Comscore Tracker

Transmisi Lokal COVID-19, 67 Warga Bantul Harus Isolasi Mandiri

Satu dusun di Bantul ada 4 warga yang dinyatakan COVID-19

Bantul, IDN Times - ‎Sebanyak 67 warga di salah satu dusun di Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta harus menjalani isolasi mandiri.

Mereka diketahui melakukan kontak erat dengan empat pasien yang dinyatakan positif COVID-19 yang kini menjalani perawatan di berbagai rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Jumlah Kasus COVID-19 di DIY Bertambah 8 Pasien Terbanyak di Bantul 

1. Berawal dari seorang warga yang positif COVID-19 di Srandakan‎

Transmisi Lokal COVID-19, 67 Warga Bantul Harus Isolasi Mandirihttps://tenggara.id

Camat Srandakan Anton Yulianto mengatakan adanya 67 warga yang melakukan isolasi mandiri berawal adanya satu pasien yang dinyatakan positif COVID-19 pada 30 Juni 2020 yakni seorang laki-laki usia 58 tahun.

"Jadi kasus pertama ini jatuh dari pohon, kemudian dibawa ke RS PKU Bantul. Kemudian dilakukan rapid test yang hasilnya reaktif dan ditindaklanjut swab yang hasilnya positif," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (7/7/2020).

2. Orang yang kontak erat dengan pasien tersebut langsung diuji swab

Transmisi Lokal COVID-19, 67 Warga Bantul Harus Isolasi MandiriIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Dinkes Bantul, kata Anton, kemudian melakukan tracing kepada orang yang melakukan kontak erat dengan pasien. Dari hasil swab, ada tiga orang yang dinyatakan positif COVID-19.

"Jadi untuk riwayat pasien yang pertama kali dinyatakan positif sampai saat ini masih dalam penelusuran," ungkapnya.‎

Anton menjelaskan, karena sudah adanya transmisi lokal, akhirnya tracing secara masif dilakukan kepada orang yang melakukan kontak erat dengan 4 pasien yang dinyatakan positif tersebut. Hasilnya ada 67 warga yang melakukan kontak erat dengan 4 pasien positif COVID-19.

"Semuanya langsung menjadi rapid test dan uji swab di Puskesmas Srandakan. Namun hasilnya belum diketahui sampai hari ini," terangnya.

3. Butuh logistik selama menjalani isolasi mandiri‎

Transmisi Lokal COVID-19, 67 Warga Bantul Harus Isolasi Mandiri(Ilustrasi) Pemberian bantuan sembako bagi warga Desa Bangunharjo yang tercecer bantuan dari pemerintah. IDN Times/Daruwaskita

Anton menjelaskan, warga yang melakukan isolasi mandiri kemungkinan bisa bertambah lagi. Oleh karena itu, Gugus Tugas tingkat pedusunan, Desa dan kecamatan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten dan Dinas Sosial serta BPBD terkait dengan penyediaan logistik bagi warga yang menjalani isolasi mandiri.

"Ini kan biaya cukup banyak untuk menyiapkan logstik bagi warga yang menjalani isolasi mandiri dan harus ada bantuan dari Pemkab Bantul. Tidak mungkin semuanya ditanggung pemerintah desa," terangnya.

4. Gugus tugas tidak pernah perintahkan lock down, hanya isolasi mandiri‎

Transmisi Lokal COVID-19, 67 Warga Bantul Harus Isolasi MandiriJuru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa. IDN Times/Daruwaskita

Sementara, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan dari puluhan warga yang melakukan kontak erat dengan 4 pasien positif tersebut, semuanya sudah menjalani uji swab di Puskesmas Srandakan dan hasilnya diperkirakan keluar dalam 2 hari ke depan.

"Jadi puluhan warga yang kontak erat dengan 4 pasien positif COVID-19, sesuai hasil tracing tidak hanya dalam satu dusun. Namun ada warga yang berasal dari luar dusun tempat tinggal 4 pasien positif COVID-19," katanya.

"Sampai hari ini juga tidak ada perintah untuk lock down hanya isolasi mandiri bagi warga yang melakukan kontak erat dengan pasien positif COVID-19," tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Ketahuan Tak Pakai Masker di Yogyakarta, Awas Kena Denda Rp100 Ribu

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya