Comscore Tracker

Wisatawan Terluka Diterjang Gelombang di Pantai Gunungkidul

Hati-hati saat berwisata ke pantai, ya!

Gunungkidul, IDN Times - ‎Gelombang pasang menerjang pantai selatan Kabupaten Gunungkidul pada Minggu (15/5/2022) kemarin. Akibat kejadian tersebut, sejumlah wisatawan mengalami luka ringan akibat dihantam gelombang. Selain itu, sebuah gasebo serta sejumlah kapal milik nelayan juga mengalami kerusakan.

"Gelombang tinggi terjadi sekitar pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB," ujar Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Gunungkidul, Surisdiyanto, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: [FOTO] Suasana Pantai Parangtritis dan Pantai Depok H+3 Lebaran

1. Di Pantai Ngandong satu gasebo dan kapal nelayan rusak diterjang gelombang pasang

Wisatawan Terluka Diterjang Gelombang di Pantai GunungkidulPemilik warung di tepi pantai Gunungkidul evakuasi perabot warung agar tidak rusak diterjang gelombang pasang. (Dok. Sarsatlinmas Gunungkidul)

Suris menjelaskan, gelombang pasang yang menyebabkan satu gasebo rusak terjadi di Pantai Ngandong. Selain itu sejumlah kapal milik nelayan juga mengalami kerusakan ringan.

"Kerusakan terjadi pada bagian katir karena berbenturan dengan kapal lainnya akibat diterjang gelombang pasang," ucapnya.

2. Sejumlah wisatawan di Pantai Kukup dan Pantai Watu Lawang alami luka ringan

Wisatawan Terluka Diterjang Gelombang di Pantai GunungkidulIlustrasi wisatawan yang terseret gelombang berhasil diselamatkan tim sar. IDN Times/Daruwaskita

Suris melanjutkan, sejumlah wisatawan juga mengalami luka ringan akibat tergulung gelombang dan terpental mengenai batu karang di Pantai Kukup.

"Di Pantai Kukup ada satu wisatawan yang mengalami luka ringan akibat terjang ombak dan menabrak karang," ujarnya.

Selain itu ada empat wisatawan di Pantai Watu Lawang yang akan menyeberang pantai tiba-tiba diterjang gelombang pasang. Namun keempatnya bisa ditolong oleh anggota SAR.

"Keempat korban sempat mengalami syok dan lemas dan harus dibawa ke RSUD Wonosari," ungkapnya.

Di Pantai Drini, seorang wisatawan sempat diterjang gelombang dan terseret hingga ke bagian palung. Beruntung dengan kesigapan Tim SAR, wisatawan tersebut dapat diselamatkan.

"Di Pantai Sepanjang ada satu wisatawan yang tergulung ombak, kaki kanan terbentur papa kayu dan robek. Korban kemudian dilarikan ke RSUD Saptosari," terangnya.

"Semua korban selamat," tambahnya lagi.

3. Hari ini gelombang di Pantai Gunungkidul lebih landai‎

Wisatawan Terluka Diterjang Gelombang di Pantai GunungkidulPetugas SAR di Pantai Gunungkidul. (Dok. Sarsatlinmas Gunungkidul)

Sementara itu Koordinator Sarsatlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono, mengatakan gelombang pada Minggu (15/5/2022) diperkirakan mencapai 9 kaki saat pagi hari namun untuk sore hari akan menurun.

"Untuk hari ini gelombang sudah kembali landai," ucapnya.

Dengan libur akhir pekan ditambah libur Waisak, diperkirakan jumlah wisatawan masih banyak yang berdatangan ke pantai. Oleh karenanya wisatawan diminta untuk mematuhi iimbauan dari nelayan.

Baca Juga: 174 Ribu Wisatawan Serbu Gunungkidul Saat Libur Lebaran

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya