Reservasi Hotel Naik,PHRI Berharap Pemerintah Tak Revisi Libur Lebaran

Pemesanan kamar hotel di Jogja mencapai 55 persen

Yogyakarta, IDN Times - Tingkat pemesanan kamar hotel saat lebaran di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai meningkat. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut bahwa reservasi hotel yang sudah diterima hingga saat ini sudah mencapai 55 persen.

Ketua DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI ) DIY Deddy Pranawa Eryana menilai peningkatan ini dipengaruhi kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

“Sudah ada pemesanan yang masuk untuk periode awal Mei saat Lebaran dan libur Lebaran, mencapai sekitar 55 persen,” kata Deddy Pranawa Eryana, Kamis (14/4/2022). 

 

1. PHRI DIY optimis jumlah keterisian tamu hotel mencapai 80 persen

Reservasi Hotel Naik,PHRI Berharap Pemerintah Tak Revisi Libur LebaranKetua PHRI DIY, Deddy Pranowo. Instagram.com/ deddypranowo

Jika tidak ada perubahan kebijakan, pelaku usaha optimistis reservasi akan terus meningkat pada masa mudik Lebaran. Bahkan PHRI DIY memiliki target okupansi yang cukup tinggi selama libur Lebaran tahun ini yaitu mencapai rata-rata 80 persen.

“Angka tersebut belum setinggi saat tidak ada pandemi. Tetapi ini awal yang baik untuk usaha perhotelan,” ujar Deddy dikutip Antara.

Ia memperkirakan peningkatan okupansi hotel di DIY akan mulai terjadi pada H+2 Lebaran. “Saat ini pemudik sudah datang dan ada tambahan wisatawan yang juga liburan di Yogyakarta,” katanya.

Baca Juga: Pedagang Pasar Beringharjo Tambah Stok, Daster Bu Tejo Jadi Andalan 

2. Pelaku usaha berharap pemerintah tidak merevisi kebijakan libur Lebaran

Reservasi Hotel Naik,PHRI Berharap Pemerintah Tak Revisi Libur LebaranIustrasi karyawan menyemprotkan cairan disinfektan di kamar Hotel (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

PHRI berharap pemerintah tidak merevisi kebijakan tersebut karena momentum libur Lebaran banyak dinantikan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan okupansi dan omzet mereka.

“Sudah dua tahun ada larangan mudik Lebaran. Mudah-mudahan kebijakan pemerintah yang sudah memperbolehkan mudik tidak mengalami perubahan,” katanya.

3. Pedagang batik di Pasar Beringharjo mulai siapkan stok dagangan

Reservasi Hotel Naik,PHRI Berharap Pemerintah Tak Revisi Libur LebaranPasar Beringharjo (IDN Times/Febriana Sinta)

Optimisme serupa juga dinyatakan oleh pedagang batik di Pasar Beringharjo yang berharap pengunjung dan wisatawan datang mencari oleh-oleh di masa libur Lebaran. Saat ini pedagang sudah menyiapkan stok yang cukup untuk menyambut Lebaran. 

“Harapannya, bisa kembali pulih seperti sebelum pandemi. Dalam dua tahun terakhir ini kami betul-betul prihatin karena pembeli berkurang,” kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Barat, Bintoro.

Penjual berharap waktu operasional pasar dapat diperpanjang seperti sebelum masa pandemik hingga pukul 21.00 WIB.  

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Jogja yang Buka Saat Lebaran, Semua Seru!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya