TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ton Benih Padi Tahan Kering Disalurkan ke Petani di DIY

Pemprov juga beri bantuan peralatan tani

IDN Times/Prayugo Utomo

Yogyakarta, IDN Times - Tak kurang dari 5 ton benih padi siap tanam disalurkan kepada para petani di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kelompok penerima bantuan ini para pemilik tanaman yang mengalami gagal panen atau puso akibat kemarau berkepanjangan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Sasongko. "Kami sudah koordinasi dengan kabupaten dan pusat. Hari Jumat lalu kami sudah membantu benih 5 ton dari BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian)," katanya, Selasa (2/7).

"Sehingga untuk masa tanam berikutnya, sudah ada persediaan benihnya," sambung Sasongko.

Baca Juga: Masih Banyak Petani di DIY Belum Ikut Asuransi Pertanian

1. Benih padi tahan kering

IDN Times/Tunggul Kumoro

Sasongko mengatakan, benih padi yang diserahkan oleh pemerintah sebagai bantuan tersebut adalah varietas tahan kering. Mengingat saat ini musim kemarau juga masih berlangsung.

"Padi itu kan jenisnya beragam. Karena ada juga yang tahan genangan, semisal untuk mina padi dan daerah-daerah sering banjir, contohnya inpari 30," katanya.

2. Belum bisa langsung ditanam

IDN Times/Muhamad Iqbal

Meski demikian, bantuan benih tadi, kata Sasongko, belum bisa langsung ditanam oleh para petani. Paling tidak harus menunggu datangnya musim penghujan.

"Karena ini memang bukan musim tanam padi di Gunungkidul," imbuh Sasongko. Bantuan ini, katanya, diupayakan untuk didatangkan lagi. Sudah diusulkan ke pemerintah pusat, namun jumlahnya belum didiskusikan.

Dalam hal ini, Dinas Pertanian DIY ikut menyalurkan bantuannya, tetapi lebih ke bentuk peralatan tanam, seperti pompa air, traktor, dan sejenisnya.

"Alatnya dari dinas, tapi dananya dari APBD dan APBN," ujar Sasongko menambahkan.

Baca Juga: Salah Prediksi Ribuan Hektare Sawah  Terancam Gagal Panen

Berita Terkini Lainnya