Alumni Institut Teknologi Nasional Yogyakarta Bagikan Strategi Kerja 

Alumni siap membantu mahasiswa yang ingin magang kerja

Sleman, IDN Times – Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar Gerakan Alumni Mengajar, Ikatan Keluarga Alumni Geologi (IKAGEO) ITNY untuk membekali mahasiswa mengetahui dunia kerja. 

Rektor ITNY, Ircham menyebut kegiatan ini menjadi spesial lantaran diisi oleh sejumlah alumni yang telah sukses menjalani kariernya.

 

1. Alumni menjadi motivator

Alumni Institut Teknologi Nasional Yogyakarta Bagikan Strategi Kerja ilustrasi motivasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Sejumlah alumni dihadirkan mulai dari Direktur PT. Aditama Energi, Taufik Erlangga, owner PT. Petro Naga Jaya Gemilang, Ronnie Fauzan, kemudian BDM PT. Star Luck Indonesia, Andi Yulius, serta Direktur PT Ramudian Jaya Energy, Mudor Musa. “Alumni mengajar sangat cocok dengan tagline kami technopreneur,” ujar Ircham, Kamis (3/11/2022).

Ircham mengharapkan kesuksesan para alumni dapat menjadi motivasi bagi para mahasiswa. Para alumni disebut siap membantu mahasiswa yang ingin melakukan program magang. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

2. Menyalurkan kreativitas mahasiswa

Alumni Institut Teknologi Nasional Yogyakarta Bagikan Strategi Kerja ilustrasi mahasiswa. (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Ircham sinergi antara kampus dengan alumni dan perusahaan ini sangat penting. Dari sisi mahasiswa dapat memperoleh pengalaman bekerja, dari perusahaan juga mendapat tenaga kerja yang masih segar. “Di luar anak-anak mahasiswa dapat lebih menyalurkan kreativitas mereka,” ujar Ircham.

Program alumni mengajar ini direncanakan akan dilangsungkan secara berkala. Selain untuk menjalin hubungan dengan para alumni, juga meningkatkan pengalaman serta pengetahuan dari mahasiswa.

Baca Juga: Millennial Ternyata Lebih Suka Bayar Tunai saat Beli Rumah, Wow! 

3. Pengusaha perlu strategi

Alumni Institut Teknologi Nasional Yogyakarta Bagikan Strategi Kerja Ilustrasi Pebisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Salah satu alumni yang mengisi talkshow tersebut, Ronnie Fauzan mengatakan dalam membangun sebuah usaha harus memiliki strategi. Ia juga menceritakan bagaimana awal mula menekuni usahanya dari bawah. “Pengusaha perlu strategi. Niat awal Bismillah, modal seadanya, modal wani, ojo wedi,” ujar Ronnie.

Alumni lainnya, Mudor menyampaikan pesan bahwa pekerjaan tidak hanya menjadi PNS tetapi bisa menjadi pegawai lainnya. "Sebagai alumni siap membantu para mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mereka," pungkas Mudor.

Baca Juga: Harga Rumah Makin Mahal, Ini Saran Pengembang Jogja untuk Millennial

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya