TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Yogyakarta Diguncang Gempa Dangkal M 3,2 Selasa Pagi

BMKG belum menerima laporan adanya kerusakan

Gempabumi yang terjadi di Yogyakarta pada Selasa (26/10/2021) pagi. Dok: BMKG

Sleman, IDN Times - Gempa tektonik mengguncang wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (26/10/2021) pukul 06:19:40 WIB. Kepala Stasiun Geofisika Sleman Ikhsan menyampaikan, dari analisis yang dilakukan oleh BMKG, gempa bumi yang terjadi memiliki parameter dengan magnitudo 3,2.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.06 LS dan 110.43 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 km Tenggara Bantul DIY pada kedalaman 4 km," ungkapnya pada Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Sepekan, Merapi Luncurkan 2 Kali Awan Panas hingga 2,5 Km

1. Masuk dalam jenis gempa bumi dangkal

Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Ikhsan menyampaikan, berdasarkan lokasi episentrum dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar opak. Menurutnya, gempa bumi ini sempat dirasakan di beberapa wilayah di DIY.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Tanjungsari Gunungkidul, Bantul II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," katanya.

2. Tidak berpotensi tsunami

Gempabumi yang terjadi di Yogyakarta pada Selasa (26/10/2021) pagi. Dok: BMKG

Menurut Ikhsan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga hari Selasa (26/10/2021) pukul 06.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," paparnya.

Baca Juga: Penemuan Jenazah Perempuan Bikin Geger Warga Pantai Depok

Berita Terkini Lainnya