Swab Antigen Positif, Wakil Bupati Bantul Jalani Isolasi di RS Bantul

Sempat menghadiri rapat pleno penetapan paslon terpilih

Bantul, IDN Times - Wakil Bupati Bantul sekaligus Bupati terpilih Pilkada 2020, Abdul Halim Muslih, mengumumkan dirinya positif COVID-19. Ia memperoleh hasil positif pada saat menjalani uji swab antigen pada Jumat (22/1/2021) yang lalu.

Kini Halim menjalani isolasi mandiri di RSUD Panembahan Senopati Bantul sembari menunggu hasil uji swab yang diperkirakan akan keluar pada hari ini.

Baca Juga: Sah, Halim-Joko jadi Bupati-Wakil Bupati Bantul Terpilih

1. Umumkan positif swab antigen lewat akun facebook pribadinya

Swab Antigen Positif, Wakil Bupati Bantul Jalani Isolasi di RS BantulPostingan Abdul Halim Muslih di akun facebook pribadinya yang menyatakan swab antigen positif.facebook/Abdul Halim Muslih

Bupati Bantul terpilih yang akan dilantik menjadi Bupati Bantul terpilih bersama Joko Purnomo sebagai Wakil Bupati terpilih pada 17 Februari 2021 mengunggah kronologi dirinya terpapar virus corona pada akun Facebook pribadinya.

"Semuanya baik2 saja. Tak ada demam, tak ada pusing, tak ada sesak nafas. 

Jumat malam (22/1) kecurigaan muncul saat nyemprot parfum di baju. Tak ada semerbak bau wangi sama sekali. Lalu saya menuju dapur, cari gula dan garam. Saya cicipi keduanya. Baru kali ini ada gula dan garam rasanya sama saja, sama2 tak berasa. 
Walhasil di malam itu melalui swab antigen saya terkonfirmasi positip Covid tanpa saya ketahui dari mana dan kapan virus itu menulari. 

Di tempat isolasi dg treatment bbrp vitamin disertai makan banyak walau agak maksa, alhamdulillah kini daya penginderaan lidah dan hidung saya mulai pulih. Sudah bisa bedakan antara gula dan garam, antara parfum dan remason. 

Jadi, Covid itu ya virus biasa saja, tidak 'medeni' seperti sebagian orang menceritakan. Jika terpaksa terpapar, kuncinya: tetap tenang, nggak usah panik, makan banyak, istirahat dan gerak2 badan. 

Namun jangan ambil resiko. Tetap bermasker di manapun Anda berada, karena penyebaran kini tak lagi melalui droplet dan kontak erat. Waspadalah!"

 

2. Belum diketahui secara detail pejabat yang kontak erat dengan Halim

Swab Antigen Positif, Wakil Bupati Bantul Jalani Isolasi di RS BantulSekda Bantul Helmi Jamharis. IDN Times/Daruwaskita

Terpisah Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis membenarkan Wakil Bupati Bantul Adbul Halim Muslih sedang menjalani isolasi. Namun demikian dengan siapa saja beliau kontak erat belum mengetahui secara pasti.

"Tapi yang jelas agenda Jumat (22/1/2021) siang menghadiri rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati Bantul terpilih yang dilaksanakan di Hotel Rose In. Beliau datang usai salat Jumat," katanya, Senin (25/1/2021).

3. Kronologi Halim jalani uji swab antigen dan isolasi mandiri

Swab Antigen Positif, Wakil Bupati Bantul Jalani Isolasi di RS BantulRSUD Panembahan Senopati Bantul salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Setelah selesai dari Hotel Rose-In dan tiba di rumah sekitar pukul 16.00 WIB.Pak Halim mengaku kehilangan indra penciuman dan menghubungi salah satu dokter.

"Kemudian itu sekitar pukul 17.30 WIB petugas datang untuk mengambil rapid tes antigen dan hasilnya positif," ucapnya.

Selanjutnya Wakil Bupati Bantul tersebut menjalani isolasi di RSUD Panembahan Senopati Bantul sembari menunggu hasil uji swab PCR yang kemungkinan keluar hari ini.

"Jadi jumat malam menjalani isolasi di RSUD kemudian hari Sabtu-Minggu diambil swab PCR dan mudah-mudahan hari ini keluar," ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Bantul Siapkan 1.000 Lebih Tempat Tidur bagi Pasien COVID-19

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya