Comscore Tracker

Warga Yogyakarta yang Sudah Divaksin Akan Diberi Gelang

Pemkot akan memberikan gelang secara gratis

Kota Yogyakarta, IDN Times - Warga Yogyakarta yang sudah divaksin akan diberi gelang khusus. Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, menjelaskan pemberian gelang kepada warga oleh Pemerintah Kota Yogyakarta bertujuan memudahkan proses identifikasi bagi warga yang sudah menerima vaksin.

Gelang tersebut akan disediakan gratis di sejumlah tempat strategis dan tempat umum lain seperti hotel, stasiun, terminal, dan tempat wisata.

“Ada dua jenis gelang yang akan dikeluarkan dengan warna yang berbeda. Gelang kuning untuk warga yang sudah menjalani vaksinasi dosis satu dan saat sudah menuntaskan vaksinasi dosis dua maka akan diberi gelang hijau,” kata Haryadi Suyuti saat meninjau vaksinasi di PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Senin (16/8/2021).

1. Gelang khusus sudah diujicobakan

Warga Yogyakarta yang Sudah Divaksin Akan Diberi GelangWalikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti saat meninjau proyek pemasangan kabel optik di kawasan Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Senin (9/12/2019). IDNTimes/Holy Kartika

Haryadi menambahkan gelang dengan desain khusus tersebut akan diproduksi massal. Menurut Haryadi, gelang tersebut sebelumnya sudah menjalani proses uji coba.
Bahkan, kata Haryadi, gelang tersebut tidak akan mudah rusak dan tidak bisa dipalsukan.

“Saya sudah pakai selama empat hari dan masih dalam kondisi baik meskipun terkena air saat mandi,” ujarnya dilansir Antara. 

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Jadi Syarat Masuk ke Kawasan Malioboro    

2. Gelang didesain sekali pakai

Warga Yogyakarta yang Sudah Divaksin Akan Diberi GelangWali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menunjukkan gelang vaksinasi yang akan diberikan kepada warga yang sudah menerima vaksin COVID-19 untuk memudahkan identifikasi, Senin (16/8/21). (Humas Pemkot Yogyakarta)

Haryadi menambahkan gelang didesain untuk sekali pakai sehingga saat dilepas akan langsung rusak dan tidak bisa dipakai kembali.
Haryadi meyakini dengan gelang tersebut akan memudahkan warga atau penerima vaksin saat akan beraktivitas di Kota Yogyakarta sehingga tidak perlu mengeluarkan kartu atau sertifikat vaksin.

“Cukup menunjukkan gelang yang dipakai,” ujarnya.

 

3. Yogyakarta kota wajib masker dan vaksin

Warga Yogyakarta yang Sudah Divaksin Akan Diberi GelangTugu Pal Putih Yogyakarta (IDN Times/Febriana Sinta)

Haryadi menyatakan keberadaan gelang vaksinasi tersebut, merupakan komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta yang ingin memastikan Yogyakarta menjadi kota wajib masker dan wajib vaksin.

“Kalau masker tentu mudah dilihat. Tetapi kalau sudah divaksin atau belum, kan tidak bisa langsung diketahui. Harus menunjukkan sertifikat vaksin dulu. Dengan gelang, maka akan lebih mudah,” ujarnya.

Sebelumnya, komitmen menjadikan Yogyakarta sebagai kota wajib masker dan wajib vaksin sudah diawali dengan menetapkan kawasan Malioboro dan Stasiun Tugu sebagai kawasan wajib masker dan wajib vaksin pada pekan lalu.

“Nantinya, akan diperluas hingga ke seluruh wilayah di Kota Yogyakarta. Semuanya wajib masker dan vaksin,” ujarnya.

Baca Juga: Aturan Baru Jalan-jalan di Malioboro Maksimal 2 Jam    

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya