Aksi Main Hakim Sendiri, Warga Rusak Mobil di Sleman

Polisi sayangkan warga terpancing emosi

Sleman, IDN Times - Aksi main hakim sendiri terekam kamera di Jalan Godean Banyuraden, Gamping, Minggu (2/4/2023). Terlihat sejumlah orang merusak sebuah mobil dalam rekaman video yang beredar melalui akun media sosial @merapi_uncover.

Kapolsek Gamping, Kompol Surahman menjelaskan mobil tersebut dikendarai oleh AE (32) diketahui sempat menabrak gedeg atau pagar warga. "Laporan sementara kita masih menggali informasi," kata Kompol Surahman, Minggu (2/4/2023).

1. Mobil menabrak pagar

Aksi Main Hakim Sendiri, Warga Rusak Mobil di SlemanIlustrasi Tabrakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Dijelaskan bahwa mobil yang dikendarai AE masuk perkampungan warga, dan menabrak pagar. Mobil sempat dihentikan warga, namun pengendara tidak menghentikan mobilnya. Selain menabrak pagar, diketahui mobil tersebut sempat ngebut dan berjalan zig zag di kampung. 

"Tidak mau berhenti, terus dikejar masyarakat. Sempat diteriaki maling, sementara ini bukan maling mobil," ungkapnya.

2. Sayangkan warga terpancing emosi

Aksi Main Hakim Sendiri, Warga Rusak Mobil di SlemanAksi main hakim sendiri di Jalan Godean Banyuraden, Gamping, Minggu (2/4/2023). (Dok Tangkap layar merapi_uncover).

Polisi menyayangkan aksi main hakim sendiri yang dilakukan masyarakat, terlebih ada tuduhan maling yang tidak benar. Akibat amukan massa, mobil mengalami kerusakan pada bagian kaca sementara kedua orang yang ada di mobil yaitu AE dan MI tidak mengalami luka.

"Masyarakat kepancing emosinya untuk merusak mobil. Ini kan tidak boleh main hakim sendiri. Kami masih mengorek informasi dikaitkan dengan kecelakaan, tidak ada akibat dari kecelakaan," ujar Kompol Surahman.

Baca Juga: Harga Telur dan Daging Ayam hingga Bawang di Sleman Naik   

3. Ditemukan obat dan resep kejiwaan

Aksi Main Hakim Sendiri, Warga Rusak Mobil di Slemanilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Di dalam mobil yang dikendarai AE sendiri, polisi menemukan kartu berobat dan resep kejiwaan. AE juga mengaku saat ini dirinya dalam proses pengobatan. Untuk membuktikan polisi akan melakukan cek urine yang bersangkutan.

Pihak kepolisian juga akan memanggil orang tua, karena dalam kondisi berobat AE diberikan mobil. "Dalam pemeriksaan kesehatan kok diberikan mobil, apakah rental atau bagaimana," ucap Kompol Surahman.

Baca Juga: 3 Pelaku Perusakan Mobil Mercy di Bantul Ditangkap

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya