Selama Ramadan, Vaksinasi COVID-19 di Bantul Tetap Jalan

Salat tarawih berjamaah diminta tetap menerapkan prokes

Bantul, IDN Times - ‎Ketua Harian Satgas Percepatan Penanggulangan COVID-19, Kabupaten Bantul, Joko Purnomo mengatakan pelayanan vaksinasi COVID-19 saat bulan Ramadan tetap akan berlangsung. Masyarakat yang bisa datang ke fasilitas kesehatan (puskesmas) dan sentra vaksinasi yang ada di Dinas Kesehatan Bantul untuk mendapatkan vaksinasi.

"Pelayanan vaksinasi tetap berjalan seperti biasanya. Tetap buka selama bulan Ramadan," katanya, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga: PONEK di RSUD Panembahan Senopati Bantul Resmi Beroperasi

1. Stok vaksin COVID-19 di Bantul aman‎

Selama Ramadan, Vaksinasi COVID-19 di Bantul Tetap JalanWakil Bupati Bantul, Joko Purnomo. (IDN Times/Daruwaskita)

Politisi PDI Perjuangan ini juga menyatakan stok vaksin untuk dosis pertama, kedua hingga booster di wilayah Bantul masih aman.

"Masih aman (stok vaksin), silakan masyarakat baik warga Bantul ataupun dari luar Bantul bisa mendapatkan vaksinasi di berbagai fasilitas kesehatan dan sentra vaksinasi yang ada di Kabupaten Bantul," tuturnya.

2. Masyarakat luar Bantul yang akan vaksin tetap dilayani‎

Selama Ramadan, Vaksinasi COVID-19 di Bantul Tetap JalanIlustrasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Lebih lanjut, Joko menyebut kasus COVID-19 di Bantul sudah cenderung melandai. 

"Hari ini kita bersyukur bahwa kasus harian COVID-19 sekitar 300-an orang. Ini berkat kerja keras semua pihak terkait,"tambahnya.

3. Salat tarawih tetap mengedepankan protokol kesehatan‎

Selama Ramadan, Vaksinasi COVID-19 di Bantul Tetap JalanKepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja. IDN Times/Daruwaskita

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja, mengatakan untuk ketersediaan vaksin baik dosis pertama kedua hingga booster sangat aman.

"Ya memang setelah ada kebijakan syarat vaksin sebagai syarat untuk mudik ada peningkatan warga yang ingin mendapatkan vaksinasi terutama booster," katanya.

Agus menambahkan, kebijakan pemerintah terkait salat tarawih yang bisa dilaksanakan secara berjemaah, pihaknya berharap protokol kesehatan tetap dilaksanakan sehingga nantinya tidak ada kejadian klaster COVID-19.

"Kita berharap meski salat tarawih berjamaah berlangsung, tetap menjaga protokol kesehatan. Jangan sampai ada klaster baru penularan COVID-19," pintanya.‎

Baca Juga: Sediakan 1.000 Vaksin, Sentra Vaksinasi Booster di Bantul Sepi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya