - 8 meter. Posisi korban ada di tumpukan material pasir, posisi menghadapnya tidak jelas langsung kita evakuasi," ucapnya.

Sebelumnya, Pengawas Proyek Perumahan ini Sumber Baru Land, Gunardi menjelaskan pada Senin (2/1/2023) sekitar pukul 15.00 WIB, ia melihat para pekerja ada di tebing galian. "Saya di atas, sudah saya peringatkan jangan mepet, naik saja, tapi ada seorang yang sembrono itu diketuk-ketuk tanahnya. Setelah itu langsung tanah turun longsor," ujar Gunardi.

Ia mengaku sudah berteriak sekuat tenaga untuk memperingatkan. Sejumlah pekerja disebut bisa menyelamatkan diri, tapi ada empat pekerja yang tidak sempat menyelamatkan diri.

Baca Juga: 4 Orang Tertimbun Material Tanah Proyek Perumahan di Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya