Cuaca Tak Menentu, Petani Tambak Udang Vaname di Samas Merasa Cemas

Biaya operasional tinggi hasil panen tak menentu

Bantul, IDN Times - ‎Petani tambak udang vaname di Pantai Samas, Bantul mulai khawatir dengan hasil panen yang diprediksi jeblok. Kekhawatiran ini menyusul cuaca yang tak menentu sehingga berdampak pada pertumbuhan udang yang tidak maksimal.

1. Cuaca tak menentu ganggu pertumbuhan udang vaname‎

Cuaca Tak Menentu, Petani Tambak Udang Vaname di Samas Merasa CemasPetani tambak udang vaname di Pantai Samas Bantul.(IDN Tikes/Daruwaskita)

Salah seorang petani tambak udang di Pantai Samas, Eko Susanto mengatakan usia udang vaname saat ini mencapai 50 hingga 60 hari. Masa panen akan dilakukan saat udang mencapai usia sekitar 120 hari atau empat bulan.

"Harusnya dalam usia 60 hari berat udang vaname bisa di atas 60 gram, namun dalam kenyataannya kurang. Padahal pakan yang dikeluarkan sudah mencapai sembilan kuintal," ujarnya, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: Penemuan Rantai Raksasa di Dam Ngancar Bantul Hebohkan Warga

2. Panen benur STP diprediksi jeblok

Cuaca Tak Menentu, Petani Tambak Udang Vaname di Samas Merasa CemasIlustrasi Benur siap kirim yang diamankan, IDN Times/ istimewa

Petani udang menaburkan dua jenis benur dalam tambak yakni jenis STP dan Rembang. Benur jenis STP saat ini pertumbuhannya kalah cepat dibandingkan Rembang. Pada usia 60 hari, benur STP bobotnya mencapai 60 gram, namun berat Rembang di usia 50 hari sudah mencapai 60 gram. Padahal jumlah pakan yang diberikan tak sebanyak jenis benur STP. 

Benur jenis STP, kata Eko sebenarnya tak beda jauh dengan jenis Rembang, namun dengan kondisi cuaca saat ini, tidak akan cocok dengan pertumbuhan STP. 

"Siang hari panas sekali sedangkan malam hari cukup dingin, tak cocok untuk benuh jenis benur STP. Ya kalau kondisinya seperti ini dipastikan hampir separuh petani tambak di Samas khawatir panen akan jeblok," tutur Eko.

3. Bobot udang tak sesuai dengan harapan‎

Cuaca Tak Menentu, Petani Tambak Udang Vaname di Samas Merasa CemasTambak udang vaname di Pantai Samas Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

‎Salah seorang petani tambak udang vaname, Ilham mengaku sudah menghabiskan sembilan kuintal pakan atau 36 sak untuk pakan bibit udang jenis STP. 

"Harusnya bobot udang usia 60 hari sudah di atas 80 gram. Ya mungkin ini juga karena faktor cuaca yang tidak bersahabat dengan udang," ujarnya.

Seharusnya, menurut Ilham beberapa hari ke depan sudah melakukan panen namun terkendala bobot udang terlalu ringan. 

"Kemungkinan akan dipanen sekali dengan biaya operasional yang jauh lebih dan hasil kurang bagus. Kalau untung juga sedikit bahkan bisa impas. Kondisi cuaca memang berpengaruh pada pertumbuhan udang," terangnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya