TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UIN Sunan Kalijaga Resmi Melantik Rektor Anyar

Prof Al Makin menjabat Rektor UIN Suka periode 2020-2024

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Al Makin. Dok: Humas UIN Sunan Kalijaga

Sleman, IDN Times - Prof. Al Makin resmi dilantik sebagai rektor baru UIN Sunan Kalijaga periode 2020-2024 pada Jumat (10/7/2020). Al Makin menempati jabatan rektor setelah menggantikan Yudian Wahyuni yang sebelumnya diangkat Presiden menjadi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Februari lalu.

Ketua Senat UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Siswanto Masruri, menjelaskan, Al Makin ditetapkan sebagai rektor baru setelah sebelumnya berhasil melalui beberapa tahapan pemilih rektor dan mengalahkan 8 kandidat lainnya.

Baca Juga: Profil Rektor UIN Sunan Kalijaga yang Akan Dilantik Jadi Ketua BPIP

1. Beberapa tahapan pemilihan rektor

uin-suka.ac.id

Siswanto menjelaskan, tahapan pemilihan rektor dimulai dengan pendaftaran, penjaringan, dan pemberian pertimbangan kualitatif calon rektor pada 18 Februari 2020 lalu. Kemudian setelah didapatkan beberapa nama, pihaknya menyerahkan nama-nama tersebut kepada Menteri Agama untuk kemudian diadakan semacam fit and proper test oleh Komsel (Komisi Seleksi) untuk diambil 3 calon terbaik.

Menteri Agama kemudian menetapkan dan mengangkat 1 orang dari mereka yang terbaik sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

"Dalam pengangkatan rektor, Menteri Agama tentu memiliki pertimbangan yang komprehensif dan dasar pijakan yang kuat dalam memilih pejabat, terutama dalam mengangkat Prof. Al Makin sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga," ungkapnya pada Jumat (10/7/2020).

2. Diharapkan bisa mengayomi

uin-suka.ac.id

Dengan diangkatnya Al Makin sebagai rektor baru, Siswanto berharap agar Al Makin bisa mengibarkan bendera UIN Sunan Kalijaga setinggi-tingginya, baik dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Selain itu, mampu mengayomi keluarga besar UIN Sunan Kalijaga dengan power sharing yang lebih baik dan bermartabat menuju UIN yang unggul, terkemuka dalam memadukan studi keislaman dan keilmuan bagi peradaban," terangnya.

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Terima 445 Calon Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN 

Berita Terkini Lainnya