Hotel di Kota Jogja Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik Cair

Sampah anorganik dikelola bank sampah

Yogyakarta, IDN Times - Gerakan Zero Sampah Anorganik (GZSA) yang digulirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah menginspirasi sejumlah sektor untuk mengolah sampahnya secara mandiri. Hotel di Yogyakarta, salah satunya The Phoenix Hotel, berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan. Salah satu caranya yakni menyulap limbah yang dihasilkan dari dapur menjadi pupuk organik cair (POC).

General Manager The Phoenix Hotel, Rulvastina Randy, mengatakan langkah tersebut juga untuk mendukung Pemkot Yogyakarta dalam menekan volume sampah yang di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan.

"Sebenarnya kita menyulap sampah organik menjadi POC ini jauh sebelum masa darurat sampah di Kota Yogya," ungkapnya Rabu (6/9/2023).

1. Dari sampah dapur menjadi pupuk organik cair

Hotel di Kota Jogja Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik CairPengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik cair di The Phoenix Hotel Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Menurut Rulvastina, setiap hari The Phoenix Hotel menghasilkan beraneka jenis sampah dapur/organik. Dari sampah dapur tersebut seluruhnya diolah menjadi POC.

"Sampah tidak kami buang percuma. Tetapi, mengolahnya di tempat sehingga benar-benar dari sampah bisa menjadi produk yang berguna lagi tanpa mengotori lingkungan," ungkap Rulvastina.

Dalam mengelola sampah, Ia meminta seluruh karyawannya memisahkan limbah yang dihasilkan menjadi organik dan anorganik. Limbah organik akan dijadikan POC sedangkan limbah anorganik akan dikirim ke Bank Sampah di wilayah tersebut.

“POC ini sudah kami aplikasikan di tanaman sekitar hotel dan hasilnya dapat menyuburkan tanaman. Sementara sampah plastik, botol kaca, kaleng, kertas, dan kardus kami telah bekerjasama dengan Bank Sampah di Kemantren Jetis,” katanya.

2. Proses pembuatan pupuk organik cair

Hotel di Kota Jogja Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik CairPengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik cair di The Phoenix Hotel Yogyakarta. (Dok. Istimewa)

Sementara itu Supervisor Housekeeping and Gardening The Phoenix Hotel, Miko Adi Kurniawan, menjelaskan proses menyulap limbah sisa dapur menjadi POC memerlukan waktu tujuh hari. "Dalam prosesnya, kami mempunyai tujuh ember besar untuk menampung limbah-limbah ini, dari tiap ember bisa menghasilkan sekitar 40 botol ukuran 600ml," katanya.

Miko menerangkan cara membuat POC ini sangat sederhana, dimana hanya menggunakan makanan sisa dan buah yang dicampurkan Molase dan EM4 dengan takaran 1:1 kemudian ditambahkan air 1/2 dari ember ukuran 50 liter kemudian didiamkan selama tujuh hari. "Dan jika sudah mencapai waktu yang ditentukan cairan tersebut dapat digunakan langsung ke tanaman dan bibit tanaman agar pada saat tumbuh bibit tersebut mempunyai kualitas yang bagus," ujarnya.

Ada dua cara mengaplikasikan pupuk ini ke media tanaman. Pertama mengocorkannya di sekitar pangkal batang serta perakaran tanaman dan kedua dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian tanaman. "Dosis aplikasinya adalah satu liter POC untuk dilarutkan ke dalam 10 liter air atau dengan perbandingan 1:10," katanya.

Baca Juga: Kandang Maggot Jogja Bisa Serap 1 Ton Sampah Organik Per Hari

3. Banyak cara untuk mengelola sampah

Hotel di Kota Jogja Kelola Sampah Jadi Pupuk Organik CairPenjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Melihat hal tersebut, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo sangat mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan The Phoenix Hotel dalam mengelola sampah. Menurutnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengelola sampah organik maupun anorganik. 

"Sampah organik bisa disulap menjadi pupuk, sementara untuk anorganik bisa bekerja sama dengan bank sampah sekitar," ujarnya.

Hingga kini pihaknya terus menggencarkan edukasi dengan melibatkan lurah dan Forum Bank Sampah. "Pemkot Yogyakarta terus berupaya untuk mengubah budaya masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah di rumahnya masing-masing," tandasnya.

Orang nomor satu di Kota Yogyakarta ini berharap gebrakan yang dilakukan The Phoenix Hotel dapat menjadi contoh hotel dan restoran yang ada di Kota Yogyakarta dalam mengurangi sampah yang dihasilkan.

Baca Juga: Buang Sampah Sembarangan di Jogja, 30 Warga Diajukan ke Pengadilan 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya