Comscore Tracker

UGM Peringkat 1 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 Versi Mosiur 

UGM peringkat 600 kampus di dunia

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat satu di Indonesia dalam daftar tujuh universitas terbaik yang dirilis oleh Moscow International University Ranking (Mosiur) bulan September ini.

Selain UGM, daftar tujuh universitas terbaik tersebut adalah ITB dan UI yang berada di peringkat kedua dan ketiga. Selanjutnya peringkat keempat hingga ketujuh ditempati oleh Unair, Unpad, IPB dan ITS.

 

  

1. UGM peringkat 600 kampus di dunia

UGM Peringkat 1 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 Versi Mosiur Rektor UGM, Panut Mulyono. IDN Times/Siti Umaiyah

Dalam daftar perguruan tinggi yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkatan yang bermarkas di Rusia ini juga disebutkan UGM menempati peringkat kelompok 601- 650 dunia dari daftar 2 ribu lebih perguruan tinggi yang telah disurvei.

Menanggapi hasil pemeringkatan Mosiur yang menempatkan UGM peringkat satu di Indonesia, Rektor UGM, Panut Mulyono, menyampaikan rasa syukur atas pengakuan capaian yang dilakukan oleh banyak pihak terhadap UGM selama ini.

“Kami bersyukur atas hasil tersebut karena perbaikan kualitas yang dilakukan secara terus-menerus oleh UGM memberikan hasil dan dibuktikan dengan penilaian oleh pihak luar. Dengan kualitas yang baik maka kemanfaatan dan kontribusi kepada masyarakat, bangsa, dan negara diharapkan semakin besar,” kata Panut Mulyono, Rabu (29/9/2021). 

Baca Juga: Guru Besar UGM Masuk 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia 

2. 3 indikator ini jadi tolak ukur penilaian

UGM Peringkat 1 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 Versi Mosiur Alat pengukur suhu tubuh besutan dosen UGM. Dok: Humas UGM

Dilansir www.mosiur.org disebutkan terdapat tiga indikator kriteria pemeringkatan yang dijadikan tolak ukur dalam penilaian sebuah universitas yakni bidang pendidikan, penelitian serta indikator universitas dan masyarakat.

Selain indikator bidang pendidikan, Mosiur juga menilai jumlah prestasi mahasiswa di tingkat internasional dan jumlah presentasi mahasiswa dalam berbagai forum ilmiah internasional. Jumlah  mahasiswa UGM yang berkiprah dalam kompetisi bergengsi dan menyampaikan hasil riset semakin meningkat. 

“Mahasiswa kita dorong untuk aktif berkiprah di forum-forum internasional bergengsi. Kita bersyukur, mahasiswa UGM banyak memenangi berbagai lomba-lomba internasional. Hal ini tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan oleh para pembina dan pembimbing kegiatan kemahasiswaan dalam koordinasi Direktorat Kemahasiswaan UGM,” tukas Panut. 

3. Mahasiswa, dosen dan alumni menjadi standar penilaian

UGM Peringkat 1 Universitas Terbaik di Indonesia 2021 Versi Mosiur GeNose buatan UGM. Dok: Humas UGM

Selanjutnya di bidang penelitian, Mosiur memberikan porsi penilaian terbesar dalam hal jumlah penghargaan dosen dan alumni. UGM menurut Panut, memiliki berbagai program dan insentif untuk mendorong para dosen bersama dengan mahasiswa bimbingannya melakukan riset-riset yang berkualitas dan hasilnya dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. 

“Publikasi yang berkualitas dan kekinian harapannya banyak disitasi oleh para peneliti lain baik di dalam negeri maupun di luar negeri. UGM juga terus berusaha menghasilkan produk-produk hilir dari hasil penelitian untuk menggulirkan perekonomian nasional,” terangnya.  

Lalu, pada indikator universitas dan masyarakat, terdapat beberapa porsi penilaian di antaranya tentang jangkauan web universitas, jumlah pengikut universitas di media sosial dan jumlah halaman situs terindeks oleh mesin pencari terkemuka serta kursus online yang diterbitkan oleh platform online global. 

Baca Juga: Mahasiswa UGM Manfaatkan Alga Cokelat sebagai Antivirus

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya