Comscore Tracker

Sri Sultan Minta Bekas Hotel Mutiara Secepatnya Jadi Selter COVID-19 

210 tempat tidur telah disiapkan 

Kota Yogyakarta, IDN Times - Bangunan bekas hotel Mutiara yang terletak di Jalan Malioboro, segera dioperasikan menjadi selter pasien COVID-19. Bangunan heritage milik Pemda DIY yang semula akan dijadikan sebagai sentra UMKM, saat ini dalam tahap pemasangan listrik. 

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X  menyatakan sampai saat ini belum mengetahui kapan kedua bangunan itu akan difungsikan. “Difungsikan kapan, ya kalau saya harus secepat mungkin. Namun pengoperasian kapan, kita menunggu dari (Kementerian) PU seperti apa,” ujar ujar Sultan, Selasa (3/8/2021). 

1. Sudah lakukan koordinasi dengan PLN

Sri Sultan Minta Bekas Hotel Mutiara Secepatnya Jadi Selter COVID-19 Ilustrasi petugas PLN lakukan pemeliharaan listrik (Dokumen. PLN).

Sri Sultan mengatakan alif fungsi hotel akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tim dari kementerian sudah datang dan meninjau langsung lokasi. 

Sultan telah berkoordinasi dengan pihak PLN untuk mengalirkan kembali arus listrik di dua bangunan hotel yang dibeli di tahun 2020 seharga Rp170 miliar tersebut.

"Saya ini baru tadi tanda tangani surat untuk ke PLN nanti yang mengerjakan dari PU. Tim dari departemen (Kementerian PUPR) sudah datang. Listrik diputus dulu sama PLN, sekarang kita suruh nyambung," kata Sri Sultan. 

Baca Juga: Ini Wacana Pemda DIY untuk Sulap Hotel Mutiara Jadi Lokasi Isoter

2. 210 tempat tidur disiapkan

Sri Sultan Minta Bekas Hotel Mutiara Secepatnya Jadi Selter COVID-19 Hotel Mutiara Jogja. Instagram/malioboro_insta

Sebelumnya, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan terdapat sekitar 210 tempat tidur yang bisa digunakan di bekas Hotel Mutiara. Sebanyak 80 tempat tidur berada di bangunan sebelah utara dan 130 lainnya di bagian selatan.

“Kapasitas sekitar 130 hingga140 di sebelah selatan, di utara itu 80 bed. Nanti diproyeksikan jadi lokasi isoter, jadi untuk yang bergejala ringan,” ungkap Aji

3. Pengawasan di area selter

Sri Sultan Minta Bekas Hotel Mutiara Secepatnya Jadi Selter COVID-19 Ilustrasi kawasan Malioboro. IDN Times/Paulus Risang

Pemda DIY juga akan melakukan sosialisasi tentang penggunaan selter COVID-19 yang berada di tengah pusat wisata Malioboro. Pihaknya juga memastikan akan dilakukan pengawasan agar tidak ada mobilitas keluar dan masuk di area shelter COVID-19. 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya